10 Cara Mengusir Semut yang Efektif dengan Bahan Alami

Informasi mengenai cara mengusir rumah banyak semut penting rasanya untuk Anda ketahui karena semut biasanya berkoloni jika banyak makanan tergeletak sembarangan. Sering kali semprotan anti serangga tak cukup ampuh untuk mengusir semut-semut, terutama semut hitam ukuran besar atau semut api. Mereka akan kembali datang selama belum berhasil mendapatkan makanannya.

Untuk mengatasi gangguan hama dan serangga rumah ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur. Tak hanya dapat mengusir semut api, tapi juga aman dari bahan kimia.

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut poin-poin pembahasan yang akan dijelaskan lebih detail dalam artikel 10 Cara Mengusir rumah banyak semut yang efektif dengan bahan alami.

Penyebab Rumah Banyak Semut

Sisa makanan yang tercecer di lantai biasanya penyebab utama berkumpulnya semut . (Sumber: Pexels.com)

Bagaimana perasaan Anda jika mendapati ada semut berkeliaran di dalam rumah? Kesal dan merasa kurang nyaman pastinya. Apalagi jika jumlahnya bukan hanya satu dua, namun biasanya dalam jumlah yang banyak dan bergerombol.

Seketika Anda bertanya-tanya darimana asal semut ini datang atau penasaran apa penyebab semut-semut berdatangan. Itu berarti Anda perlu mengetahui informasi cara mengusir semut berikut ini.

Ada banyak penyebab semut berkerumunan di rumah Anda. Namun biasanya, remah-remah sisa makanan yang tercecer di lantai, khususnya yang mengandung gula adalah penyebab utamanya. Remah-remah makanan yang tercecer di lantai merupakan salah satu sumber makanan dari koloni semut. Selain mencari sumber makanan, alasan semut berdatangan di rumah adalah mencari sumber air dan tempat berlindung.

Semut biasanya mendiami lingkungan yang lembab, dan berdekatan dengan sumber air. Sehingga wilayah bagian rumah seperti kamar mandi dan dapur biasanya menjadi tempat favorit kerumunan semut.

Tips Lapakfjbku.com

Selalu simpan makanan pada wadah kedap udara, lemari kabinet, maupun kulkas untuk menghindari kerumunan semut di rumah Anda.

Manfaat Rumah yang Bebas dari Semut dan Serangga Lainnya

Dengan ditemukannya semut pada rumah Anda, bisa menjadi indikator kebersihan rumah dalam kondisi kotor. (Sumber: Pexels.com)

Bisa dikatakan semut merupakan salah satu hama yang keberadaannya tidak diinginkan oleh pemilik rumah. Dengan rumah bebas dari semut, hunian akan terasa lebih nyaman. Seperti yang kita ketahui, keberadaan semut biasanya dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan penghuninya.

BACA JUGA :  15 Cara Agar Terlihat Serius Bekerja Walau Sedang Menganggur

Sengatan atau gigitan semut biasanya menimbulkan efek yang kurang nyaman bagi kulit. Bahkan untuk beberapa jenis semut, apabila terkena gigitan, harus diobati dengan prosedur tertentu.

Rumah yang bebas dari semut dan serangga lainnya biasanya merefleksikan kondisi kebersihan rumah Anda. Rumah yang bersih dan terawat dapat dipastikan terbebas dari semut dan serangga lainnya. Sebaliknya, jika rumah Anda kurang dirawat dan kebersihan tidak terjaga, tidak dipungkiri Anda dapat dengan mudah menemukan semut dan serangga lainnya.

Manfaat rumah yang bebas dari semut dan serangga selain kenyamanan, tentunya sangat berhubungan erat dengan kesehatan fisik. Dengan rumah bebas hama serangga, Anda akan terhindar dari Infeksi atau penyakit yang dibawa oleh hama seperti semut dan serangga lain seperti kecoa hingga tikus. Selanjutnya adalah penjelasan lengkap mengenai cara mengusir semut yang efektif untuk Anda ketahui.

10 Cara Mengusir Rumah Banyak Semut dengan Bahan Alami

Bahan alami yang memiliki bau cukup kuat sebagai cara mengusir semut dari kerumunan. (Sumber: Pexels.com)

Cara mengusir semut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Biasanya pengusiran menggunakan bahan alami atau bahan kimia. Bahan alami lebih disarankan karena tidak menimbulkan efek samping bagi pemilik rumah.

Bahan-bahan alami yang digunakan sebagai cara menghalau semut, dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar rumah. Kandungan dari masing-masing bahan alami inilah yang tidak disukai oleh semut sehingga semut enggan untuk kembali ke rumah Anda.

Berikut 10 cara mengatasi rumah banyak semut dengan bahan-bahan alami.

1. Cuka Putih dan Air

Cuka bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Cara mengusir semut yang pertama adalah dengan campuran cuka dan air dapat menjadi insektisida atau desinfektan yang murah dan meriah. Larutkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Tuang dalam botol spray. Anda tinggal semprotkan larutan langsung ke arah barisan semut. Larutan ini dapat membuat semut mati.

