Tips Menjadi Orang Kreatif

By | March 7, 2019

Lapakfjbku.com – Semua orang ingin jadi orang yang kreatif. Tapi kenyataannya ngga semua itu kreatif. Kenapa? Apakah kreativitas itu adalah bakat? Apakah pengaruh dengan IQ?

Mungkin memang banyak yang nggak tau pembahasan kreativitas dari segi ilmiah. Tapi yang pasti, kreativitas itu bisa ditingkatkan. Nah, gimana caranya?

Kreatifitas!

Kreatifitas!

1. Miliki karakter untuk selalu mau berbuat yang lebih baik. Ketika Agan punya karakter seperti ini, maka kalian secara ‘otomatis’ selalu berpikir: “Apa lagi yang bisa gua lakuin untuk ngebuat hal ini dan hal itu jadi lebih baik?” dan “Gimana caranya?

2. Mau untuk selalu jadi orang yang peka. Di keseharian, kita itu bisa selalu memerhatikan banyak hal yang ada di sekeliling kita. Pada saat kita di bus, di kereta, di pesawat, di mall, di kantor, di rumah. Semua yang kita lihat dan dengar itu bisa jadi ide, jadi inspirasi kita.

3. Perluas wawasan dengan sering nonton TV (berita, liputan, sejarah, tentang sebuah topik), dengar radio, baca buku, google, dan traveling. Sekali lagi, itu semua adalah ide dan inspirasi.

Misalnya ada seorang arsitek, yang kerjaannya setiap tahun pasti pergi ke berbagai negara di dunia. Yang penasarna pasti pada nanya, “Elu enak banget ya jalan-jalan melulu.” Dia bilang, “Iya ini jalan-jalan sekalian kerja.” Terus nanya lagi, “Kerja? Maksud loe?” Dia bilang, “Iya ini jalan-jalan sambil nyari inspirasi untuk ide gila projek arsitek gua selanjutnya”

Tips Menjadi Kreatif!

Tips Menjadi Kreatif!

Jadi, kreativitas itu bukan harus menciptakan hal baru. Sekarang udah ngga di jamannya untuk kita berusaha menciptakan bohlam lampu, listrik, pesawat terbang dan sebagainya. Yang harus kita lakukan adalah untuk jadi individu yang kreatif supaya bisa memodifikasi apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik, lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Steve Jobs menciptakan iPod, apakah ini sebuah produk yang benar-benar baru? Ngga! Ini adalah sebuah portable music device, yang sebelum iPod berarti sudah ada MP3 player, dan sebelumnya lagi ada MiniDisc player, dan sebelumnya lagi ada DiscMan (Sony), dan sebelumnya lagi ada Walkman (Sony).

Get the point? Yuk, jadi orang yang lebih kreatif.. bukan untuk sekedar keren-kerenan dibilang kreatif, tapi untuk bantu sekeliling kita menyelesaikan masalah. Kreativitas adalah solusi masalah.

Comments

comments