Evolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa

Sony pada 1994 merilis sebuah konsol video game yang bernama Playstation yang langsung menjadi konsol yang sangat berpangaruh di dunia dan pada akhir 2020 nanti rencananya Sony akan merilis Playstation 5 atau yang menjadi generasi kelima dari konsol tersebut. Sejak Playstation pertama (PS1) diluncurkan, Sony juga sudah mendesain joystick yang mempunyai ciri khas dan berbeda dengan konsol yang lainnya. Di setiap generasinya, joystick Playstation juga mengalami perubahan dan peningkatan. Nah, berikut inu adalah evolusi joystick Playstation dari masa ke masa.

1.Playstation ControllerEvolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Stik Playstation generasi pertama dirilis bersamaan dengan PS1 pada 1994 dan stik ini bisa disebut sebagai stik PS1 klasik. Jika agan pernah bermain PS menggunakan stik jenis ini di jaman dulu, berarti agan termasuk gamer veteran. Stik ini memberikan inovasi baru di dunia gaming karena bentuknya yang enak untuk digenggam dan peletakan tombol yang pas. Tombol bertanda kotak, x, lingaran, dan segitiga menjadi ciri khas Playstation alih-alih menggunakan huruf seperti konsol game kebanyakan saat itu.

2. Dual AnalogEvolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Stik generasi kedua yang dirilis oleh Sony adalah Dual Analog Controller yang diluncurkan pada 1997. Perbedaan dengan generasi pertama adalah adalah adanya dua tombol analog sebagai pendukung tombol d pad untuk bisa digunakan dalam memainkan judul game tertentu. Selebihnya tetap sama terutama dalam ukuran, hanya saja memang terdapat dua analog.

3. DualShockEvolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Di tengah puncak kejayaan Playstation dan menjelang peluncuran Playstation 2, Sony merilis stik terbaru bernama DualShock. Yang membedakannya dengan Dual Analog adalah bentuknya yang lebih besar, permukaannya yang bertekstur karet, hingga tentunya terdapat teknologi berupa mekanisme akan bergetar sesuai dengan aksi di dalam game. Karena itulah kita dulu menamai stik ini dengan nama “stik getar”. Lagi-lagi itu adalah inovasi yang dilakukan Sony.

BACA JUGA :  10 Game Ini Akan Membuatmu Menangis

4. DualShock 2Evolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Inilah stik legendaris yang menemani para gamer menikmati kejayaan Playstation 2. DualShock 2 dirilis bersamaan dengan PS2, stik ini mengusung tema serupa dengan pendahulunya namun memiliki sejumlah perbedaan seperti konektor yang berbentuk persegi dan kontrol analog yang lebih sensitif karena di era ini hampir semua game dapat atau bahkan wajib menggunakan analog. Meski terdapat pilihan warna, namun yang paling sering dijumpai adalah warna hitam.

5. DualShock 3Evolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Awalnya Sony mengusung Sixaxis untuk PS3 pada 2006 namun pada 2007 DualShock 3 diluncurkan dan menjadi stik resmi untuk PS3. Ada perbedaan signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya seiring dengan berkembangnya teknologi. Yang paling mencolok adalah DualShock 3 memiliki teknologi wireless alias tanpa kabel sehingga harus menggunakan baterai dan bisa di charge ulang. Selain itu terdapat tombol reset di bagian tengah sehingga pemain tak perlu repot-repot jika ingin berganti judul game.

6. DualShock 4Evolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Seiring dengan peluncuran PS4 pada 2013, stiknya pun mengalami upgrade yang cukup signifikan dan bernama DualShock 4. Perubahannya antara lain dari bentuk yang jadi lebih enak untuk digenggam, tombol select dan start yang berubah menjadi tombol share dan option. Selain itu, juga terdapat tombol toucpad di bagian tengah. Tombol share ini cukup membantu pemain untuk membagikan videonya di sosial media seperti Youtube.

7. DualSenseEvolusi 7 Stik Playstation Dari Masa Ke Masa
Stik untuk PS5 ternyata bukan bernama DualShock 5 melainkan DualSense dan sudah terungkap baru-baru ini. Terdapat perubahan besar-besaran dari segi desain yang lebih ramping dan juga warna dominan putih dan hitam di bagian bawah. Terdapat pula michorophone bawaan yang membantu pemain untuk tak perlu repot-repot mencolok headset agar bisa mengobrol dengan pemain lain. DualSense akan menjadi stik resmi PS5 yang akan direncakan akan diluncurkan akhir 2020.

BACA JUGA :  10 Karakter Cowok Super Cool dan Keren di Video Game!

Comments

comments