4 Tanaman Ini Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Menurut ane, salah satu serangga yang paling berbahaya di dunia ini adalah nyamuk. Kenapa tidak berbahaya, karena beberapa nyamuk seperti nyamuk anopheles dapat menyebabkan manusia terkena penyakit malaria, nyamuk aedes aegypti juga dapat menyebabkan manusia terkena penyakit demam berdarah.

Tentu saja dua penyakit itu disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penularannya pun pelalui gigitan nyamuk. Apalagi bila musim penghujan telah tiba, maka setelah musim penghujan akan ada banyak jentik nyamuk yang telah berubah menjadi nyamuk.

Pencegahan biasanya dilakukan dengan cara menaburkan serbuk abate pada selokan atau pun tempat penampungan air juga dengan mengubur kaleng dan wadah plastik bekas yang sudah tidak terpakai di dalam tanah, karena wadah seperti itu dapat terisi oleh air hujan sehingga nyamuk dapat berkembangbiak di sana.

Selain pencegahan dengan abate, kita juga dapat menggunakan obat nyamuk bakar atau obat nyamuk semprot dalam membasmi nyamuk yang ada di rumah agar kita terhindar dari gigitannya. Namun, obat nyamuk kimia seperti itu apabila dipergunakan dalam jangka waktu yang lama sudah tentu dapat mengganggu kesehatan kita.

4 Tanaman Ini Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Berikut ini ane rangkum beberapa tanaman yang mampu secara efektif mengusir nyamuk dari rumah kita.

1. Pohon Liligundi

4 Tanaman Ini Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Tanaman ini tanaman yang cukup mudah dijumpai di daerah ane yaitu di Bali, daunnya berwarna hijau dan berbentuk agak lonjong. Di daerah ane sering disebut dengan nama daun liligundi, mungkin di daerah Gan-Sis punya nama yang berbeda.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana saja, cukup letakkan tanaman liligundi yang di tanam di dalam pot di dekat jendela atau pintu kamar saja, maka aroma khas dari daun liligundi ini akan mengusir semua nyamuk yang ada di rumah kita.

BACA JUGA :  Pengertian Empon - Empon Dan Manfaatnya Untuk Menangkal Virus

Biasanya sih kalo ane lebih suka meletakkan beberapa dahan daun liligundi di kolong tempat tidur ane, daun liligundi yang ane taruh di kolong tempat tidur tersebut juga dapat bertahan sampai 2 hari untuk mengusir nyamuk. Baunya yang khas menurut ane malah membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Beberapa home industri di Bali juga mulai melirik peluang usaha dengan membuat obat nyamuk bakar herbal yang berbahan dasar daun liligundi.

2. Bunga Lavender

4 Tanaman Ini Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Bagi para pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang memiliki bunga berwarna ungu ini. Wangi khas dari bunga ini juga mampu mengusir nyamuk, bahkan beberapa merek minyak kayu putih juga telah memanfaatkannya sebagai campuran aroma therapy, agar penggunanya terhindar dari gigitan nyamuk.

Tanaman ini bisa di tanam di dalam ruangan dengan menggunakan pot dan jangan lupa juga untuk sesekali meletakkannya di bawah sinar matahari.

3. Tanaman Selasih

4 Tanaman Ini Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Biasanya tanaman selasih kita manfaatkan bijinya sebagai campuran dalam membuat es buah atau sirup. Tapi ternyata aroma dari daun selasih juga mampu mengusir nyamuk. Tanaman ini juga dapat di tanam di dalam pot kemudian di letakkan di sudut rumah atau di dekat pintu dan jendela sebagai tempat biasanya nyamuk masuk ke dalam rumah kita.

4. Tanaman Serai Wangi

4 Tanaman Ini Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Selain sebagai bumbu dapur, tanaman serai wangi juga cukup efektif dipergunakan sebagai pengusir nyamuk. Memang tanaman ini tidak cocok apabila di tanam di dalam ruangan, tapi Gan-Sis dapat menanamnya di sekeliling rumah terutama di dekat jendela atau ventilasi tempat keluar masuknya nyamuk.

Comments

comments