9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures

By | May 6, 2019
Rate this post

Akibat dari di Hack nya situs Sony Pictures sangat lah besar. Para Hackers mematikan sistem Sony dan mempublikasikan kurang lebih data sebesar 11 Terabytes. Informasi curian ini dikiramkan ke pihak wartawan dan juga bisa diunduh di internet. Para Hackers ini menamakan dirinya Guardians of Peace atau disingkat GOP. Berikut adalah hal menarik setelah tersebarnya informasi di Internet.

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures

Semua komputer yang ada di perusahaan distribusi film, Sony Pictures, dilaporkan telah diretas pada dini hari tadi. Sebuah thread di situs Reddit mengatakan, semua komputer di perusahaan yang memproduksi film Amazing Spiderman itu offline.

Menurut pengakuan salah satu karyawan Sony Pictures di situs Reddit, layar komputer semua karyawan menampilkan foto dengan tulisan “hacked by #GOP”, dan peretas tersebut menuntut agar permintaan mereka dipenuhi, tanpa merinci permintaan yang dimaksud.

Jika Sony Pictures tidak memenuhi permintaan mereka dalam jangka waktu yang ditetapkan, hingga 24 September pukul 11.00 GMT, para peretas tersebut akan menyebarkan dokumen-dokumen penting perusahaan, seperti laporan keuangan dan password server.

Dikutip KompasTekno dari situs The Next Web, Selasa (25/11/2014), seorang sumber dalam dari Sony Pictures yang tidak mau namanya disebut membenarkan informasi mengenai serangan terhadap perusahaannya itu.

Menurut dia, sebuah server telah berhasil dibobol oleh pihak luar, dan serangan tersebut berasal dari server tersebut.

Semua karyawan Sony Pictures dipulangkan, dan mereka bekerja dari rumah karena sambungan internet pun terputus. Mereka juga disarankan untuk tidak mengakses jaringan perusahaan atau membuka e-mail mereka.

Selain itu, karyawan Sony juga diminta untuk menonaktifkan Wi-Fi dalam perangkat mobile mereka saat di kantor.

Pihak Sony mengatakan sudah mengetahui pembobolan servernya, dan mengatakan sedang menginvestigasi masalah IT tersebut.

Korea Utara angkat bicara terkait serangan peretas ke situs Sony Pictures Entertainment.

Korea Utara mengatakan “tunggu dan lihat” pada Senin (1/12), ketika ditanya apakah Korea Utara terlibat dalam serangan itu.

Bulan depan, Sony seharusnya merilis film yang bercerita soal komplotan yang berencana membunuh pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

“Pasukan musuh mengaitkan segalanya dengan DPRK (Korea Utara). Saya menyarankan Anda untuk tunggu dan lihat,” kata juru bicara Korea Utara di misi PBB ketika ditanya tentang serangan yang menumbangkan jaringan komputer studio Sony.

Ketika ditanya apakah Korea Utara tidak terlibat dalam serangan terhadap Sony Pictures, juru bicara untuk misi PBB itu mengatakan dalam sebuah email: “Saya tidak tahu apa-apa tentang hal ini.”

Sistem komputer Sony Pictures tumbang Senin lalu. Sebelum layar menjadi gelap, terdapat tampilan tengkorak merah dan kalimat “Hacked By #GOP” singkatan Guardian of Peace (Penjaga Perdamaian), dikutip dari Los Angeles Times. Para peretas juga memperingatkan mereka akan merilis “rahasia” yang mereka curi dari Sony, Times melaporkan.

Situs berita teknologi Re/code melaporkan bahwa Sony dan konsultan keamanan sedang menyelidiki apakah seseorang yang bertindak atas nama Korea Utara dan kemungkinan (bekerja) dari Tiongkok bertanggung jawab.

Sebuah sumber yang akrab dengan masalah semacam ini mengatakan kepada Reuters pada Sabtu bahwa Sony Pictures sedang menyelidiki segala kemungkinan, dan menambahkan bahwa belum ada petunjuk yang mengarah ke Korea Utara.

