Plafon PVC, Plus Minus, dan Harga Terbaru Di 2024!

Sebagai plafon rumah Anda, sebenarnya banyak pilihan material yang dapat digunakan, mulai dari triplek, serat fiber semen/GRC board, board gypsum hingga plafon PVC. Dari keempat material tersebut, plafon ini pada umumnya langka digunakan untuk hunian rumah. Namun, bukan berarti plafon berbahan PVC ini tidak cocok untuk rumah cantik Anda.

Jika Anda bisa mendesain penempatan dan pemakaian plafon dengan tepat, rumah Anda tetap terlihat cantik dan menarik. Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.

Nah, langsung saja baca artikel di bawah ini!

Apa Itu Plafon PVC?

 

Polyvinyl Chloride disingkat PVC biasanya lebih dikenal sebagai sejenis polimer yang dijadikan bahan pembuat pipa air. Meski PVC sudah lebih dahulu digunakan untuk pipa air, namun proses pembuatan bahan ini berbeda dibandingkan dengan pembuatan pipa PVC.

PVC diproduksi dalam dua bentuk, pertama menjadi bahan yang keras, satu lagi plastik fleksibel. Nah, fleksibel PVC ini merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk pekerjaan struktur rumah hunian, rumah sakit, sekolah dan yang lainnya. PVC ini juga jadi salah satu bahan alternatif untuk plafon rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Plafon ini banyak digemari oleh konsumen. Tidak hanya menambah estetika dalam ruang, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan plafon yang terbuat dari PVC, berikut fakta-faktanya.

Kelebihan
Kekurangan
Anti rayap dan air
Bahan utama berupa Klorin, seringkali dianggap bahaya bagi manusia (bila sudah jadi gas)
Bahan berkualitas, tapi ringan
Bila tanpa motif atau warna, pvc terlihat membosankan
Kuat dan tidak mudah pecah
PVC sulit untuk didaur ulang
Awet, bertahan puluhan tahun
Kelenturannya membuat orang percaya bahwa PVC mengandung plastik berbahaya
Mudah dalam perawatannya
Mudah dipasang
BACA JUGA :  12 Ruang Tamu Minimalis Mewah untuk Ide Hunian Anda, Megah dan Berkelas

Jenis-Jenis Plafon PVC

Plafon ini memiliki beragam jenis motif yang dapat diaplikasikan di atap rumah, antara lain:

1. Plafon Motif Kayu

Plafon Motif Kayu

Plafon pvc motif kayu ini memiliki beberapa model juga, yakni flat doff rose wood, flat dove walnut rose dan flat gloss brown wood grain.

2. Plafon Motif Garis

Plafon Motif Garis

Untuk motif ini, terdapat beberapa model yang dapat Anda jadikan inspirasi, hologram wood, hologram line, silver hybrid dan red peach hybrid Untuk menghasilkan motif yang menarik, Anda dapat mengkombinasikan beberapa warna tersebut. Jangan khawatir jika dalam desain motif, Anda harus memotong plafon karena PVC terbuat dari bahan yang lentur.

Sedangkan panel PVC untuk plafon, memiliki beberapa kategori yang dapat dibagi secara kondisional dalam pembuatannya, yaitu:

  • Sambungan setelah perakitan, selokan kecil-kecil tetap di antara jalur individu.
  • Polos pada permukaan, jadi hampir tidak ada tempat yang terlihat dari sambungan strip.

Nah, biasanya, plafon ini identik dengan tekstur glossy. Namun, untuk Anda yang tidak menyukai tekstur glossy pada plafon, Anda dapat memilih tekstur matte.

Merek dan Harga Plafon PVC

Keunggulan plafon ini membuat harganya sedikit lebih tinggi. Biasanya, harga plafon ini dihitung dalam satuan per meter persegi, dengan panjang dan ketebalan yang bervariasi. Berikut daftar harga plafon dari merk plafon terbaik, yang dikutip dari berbagai sumber:

Tips Memilih Plafon PVC yang Benar

Foto: pexels.com

Setelah Anda mengetahui kelebihan serta kekurangan, hingga merek dan harga plafon. Kini, sebelum memilihnya, lebih baik Anda mengetahui cara memilih plafon yang benar:

Ukuran plafon yang tepat

Pilih ukuran serta tebal PVC yang tepat sesuai kebutuhan Anda.. Jangan sampai yang terlalu tebal atau terlalu tipis ya.

BACA JUGA :  Inspirasi Rumah Berbentuk Bola Sepak Milik Lionel Messi

Pilih merek terbaik

Nah, cari tahu mana merek terbaik dari produsen atau penjual plafon PVC. Merek-merek di atas bisa jadi opsi untuk Anda.

PVC yang elastis atau tidak?

Anda dapat memutuskan apakah mau menggunakan PVC elastis atau yang solid seperti penjelasan sebelumnya.

Apakah PVC butuh bahan tambahan?

Cari PVC yang sudah dapat dipasang lebih mudah, tanpa bahan tambahannya ya. Perlu Anda ketahui, plafon berbentuk lembaran sehingga tukang harus memasang satu demi satu dan bertahap.

Tukang yang sembarangan dalam bekerja bisa memasang asal tempat dan menyebabkan rongga pada sambungan, karena tidak memperhatikan jarak antar lembaran. Rongga ini akan membuat plafon menjadi tidak rapi dan debu mudah masuk.

Penggunaan lem perekat juga penting untuk menghasilkan desain yang rapi. Jenis lem perekat hitam atau yang bening harus disesuaikan dengan keseluruhan desain. Pada plafon yang terang, lem perekat hitam yang kotor bisa mengganggu pemandangan.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com