Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur

By | January 22, 2019
Lapakfjbku.com – Semua orang pasti pernah merasakan tidur. Tapi terkadang banyak orang yang tidak menyadari bahwa saat tidur,kita tidak sepenuhnya tidak sadar. Sehingga otak dan anggota badan kita masih bisa melakukan kegiatannya. Akibatnya seringkali kita melakukan sesuatu yang tidak kita sadari saat kita tidur, atau kita sadar dan semua terasa nyata.

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur

Nah tulisan ini akan membahas kebiasaan saat kalian tidur baik yang kalian sadari ato tidak. Juga bonus penjelasan secara medisnya.

1. Mendengkur / Ngorok

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur


Kalo kalian laki, pasti ga asing lagi ama yang namanya ngorok atau mendengkur. laki emang lekat ama kebiasaan ini dan terdapat berbagai variasi dengkurannya. ada yang gede banget suaranya, kayak pake toa ato dengkurannya halus banget. Cuma ngorok tidak hanya berlaku sama laki-laki, cewek pun bisa ngorok. cuma terkadang kita jarang menyadari, klo kita suka mendengkur. biasanya sih kita tau kalo ngorok ya dari temen yang ada ato tidur bareng kalian.kalo saya sih hobi, cuma suaranya

Penjelasan Ilmiahnya:
Penyebab terjadinya dengkuran adalah karena adanya penyempitan saluran nafas yang mengakibatkan jaringan lunak pada langit-langit mulut di sekitar tenggorokan bergetar. Inget, klo kita mendengkur ada jeda nafas saat kita tidur. bahkan ada penelitian yang menerangkan pada saat kita mendengkur jantung kita dapat berhenti. ada juga penlitian yang menerangkan bahwa mendengkur dapat juga terkait dengan depresi.

2. Mimpi/ Dreaming/ Bunga Tidur

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur

Mimpi itu bagi ane ada dua, mimpi basah ama mimpi kering. klo mimpi basah adalah sebuah kenikmatan, cuma males mandinya. subuh-subuh mandi, brrrr dingin abis gan. kalau mimpi kering sih biasa aja, mimpi yang ane benci ntu saat ane mimpi buruk yang kerasa nyata banget, bangun-bangun ntu deg-degan abis.

Penjelasan Ilmiahnya:
Mimpi itu terjadi pada saat fase REM (Rapid Eye Movement) pada satu siklus tidur. biasanya mimpi terjadi sekitar 100 menit dalam tidur selama 8 jam. Namun kita hanya dapat mengingat mimpi 5% saja, sisanya lupa. Mimpi terjadi karena otak kita lebih aktif saat kita tidur, sehingga otak menciptakan gambarran berupa imajinasi tanpa ada peranan panca indra.
Contohnya kita ngimpi kimpoi ama idola kalian, akibatnya ya kalian tau sendiri lah. Sehat ga Mimpi itu? Saat bermimpi otak melakukan reorganisasi dalam memperbaiki mental. sehingg kalian akan terhindar dari stress dan pikiran kacau.

3. Mengeroti Gigi/ Sleep Bruxism

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur


Kalian pasti bingung mengeroti gigi ntu gimana? terkadang kalian kagak sadar. Saya pun baru tau setelah saya lihat temen saya pas tidur kok ada suara “Krooot! Krooot!”. Pertama kali saya ngira itu orang ngorok, tapi kok ngoroknya aneh banget. setelah ane browsing ane nemuin, bahwa itu adalah peristiwa dimana pas tidur temen saya mengadu gigi-giginya dengan kuat. dari kanan kekiri ato atas kebawah. karena saking kuatnya maka timbul suara itu.