Korea Utara mengeluh kepada PBB pada Juni lalu terkait film yang dibintangi Seth Rogen dan James Franco, menuduh Amerika Serikat mensponsori terorisme dan melakukan tindakan perang karena mengizinkan produksi film.

“Saya pribadi tidak peduli apakah (film) tidak menghormati Kim karena dia jahat. Tapi itu bukan maksud (dari film). Korea Utara telah menghasilkan ton film propaganda yang menggambarkan kehancuran Amerika,” Rogen mem-posting di akun Twitter-nya pada Minggu (30/11).

Pelakunya Korea Utara?

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Sony berpikir Korea Selatan lah yang membobol Situs mereka. Menurut Situs Re/code, Film terbaru dari Seth Rogen dan James Franco “The Interview”, yang mengisahkan tentang perjalan dua orang untuk melakukan misi membunuh Presiden Korea Utara Kim Jong Un. Adalah penyebab utama Korea Utara untuk Meretas Situs Sony. Yang mana sebelumnya, Korea Utara Telah melarang untuk film tersebut agar tidak tayang. Aktor Seth Rogen tidak mempunyai komentar ketika ditanyai oleh pihak Business Insider.

Serangan Besar

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Para ahli mengatakan peretasan ini “adalah serangan besar pertama pada perusahaan US yang menggunakan Sofware berisi Virus paling berbahaya yang di desain untuk membuat network komputer untuk tidak dapat berfungsi sama sekali.” Menurut Laporan Reuters.

Old’s School Styles

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Para pekerja harus mematikan seluruh barang elektronik nya dan beralih menggunakan pensil, kertas dan mesin Fax untuk bekerja setelah terjadinya peretasan. Berita yang dilangsir oleh The Los Angeles Times.

Gajinya terekspose

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Informasi mengenai Gaji karyawan merupakan salah satu informasi yang di sebarkan ke internet pada kejadian peretasan ini. Sehingga membuat orang mengetahui berapa gaji dari co-president of production di Sony Columbia Pictures division Hannah Minghella yang menghasilkan lebih kurang $800.000 pertahun, dibandingkan patner laki-laki nya di Columbia Pictures of production yang juga co-president Micheal De Luca. Para peretas juga mempublikasikan “detail gaji 30.000 karyawan lebih dari Deloitte, Auditing dan Professional services film yang berbasis di New York. Menurut laporan dari Fusion.

Mereka yang Dipecat

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Dokumen mengenai karyawan yang dipecat dan diberhentikan juga termasuk dalam peretasan ini. Dokumen tersebut berisi alasan mengapa mereka dipecat dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk pemecatan tersebut.

Hal Pribadi

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Peretasan ini tidak hanya menyebarkan informasi mengenai perusahaan saja, tapi juga Dokumen karyawan yang berisi password pribadi, nomor credit card, sejarah medis, dan bahkan, catatan diet brestfeeding seorang wanita juga ikut dicuri. 

Banyak Informasi Bocor

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Film yang seharusnya belum rilis di bioskop juga bocor ke internet, termasuk film remake “Annie”, yang Sony niat akan meluncurkan film tersebut pada Desember ini. Film lain yang juga bocor untuk sementara ini adalah “Fury”, “Still Alice,” “Mr. Turner,” dan “To Write Love On Her Arms.”

Romance Antar Karyawan Sony

9 Hal Menarik Setelah Diretasnya Website Sony Pictures
Dokumen mengenai Kasus hubungan percintaan dari seorang manajer dan bawahannya juga termasuk dalam peretasan ini. Dokumen ini juga menjelaskan mengenai Perjalanan bisnis antara Manajer dan karyawan.

Para Hackers mengatakan bahwa mereka belum mempublikasikan semua dokumen yang mereka curi, jadi kemungkinan masih ada ronde kedua kedepannya.

Tapi yah, sebaiknya ronde kedua tersebut ditiadakan, kasian karyawannya. Kalau perusahaan merugi bagaimana dengan nasib mereka kedepannya.

Comments

comments