Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Masih seputar Virus Corona baru yang disebut COVID-19 Gan-Sis, menurut para ahli, virus ini mampu menyebar dari manusia ke manusia lainnya secara cepat melalui tetesan-tetesan kecil dari tubuh manusia yang terinfeksi virus.

Maksud dari tetesan ini adalah cairan dari dalam tubuh manusia, semisal ketika seorang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin, otomatis akan ada cairan tubuh yang terbang ke udara, apa bila cairan itu mengenai atau terihup oleh orang yang sehat, maka orang sehat tersebut juga akan tertular COVID-19.

Selain itu, apabila seorang yang terkena COVID-19 saat batuk menutup mulut dengan tangannya, kemudian memegang gagang pintu tanpa mencuci tangan setelah batuk, maka kemungkinan besar cairan batuk dari penderita COVID-19 akan tertempel pada gagang pintu tersebut, dan apabila ada orang yang sehat memegang gagang pintu itu, kemudian mengusap matanya atau area di sekitar wajahnya. Besar kemungkinan orang tersebut juga akan tertular.

Maka dari itu, semua orang dihimbau agar rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Memang, belum ada penelitian yang membuktikan jika Virus Corona (COVID-19) mampu ditularkan melalui udara. Tapi tidak menutup kemungkinan kondisi udara yang berpolusi juga dapat dengan mudah menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya berbagai penyakit pernapasan lainnya.

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Untuk itu dalam thread ane kali ini, akan membahas beberapa tanaman yang mampu memproduksi oksigen dan juga mampu menyerap berbagai polutan arau racun yang terkandung dalam udara bebas yang kita hirup.

1. Lily Peace

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini cukup populer di kalangan para pecinta tanaman hias, daunnya yang hijau mengkilap dan bunganya yang berwarna putih serta mengeluarkan aroma yang wangi saat mekar, mampu membuat hati siapa pun yang melihat dan mencium aromanya menjadi merasa tenang.

BACA JUGA :  Sejarah Menyebarnya Virus Corona [Covid-19 Timeline]

Tanaman ini banyak digemari karena perawatannya cukup mudah juga dapat dipergunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan.

Selain itu, yang paling penting, Lily Peace ini mampu membersihkan udara yang ada di sekitar kita. Studinya pun telah dilakukan oleh NASA yang membuktikan tanaman ini mampu menghilangkan zat polutan di udara seperti, benzena, formaldehida, trichloroethane, dan masih banyak lagi zat berbahaya lainnya yang menjadi polutan di udara.

2. Pohon Lidah Mertua

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Nama asli dari tanaman ini adalah Sansevieria, bentuk pada umumnya yang panjang dan bercorak seperti belang pada ular juga membuatnya sering dinamai dengan Snack Plant oleh orang barat. Namun, di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama pohon Lidah Mertua. Mungkin karena bentuk daunnya yang agak keras di bagian luarnya dan memiliki ujung yang runcing atau tajam seperti omongan mertua ya Gan-Sis wkwkwk.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), pohon lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap 107 jenis polutan atau racun yang ada di udara. Wah keren nggak Gan-Sis?

Pengalaman ane sendiri sih, memang benar kalo tanaman ini bikin udara di sekitarnya menjadi lebih terasa sejuk, karena selain menyerap polusi, tanaman yang juga dipergunakan sebagai tanaman hias indor ini mampu menghasilkan oksigen pada siang maupun malam hari.

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Nah, lagi satu yang ane suka dari tanaman lidah mertua ini, yaitu bunganya yang wangi banget Gan-Sis. Bunga lidah mertua berwarna putih dan kecil-kecil. Bunganya akan mekar pada sore hari menjelang malam, mengeluarkan bau yang menurut ane hampir mirip seperti bau bunga melati atau bunga bakung. Saat pagi hari bunganya akan kuncup kembali, dan bunga lidah mertua mampu bertahan hingga beberapa hari hingga akhirnya layu dan mengering.

BACA JUGA :  BACA! 14 HARI YANG MENENTUKAN ( Terkait Virus Corona )

Pabrik-pabrik besar yang berpotensi menghasilkan gas beracun dalam proses produksinya, juga memanfaatkan potongan-potongan daun lidah mertua yang di sebar di setiap sudut ruang kerja, untuk menyerap gas beracun tersebut. Misalnya pada pabrik tekstil.

3. Pohon Lidah Buaya

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Tanaman Aloe Vera atau yang lebih dikenal dengan pohon lidah mertua ini juga ternyata mampu membersihkan udara yang ada di dalam ruangan. Biasanya ane cuma memanfaatkan tanaman ini sebagi pelembab kulit tapi setelah mengetahui manfaatnya yang juga mampu membersihkan udara ane jadi suka buat menanamnya di di dalam pot. Zat berbahaya pada udara yang dapat diserap oleh lidah buaya antara lain seperti benzena dan formalin.

4. Spider Plant atau Lili Paris

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bersihkan Udara dengan Tanaman Ini!

Tanaman ini juga termasuk kedalam salah satu tanaman hias yang paling dicari, karena perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan terlalu banyak pencahayaan.

Selain menghasilkan oksigen, tanaman yang dapat ditanam di dalam ruangan maupun luar ruangan ini juga ternyata mampu membersihkan udara di sekitarnya. Lili paris mampu menyerap benzena, formalin, karbon, monoksida, dan xylene yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Nah Gan-Sis, di tengah kondisi polusi udara yang seperti sekarang ini, juga ditambah dengan semakin bertambahnya jumlah polusi dari kendaraan bermotor, ane sempat berpikir, kenapa tidak diwajibkan saja untuk setiap rumah atau pun kost-kostsan untuk menanam salah satu dari tanaman di atas?

Semisal satu rumah diwajibkan menanam minimal satu pot berisi tanaman Lidah Mertua yang sudah terbukti mampu menyerap 107 jenis polutan di udara. Pasti ketersediaan oksigen di alam bebas menjadi bertambah, begitu pun polusi menjadi semakin berkurang. Dengan udara yang sehat, paru-paru kita pun menjadi kuat dan sehat.

BACA JUGA :  Ih! Warga India Minum Air Kencing Sapi untuk Tangkal Virus Corona!

Comments

comments