BACA JUGA :  Housekeeping: Pengertian, Lingkup Kerja, dan Strukturnya

Anda juga dapat menyemprotkan larutan cuka pada bagian rumah yang sering disemutin, seperti bingkai jendela, pintu, dan furniture kayu lain. Larutan ini terbukti ampuh membuat semut enggan mendekat. Bau cuka yang menyengat akan hilang setelah mengering.

2. Bubuk Cabai Rawit

Bubu cabai rawit bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Bubuk cabai yang pedas adalah salah satu cara mengusir semut yang ampuh. Untuk mengusir semut Anda dapat menempatkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil. Lalu, tempatkan wadah bubuk cabai tersebut dekat dengan makanan yang diburu semut-semut tersebut.

Selain menempatkan pada wadah, bubuk cabai ini juga bisa langsung Anda taburkan pada lantai dan dinding yang sedang dikerumuni semut.

3. Kayu Manis

Kayu manis bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Cara mengusir semut selanjutnya bisa dengan menggunakan kayu manis. Bau khas yang muncul dari kayu manis rupanya tak disukai semut. Bayu dari kayu manis dapat membuat semut menjauhi sumbernya. Taruh beberapa batang kayu manis dekat dengan sumber makanan atau area yang sering didatangi semut.

Dijamin semut tak akan lagi menghampiri. Anda juga bisa menumbuk batang kayu manis sehingga menghasilkan bau yang lebih kuat. Tempatkan bubuk kayu manis pada wadah kecil dan taruh dekat sumber makanan.

4. Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Bawang putih memang jadi bumbu dapur yang umum ada di dapur rumah anda. Jadi cara mengusir semut tanpa repot, Anda dapat segera mengupas serta mengiris bawang putih secukupnya. Lalu letakkanlah pada pojok ruangan di mana Anda kerap melihat semut berkeliaran. Atau bila perlu, Anda dapat juga meletakkan potongan bawang putih di dekat toples gula yang ada di dapur.

5. Larutan Lemon

Cairan lemon bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Selain cuka, Anda dapat menggunakan bahan lain untuk dijadikan cairan insektisida alami, yaitu menggunakan lemon. Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut dan menjadi cara mengusir semut yang efektif.

Campurkan air dengan perasan lemon dengan perbandingan 1 buah lemon dan 3 bagian air. Semprotkan langsung pada kerumunan semut atau bagian-bagian rumah yang rentan dikerubungi semut. Larutan lemon ini dapat dijadikan alternatif cara mengusir semut jika Anda tak menyukai bau cuka.

BACA JUGA :  Contoh Tanda Tangan yang Mudah Dibuat dan Unik. Lengkap dari A-Z

6. Cengkeh

Cengkeh bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Seperti bahan alami pengusir semut lainnya, semut tidak kuat dengan aroma yang cukup kuat. Seperti yang kita ketahui, cengkeh juga memiliki aroma khas cengkeh yang cukup kuat. Anda cukup menggunakan hingga 10 butir cengkeh tanpa tambahan air atau bahan lainnya, kemudian letakkan pada kerumunan semut. Dalam beberapa menit, semut akan membubarkan diri dan menghindar dari cengkeh. Cara mengusir semut dengan cengkeh bisa Anda coba di rumah.

7. Bubuk Kopi

Bubuk kopi bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Bahan alami berikutnya adalah menggunakan bubuk kopi. Anda dapat menggunakan semua jenis kopi yang ada di pasaran. Cara mengusir semut dengan kopi cukup menaburkan bubuk kopi pada tempat yang terdapat kerumunan semut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ampas kopi bekas seduhan untuk cara mengusir semut di luar rumah seperti teras halaman rumah.

8. Garam

Garam bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Taburkan garam atau buat garis pembatas untuk menghalangi semut yang berdatangan adalah cara mengusir semut dengan garam. Selain itu Anda bisa menaburkan garam pada lubang-lubang yang dihuni oleh semut. Sebelum menaburkan garam, pastikan lantai atau tempat yang akan ditaburi dalam kondisi kering.

9. Tepung Maizena

Tepung maizena bisa menjadi salah satu cara mengusir semut. (Sumber: Pexels.com)

Meskipun cara mengusir semut dengan tepung maizena akan mengakibatkan rumah terlihat berantakan atau kotor, namun cara mengusir semut ini bisa menjadi alternatif. Anda cukup menaburkan tepung maizena pada kerumunan koloni semut yang bergerombol secara langsung. Atau Anda bisa menambahkan sedikit air.

10. Tree Tea Oil

j. Tree tea oil

Bahan alami terakhir sebagai cara mengusir semut adalah dengan menggunakan tree tea oil. Tree tea oil merupakan minyak esensial yang terbuat dari olahan daun teh yang telah disuling. Aroma harum yang dihasilkan dari tree tea oil tidak disukai oleh semut.

Sehingga bahan ini bisa menjadi solusi cara mengusir semut di rumah Anda. Selain dapat mengusir semut, bahan ini juga dapat memperharum ruangan rumah Anda.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com