7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!

By | February 4, 2019
Rate this post

Lapakfjbku.com – Berkendara. Tentu sudah menjadi hal yang lazim bagi kita semua di seluruh penjuru Indonesia. Dan tentunya pasti sudah menjadi keseharian kita. Karena pasti juga kita perlu kesana-kemari, memerlukan mobilitas tinggi, dan tentu menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor.  Saat melakukan APAPUN, namanya juga manusia Gan, pasti adaaaaa aja yang nyeleweng dari peraturan. Bahkan yang sepele dan gak sadar sering kita lakukan pun, bisa bikin kamu sekalian kehilangan nyawa loh! Nah dibawah ini ada 7 hal sepele yang bisa bikin kecelakaan fatal buat kamu. So abis dibaca, share danhindari ya!

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!

Here we go.

1. Melamun Saat Berkendara

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Oke yang pertama melamun saat berkendara. Ini dapat terjadi sama semua orang.  Pas lagi berkendara (terutama motor) terus kepikiran sesuatu, ntah itu apa pokoknya mikirin ituuuu terus pas berkendara. Alhasil gak fokus deh sama jalan, wes tentu sangat membahayakan diri kita dan pengendara lain karena hal ini dapat memicu terjadinya kecelakaan.  Stay focus ya!

 2. Berbicara Dengan Teman yang Mengendarai Kendaraan Lain:

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Ini sering saya liat di jalanan, terutama bagi teman – teman yang masih sekolah nih.  Tentu hal ini dapat memicu bahaya, apalagi kalo di jalur 1. Karena biasanya pas kalian berkendara berdampingan sambil ngobrol itu makan sebelah ruas jalan, dan bisa bikin gak fokus.  Mending kalo kecelakaan kena batunya sendiri, lha kalo ada anak orang yang meninggal gimana?

3. Lampu Sein/Letting

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Nah kalo ini kebanyakan say liat di jalanan itu kaum hawa. Jujur aja kadang ane geregetan liat orang yang lupa matiin lampu sign, atau bahkan ga nyalain lampu sign terutama pas mau belok! Inget ya! lampu sign ini merupakan hal yang sangat penting saat berkendara. Karena lampu sign ini kita pake sebagai alat komunikasi sama pengendara lain.  Kalo miscommunication sama lampu sign bisa berakibat fatal lho. Kemarin-kemarin pas saya pulang sekolah di perempatan ada orang kena seruduk truk gegara belok ga nyalain lampu sign.  Semoga Kaskuser disini tetap disiplin pake sign ya.

 4. Menggunakan Handphone Saat Berkendara

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Jujur ini juga kebanyakan dilakukan para kaum hawa. Tapi gak sedikit juga yang laki! Handphone saat berkendara. Hadeh. Jaman sekarang masiiih aja ada yang bawa motor terutama, sambil ngeliatin layar hape. Paling juga cuma update status atau liat beranda sosmed kan.  Penggunaan handphone saat berkendara sangat tidak dianjurkan Gan, bahkan sampe dilarang. Karena sudah jelas akan mengganggu fokus kita ke jalan karena ngeliatin itu hape.  Lebih baik main hape pas udah sampe destinasi aja. Ntar main hape di jalan, tabrakan, hape ikut rusak baru tau rasa.

 5. Merokok Saat Berkendara

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Kalo ini sih emang jarang saya liat, sesekali lah. Pasti ada! Kali aja teman -teman salah satu diantaranya? Stop ya. Merokok sambil berkendara sangat berbahaya pasti. Soalnya kalo rokok jatuh ke badan terus kena, kaget, stang lepas, gimana? Suram kan?  Atau rokok yang masih nyala gak sengaja kelepas terus masuk ke baju/helm?  Wah udah tau tuh kelanjutannya gimana. So, stop dari sekarang ya Gan.

6. Menyalip dari Kiri

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Wah ini sih bukan hal aneh lagi. Apalagi orang yang sering sejalur sama mobil-mobil truck. Pasti sering nyalip dari kiri kan? Hentikan ya.  Meski keliatan sepele, nyalip itu emang udah aturannya lewat kanan. Kalo kamu nyalip dari kiri terus tiba-tiba truk nya rada ke kiri dan kamu kelindes gimana? Serem kan.  Dan yang salah siapa? Ya kamu, siapa suruh nyalip dari kiri, udah dibuatin peraturan kalo untuk nyalip itu pake lajur kanan.

7. Riding Gear Tidak Lengkap

7 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kecelakaan Fatal!
Jujur saya miris liat ini.  Riding gear tidak lengkap. Masih banyak sampe sekarang orang ngebut tapi riding gearnya tidak lengkap. Bahkan gak pake helm, merinding say liatnya. Demi alasan keamanan dan meminimalisir resiko saat kecelakaan, gunakan riding gear lengkap ya, terutama helm, jaket, dan sarung tangan.  Selebihnya kaya protektor dengkul dsb itu bisa disesuaiin sendiri. Tapi jangan sampe gak pake ya.  Emang sih ajal itu cuma Tuhan yang tau. Cuma apa salahnya selain dengan berdoa dan beribadah, kita antisipasi juga pake tindakan yang nyata?  Keep the safe riding go on.

 

Comments

comments