Penjelasan Ilmiahnya:
Penyebab pasti dari bruxism ini belum diketahui, namun diduga ada kaitannya dengan pola makan dan kejiwaan (stress,kemarahan yang ditekan,kepribadian yang agresif dan kompetitif) dan kontak gigi-geligi atas dan dan bawah yang abnormal (maloklusi). Jenis makanan yang memicu bruksisme antara lain minuman yang mengandung kafein,alkohol dan juga tembakau yang merangsang adrenalin.
Namun yang bisa dipastikan bruxism ini bukan kelainan genetik atau keturunan. Dan kerja otot rahang di saat tidur ini bukanlah reflex (ini sering disalah kaprahi) namun termasuk ’kebiasaan’. Karena sifatnya kebiasaan, ada bruxer (pengidap bruksisme) yang juga mengerat-eratkan giginya pada saat dia tidak tertidur (diurnal).

4. Mengigau / Ngelindur

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur

Temen saya pernah curhat sambil tidur, curhatnya tentang cewek yang ditemuin di Warteg. Cakep abis soalnya, tapi dia kagak sadar, sehingga dia kena bullying.  Yang paling parah ada juga temen yang sleep walking buset dah untung dia kagak jatuh dari lante atas.
Nah saya udah cerita, kalian pasti pernah juga ngalami mengigau. entah kalian sadar ato tidak. soalnya 50% anak-anak dan 5 dewasa pernah mengigau. Mitosnya klo kita pegang jempolnya kita bisa masuk ngomong sama orang yang lagi ngigau.

Penjelasan Ilmiahnya:
Mengigau adalah proses vokalisasi saat tidur akibat emosi yang sangat kuat dalam alam pikiran bawah sadar seseorang. ketika kita mengigau kita belum masuk pada tahap tidur nyenyak, karena otak kita masih dalam proses penguraian memori kita sehari sebelum kita tidur. kalo susah diuraikan akibatnya kita akan mengigau, karena itu igauan dapat kita jadikan sebagai ungkapan terdalam dan jujur dari pelakunya.
Mengigau sehat ato tidak? selama mengigau tidak terjadi terus menerus maka masih dikatakan normal. namun jika terjadi terus menerus konsultasikan kepada dokter, karena mengingau terkait pada emosional seseorang. Nah Sleep Waklking merupakan perilaku igauan yang membahayakan.

5. Ngiler/ Sialorrhea

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur


Saya sih pernah klo ngiler, apalagi kos temen saya pernah jadi korban kebringasan saya. Secara kagak pernah nyangka klo saya bakalan ngiler. tapi seiring ane tumbuh dewasa kebiasaan ntu smakin berkurang. cuma klo udah capek abis olahraga ato abis naik gunung ya mau ga mau bantal saya udah ada pulaunya. Tapi kadang ane mikir aja, bau iler ntu kok amajing banget dan sensasional dah.

Penjelasan Ilmiah:
ngiler terjadi karena produksi air liur yg berlebihan. tapi sebenernya pas kita kagak tidur, air liur tetap berproduksi bahkan produksinya lebih banyak. cuma kita bisa menelan liur itu. waktu tidur, produksi air liur kita kira-kira 0.3 hingga 1 mL/1.7 m2/min. nah produksi air liur itu bakalan berkumpul di mulut kita, karena kagak kita telan. alhasil ketika mulut udah kepenuhan liur maka bocorlah pertahanan kita dan terbentuklah pulau baru di bantal, kasur ato dimanapun kita tidur.

6. Galer/ Nggucel/ Garuk -garuk

Hal Unik Yang Kalian Lakukan Ketika Tidur

Klo masalah ini para lelaki yang lebih tau. entah itu karena kebiasaan atau bisa karena emang ngimpinya begituan.
cuma belum nyari ilmiahnya kenapa kok bisa gitu, cuma menurut ane kita garuk-garuk karena alam bawah sadar kita merespon begitu, nah biasanya alam bawah sadar ntu tergantung ama kebiasaan (CMIIW). Alhasil ya kembali lagi ke kebiasaan kalian gimana, jangan-jangan bagian bawah agan kena jamur ato lg alergi ama sesuatu yang bikin gatal-gatal. :p

Comments

comments