Wah! Ini Yang Terjadi Bila Lockdown Terjadi Di Indonesia Karena Virus Corona!

Kota Wuhan yang diyakini sebagai pusat penyebaran virus Corona jenis baru, Covid-19 langsung mengalami lockdown atau penguncian total, beberapa hari setelah pemerintah China mendeteksi kemunculan virus ini. Setelah Wuhan, dua kota lainnya di Provinsi Hubei, Huanggang dan Ezhou juga mengalami nasib serupa. Tak lama kemudian, seluruh Provinsi Hubei dinyatakan tertutup oleh Pemerintah China.

Hampir dua bulan setelahnya, Italia, negara Eropa yang paling parah terjangkiti virus Covid-19, juga menerapkan langkah serupa. Italia bahkan menerapkan lockdown secara nasional dan berpengaruh pada semua sendi kehidupan masyarakat.

Teraktual, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menerapkan lockdown di ibukota Manila selama 30 hari. Langkah ini diambil Duterte setelah 52 warga negara itu dinyatakan positif Covid-19 dan 5 oran dilaporkan tewas akibat virus mematikan ini. Berikut dampak dari lockdown yang diterapkan sejumlah negara.

Wah! Ini Yang Terjadi Bila Lockdown Terjadi Di Indonesia Karena Virus Corona!

Kira-kira seperti apa?

Transportasi

Sejak 23 Januari, semua angkutan umum, termasuk bus, kereta api, penerbangan, dan layanan feri di Provinsi Hubei, China ditangguhkan operasionalnya. Bandara Wuhan, stasiun kereta api Wuhan, dan metro Wuhan semuanya ditutup. Penduduk Wuhan juga tidak diizinkan meninggalkan kota tanpa izin dari pihak berwenang.

Wah! Ini Yang Terjadi Bila Lockdown Terjadi Di Indonesia Karena Virus Corona!

Sedangkan di Manila, pemerintah tetap akan mengoperasikan transportasi massal seperti Light Rail Transit dan Metro Rail Transit. Namun, Departemen Perhubungan Filipina akan memastikan kalau langkah-langkah antisipasi pencegahan diterapkan secara maksimal di angkutan umum.

Perkantoran dan Sekolah

Di kota-kota yang berada di Provinsi Hubei, karyawan dan murid-murid sekolah diliburkan. Mereka diperintahkan tetap berada di rumah dan menghindari berada di tempat keramaian.

BACA JUGA :  Baca! Pengalaman Test Virus Corona di RSPAD Gatot Subroto!

Sedangkan pemerintah Italia memerintahkan penutupan sekolah di seluruh negeri demi menghambat laju penyebaran virus Covid-19. Langkah serupa diambil pemerintah Filipina yang menutup semua sekolah di Manila selama 30 hari ke depan.

Pasar dan Pertokoan

Sejak menerapkan lockdown, Italia menutup semua toko. Yang masih diizinkan buka hanya toko makanan dan apotek. Italia juga menutup restoran, bar, dan salon yang banyak tersebar di seantero negeri. Pusat-pusat keramaian yang biasanya ramai oleh pengunjung, mendadak sunyi.

Sementara di Hubei, wilayah yang mengalami lockdown terlama di dunia, warganya mengaku kesulitan mendapatkan bahan-bahan pokok. Jikapun ada, harga yang diterapkan oleh toko melambung tinggi di atas harga semula. Selain itu, pasokan menjadi terhambat karena penerapan lockdown.

Tempat Wisata

Merebaknya wabah virus Corona telah menyebabkan menurun drastisnya arus wisatawan ke tempat-tempat wisata di seluruh penjuru dunia. Di Italia, yang bahkan sudah menerapkan lockdown, sejumlah tempat wisata favorit dilaporkan kosong melompong.

Padahal biasanya, tujuan wisata favorit seperti museum Vatikan, Colosseum, dan kota Venice selalu penuh dengan ribuan turis setiap harinya. Kondisi ini dipastikan menimbulkan kerugian besar bagi sektor pariwisata di Italia. (h/*)

SARS Cov-2

Belakangan bnyk phk mendesak pak Jokowi agar memberlakukan lockdown, ana kagak tahu orng2 ini care beneran atau malah njengkrakne pemerintah ke blunder lain

Ana jg kagak tahu orng2 yg mendorong lockdown ini tahu artinya lockdown dan dampaknya atau tidak

Lockdown itu br disebut lockdown bila semua aktivitas di sbh kota atau provinsi atau negara dibatasi total, aparat bersliweran menjaga jalan2 utk memastikan lockdown berjalan, nyaris semua aktivitas lumpuh dan semua orng dirumahkan

Yg jelas yg kena pertama adl roda ekonomi yg mandeg total yg bisa menuju ke arah krisis, coretlah pariwisata bl perlu kagak apa2 tp industri, pabrik akan berhenti, gojek berhenti, depot rumah makan berhenti, spt CPU yg di shut down

BACA JUGA :  Ini Tipe Orang Indonesia Merespon Virus Corona COVID19

Itu sbbnya China saat covid-19 mulai mereda bth me restart lg semua sektor yg terdampak hngg skrng blm pulih, bisakah Indonesia?

Selain itu Indonesia adl negara kepulauan yg luas bgmn mekanisme shut downnya? bgmn mengirim suplai ke Papua, Kalimantan, dsb bila transportasi publik berhenti?

Apa yg mau di shutdwn di Indonesia? Kota? Provinsi? Atau Negara? Kagak jelas tp pd teriak2 lockdown2, sadar opo ora to jane mrk yg teriak2 itu

Ini dampak lain lockdown, mampukah Indonesia?

1. Orang2 akan di rumah saja, mngkn smbl main gadget, twitter, Kaskus dll tp kagak bisa kemana2 termasuk kerja cr duit slm wkt lockdown, keluar cr makanpun diatur

2. Bila mulai muncul keterbatasan bahan pokok baik gara2 kagak ada produksi maupun distribusi maka akan ada potensi kekacauan bhkn rusuh

3. Orng2 yg sakit kronis akan mengalami kesulitan

4. Semua acara2 mantenan, pemakaman stop, kegiatan keagamaan stop, ibadah online pdhal bnyk penceramah2 online yg krng bertanggung jwb dan srng mlh politisasi

5. Antum tambahkan sendiri

(sumber tulisan)

Comments

comments