4 Cerita Unik Ketika Jokowi Presentasi Di Apec

By | January 14, 2019

Lapakfjbku.com – Presiden Joko Widodo menjadi ‘bintang’ dalam pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing yang berlangsung Senin (19/11). Dalam lawatan perdananya ke luar negeri, Jokowi benar-benar memanfaatkannya untuk menjelaskan visi pemerintah Indonesia 5 tahun ke depan.

Jokowi berkali-kali menyatakan Indonesia membutuhkan investasi dari luar negeri. Di hadapan para CEO dunia yang hadir dalam CEO Summit ini, Jokowi mengundang mereka untuk berinvestasi dalam berbagai proyek infrastruktur yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah Indonesia.

Tak ada kecanggungan atau grogi saat Jokowi tampil di hadapan ratusan bos-bos terkemuka itu. Dengan mantap Jokowi menjelaskan peluang berinvestasi di Indonesia. Jokowi menggunakan gaya presentasi ketimbang pidato.

4 Cerita Unik Ketika Jokowi Presentasi Di Apec

Apa saja cerita unik Presiden Jokowi saat tampil di forum CEO Summit di Beijing? Berikut rangkumannya:

1.Presentasi bukan pidato
4 Cerita Unik Ketika Jokowi Presentasi Di Apec
Lazimnya pemimpin dunia yang tampil dalam CEO Summit hanya berpidato soal kebijakan ekonomi dan rencana-rencana mereka terkait investasi serta peluang bisnis di negara mereka. Namun, Presiden Jokowi memilih cara presentasi seperti sales menawarkan produk.

Jokowi menyampaikan apa saja peluang investasi yang akan dibuka di Indonesia dalam 5 tahun masa kepemimpinannya. Salah satu yang paling utama adalah 24 pelabuhan yang akan menghubungkan transportasi laut di Indonesia.

2.Tanpa teks, aksen medok Jawa
4 Cerita Unik Ketika Jokowi Presentasi Di Apec
Presiden Jokowi tampil percaya diri di hadapan para CEO. Jokowi fasih menggunakan bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia karena forum itu merupakan forum bisnis. Meski begitu, aksen Jawa yang medok tidak berubah dari gaya bahasanya.

Jokowi menuturkan bahwa sebagai negara yang luas Indonesia masih memiliki banyak peluang usaha. Dia menyebutkan bagaimana peluang usaha menanti di bidang pelabuhan, kereta api, energi dan tol laut. “This is your opportunity,” ucap Jokowi.

Dalam presentasinya, Presiden memberikan angka-angka jelas tentang target yang akan dicapai dan apa yang dibutuhkan.

3.Cerita soal diplomasi meja makan
4 Cerita Unik Ketika Jokowi Presentasi Di Apec
Mengundang para investor ke Indonesia, Presiden Jokowi menjanjikan kemudahan terutama terkait perizinan. Dalam salah satu bagian presentasinya, Jokowi juga menceritakan saat dia menggunakan pendekatan ‘diplomasi meja makan’ terkait pembebasan lahan.

Bahkan satu momen menarik adalah ketika presiden menyampaikan caranya bernegosiasi dengan warga terkait pembebasan lahan pembangunan tol JORR W2. Dalam proyek yang mangkrak 9 tahun itu, Jokowi saat menjadi gubernur Jakarta mengaku bertemu langsung dengan warga dan mengajak mereka makan siang bersama.

“Saya mengundang mereka dan kami bicara soal masalah tersebut. Empat kali. Empat kali pertemuan. Dan masalah pun selesai,” kata Jokowi dalam bahasa Inggris yang disambut tepuk tangan para CEO.

4.Diajak selfie para CEO
4 Cerita Unik Ketika Jokowi Presentasi Di Apec
Presentasi Presiden Jokowi membuat para CEO tertarik. Usai Jokowi turun dari panggung, mereka mendatangi mantan wali kota Solo itu. Beberapa CEO ingin berbincang langsung dengan Jokowi untuk berkenalan.

Yang unik, beberapa dari mereka mengajak Jokowi berfoto selfie yang disambut ramah. Kehadiran Jokowi benar-benar menjadi bintang dalam acara itu.

Comments

comments