Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Apa yang kamu tahu tentang wisata di Yogyakarta? Pantai-pantai di Gunung Kidul, Gua Pindul, atau pantai Parangtritis. Tapi, apakah kamu tahu jika di Jogja terdapat sebuah tempat wisata menarik yang sangat unik dan layak kamu kunjungi?

Namanya Gumuk Pasir Parangkusumo, terletak diantara pantai Parangtritis dan Pantai Depok, munculnya gumuk pasir ini tak lepas dari letusan gunung Merapi dan gunung Merbabu pada zaman dahulu.

Padang pasir di lokasi ini berasal dari abu vulkanik letusan gunung Merapi dan gunung Merbabu zaman dulu yang terbawa arus sungai Opak, sungai Progo dan sungai sungai lainnya yang kemudian sampai di pantai Parangtritis hingga akhirnya mengendap di tempat yang kita sebut sekarang dengan nama Gumuk Pasir.

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Karena proses yang terus menerus berkelanjutan, maka gundukan pasir di lokasi ini menjadi sangat banyak hingga menyerupai padang pasir, sebenarnya tempat ini sudah ada sejak lama, namun belum sampai dijadikan sebagai objek wisata.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan terbentuknya gumuk pasir ini, kalian bisa menuju ke laboratorium geo spasial pesisir Parangtritis untuk menjelaskan tentang terjadinya fenomena unik ini, lokasinya tidak jauh dari Pumuk Pasir Parangkusumo itu sendiri.

Gumuk Pasir Parangkusumo terkenal setelah foto-foto kerennya tersebar di sosial media sepeti facebooktwitter dan instagram, hingga akhirnya banyak warga sekitar menjadikannya sebagai tempat sand-boarding dan tempat wisata alam.

Padang pasir ini memiliki luas kurang lebih 2 km dari muara pantai parangtritis hingga Pantai Depok, keunikan gumuk pasir ini juga dimanfaatkan beberapa band terkenal di indonesia untuk dijadikan sebagai tempat pembuatan video clip.

Selain video clip, lokasi ini juga sering dijadikan tempat foto prewedding, yah, bagi kamu yang akan menikah bisa mencoba menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai background foto prewedding kamu.

BACA JUGA :  Kolam Renang Terbesar di Asia Tenggara Ada Di Pulau Bintan?

Lokasi ini kini menjadi tempat favorit kegiatan memacu adrenalin, yaitu sandboarding (berselancar di pasir), untuk melakukan kegiatan ini kita harus menyewa papannya terlebih dahulu, harga sewa papan kurang lebih Rp. 200.000/orang, lengkap dengan helm dan peralatan safety lainnya, cukup mahal ya ? tapi bisa dipakai sepuasnya kok.

Gundukan pasir di kawasan ini ada yang mencapai 20 meter lho, nah dari situ kita bisa meluncur sejauh 200 meter, cukup seru bukan? Tapi yang perlu diingat, saat siang udara disini bisa sangat panas layaknya di Gurun Sahara.

Jadi, jika kamu ingin melakukan sandboarding, waktu terbaik adalah saat pagi hari dan sore, selain itu kita juga bisa melihat sunset lho, pun bagi kamu yang tidak ingin bermain sandboarding, kita juga bisa hanya berjalan jalan sambil berfoto kok.

Saat sore datang, lokasi ini mulai dipenuhi oleh anak-anak muda yang akan melakukan sandboarding, kamu bisa melihat betapa jagonya mereka meluncur diatas pasir, selain itu tak sedikit wisatawan mancanegara yang datang untuk mencoba sandboarding di sini.

 

Akses Menuju Gumuk Pasir Parang Kusumo

Lokasi dari Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, cukup mudah untuk menemukannya, dari pusat kota Yogyakarta kalian harus mengambil arah Selatan menuju pantai Parangtritis.

Nah, sesampainya di gerbang terdapat sebuah jalan dengan tulisan Pantai Depok di kanan jalan tepat sebelum loket retribusi pantai Parangtritis, ambillah jalan tersebut hingga sampai di loket pembayaran pantai Depok, tepat sebelum loket, terdapat belokan ke kiri, pilih jalan tersebut dan tinggal lurus saja, maka kita akan sampai di lokasi gumuk Pasir Parangkusumo ini, cukup mudah kan ?

BACA JUGA :  Pilih Nikah atau Cerai Muda di Usia 20-25 Tahun?

Sebagai tempat wisata yang cukup populer, fasilitas disini bisa dibilang cukup lengkap, yaitu sudah terdapatnya tempat parkir, pos penjagaan, toilet, tempat beribadah dan tentunya klinik kesehatan, nah, setelah puas bermain pasir kita juga bisa mampir sejenak di pantai Depok atau pantai Parangtritis.

Banyak yang mengatakan jika gumuk pasir parangkusumo merupakan satu-satunya padang pasir di asia tenggara, sehingga rencananya tempat wisata ini akan didaftarkan kedalam UNESCO World Heritage karena merupakan sebuah fenomena alam yang tidak biasa yang hanya ada di indonesia.

Tips bagi kamu yang ingin berlibur ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Pilihlah waktu yang tepat, yaitu saat pagi atau sore hari, karena biasanya saat siang sinar matahari terasa sangat menyengat, tentunya juga saat musim kemarau, karena jika saat musim hujan kita tidak bisa sandboarding disini.

Jangan lupa menggunakan sunblock agar kulit tetep terjaga, sekalipun kamu pria, atau gunakan topi dan baju lengan panjang jika datang saat siang hari.

Bawalah air minum, karena meskipun saat sore hari, suasana disini masih cukup panas, jangan sampai kamu dehidrasi.

Jika kamu pertama kali datang ke sini dan ingin mencoba melakukan sandboarding, jangan langsung mencoba di gundukan tertinggi, cobalah di gundukan pendek terlebih dahulu agar terbiasa.

Jadi, jika kamu sedang berlibur ke jogja, pastikan kamu berkunjung juga ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Comments

comments