7 Tips Merawat Mobil Anda Sebelum Ditinggal Pergi

By | May 2, 2018

Lapakfjbku.com – Apabila Anda sering melakukan perjalanan keluar kota, baik untuk tugas kerja maupun untuk berlibur, sehingga harus meninggalkan mobil Anda di garasi, mungkin hanya untuk beberapa hari, tapi mungkin juga hingga beberapa minggu, bahkan bulan. Agar kendaraan kesayangan Anda itu tetap dalam kondisi yang baik selama ditinggal pergi, Anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:

7 Tips Merawat Mobil Anda Sebelum Ditinggal Pergi

  1. Rem Tangan

    Sebelum meninggalkan mobil, pastikan posisi rem tangan dalam keadaan bebas. Karena, jika rem tangan ditinggalkan terlalu lama dalam posisi ‘masuk’, itu dapat menyebabkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, terutama yang menggunakan sistem tromol pada roda belakang. Sedangkan jika kondisi rem tangan tersebut memang sudah ‘macet’, bersihkan terlebih dulu agar dapat berfungsi kembali dengan normal.

  2. Wiper

    Agar karet wiper mobil tidak menempel dengan kaca mobil, sebaiknya diganjal dengan sepotong busa atau kayu. Jika hal tersebut tidak dilakukan dengan benar, karet wiper secara perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Ini tidak hanya dapat merusak permukaan kaca mobil, tapi juga dapat mengakibatkan karet menjadi kasar saat digunakan. Cara lain, dengan menyemprotkan bahan silicone ke bagian karet wiper agar tidak menjadi getas atau robek saat ditinggal untuk waktu yang lama.

  3. Suspensi

    Untuk memastikan bahwa kondisi suspensi mobil tetap tejaga dan tidak dibebani oleh beratnya kendaraan, sebaiknya letakkan mobil di atas jack stand. Maka, saat Anda ingin menggunakan mobil kembali, suspensinya tetap nyaman. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebocoran di sekitar karet–karet suspensi. Pastikan mobil diletakkan dalam kondisi yang kokoh dan aman, agar tidak membahayakan area di sekitarnya –termasuk mobil Anda.

  4. Aki

    Jika Anda tidak akan menggunakan mobil lebih dari 2 minggu, sebaiknya akinya dilepas untuk menghindarinya kerusakan. Atau, gunakan portable charger yang dihubungkan ke aki tanpa harus melepas kabel aki. Dengan alat tersebut, aki akan selalu dalam keadaan optimal.

  5. Oli

    Ganti oli jika oli sudah mulai kotor. Ini salah satu cara untuk mencegah pengendapan deposit atau kotoran yang berlebihan dalam mesin mobil. Hal ini harus dilakukan agar kotoran tersebut tidak merusak komponen–komponen di dalam mesin. Karena, jika terjadi kerusakan, bersiaplah untuk menyediakan dana yang tidak sedikit untuk melakukan overhaul mesin mobil tersebut.

  6. Parkir

    Hindari memarkir pada posisi miring. Jika memang tidak ada tempat yang datar, dianjurkan untuk mengganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lain agar mobil dalam keadaan stabil dan tidak berubah posisi.

  7. Pengharum

    Agar bagian dalam kabin mobil tidak berbau apek karena tertutup dalam waktu yang lama, letakkan pengharum mobil di jok atau di sekitar dasbor. Pastikan Anda meninggalkan mobil dalam keadaan tertutup sehingga debu tidak masuk ke dalam celah–celah.

 

Comments

comments