4 Manfaat Shut Down Komputer

By | August 9, 2018

Lapakfjbku.com – Dalam dunia IT terdapat mitos yang cukup menyesatkan tentang mematikan komputer. Banyak yang beranggapan bila setiap komputer atau laptop dilarang dimatikan lewat ‘shut down’ setiap malam setelah dipakai seharian. Namun, mitos tersebut salah besar!

Rutin mematikan komputer atau laptop sejatinya mempunyai beberapa manfaat tersendiri yang baik untuk komputer, bahkan membuatnya dapat berumur panjang. Lalu, keuntungan apa saja yang bisa didapat dengan rutin melakukan shut-down pada komputer? Berikut ulasan tentang 4 Manfaat Shut Down Komputer yang perlu kamu ketahui. Simak baik – baik ya!

1. Sistem Lebih Jarang Bermasalah

Keuntungan pertama yang didapat oleh pengguna dengan rutin mematikan komputer adalah masalah temporer sistem dan program komputer. Sebagian besar komputer yang memang digunakan seharian penuh seperti komputer server atau warnet (warung internet) khusus game terbukti sering mengalami masalah sistem.

Meskipun masalah-masalah itu tidak terlalu serius, namun peningkatan frekuensi timbulnya masalah bisa membuat pengguna jengah. Nah, masalah-masalah itu biasanya akan teratasi setelah dilakukan reboot. Jika Anda ingin lebih dini mengantisipasi masalah-masalah sistem tersebut, lebih baik melakukan shut-down secara rutin. Bagi laptop sendiri akan lebih baik di-shut-down kurang dari 8 jam.

2. Hemat Listrik Dan Membuat Baterai Awet

Dengan mematikan komputer di malam hari dan tidak meninggalkannya untuk mengunduh film atau game semalaman penuh, Anda juga secara otomatis menghemat daya listrik atau baterai cukup tinggi.

Terlebih bila komputer Anda adalah komputer premium dengan spesifikasi tinggi. Komputer premium biasanya mengonsumsi energi baterai dan listrik yang lebih tinggi. Mematikan komputer di malam hari bisa menghindarkan Anda dari tunggakan listrik tinggi.

Selain itu, terus menggunakan laptop semalaman dengan charger yang terus terhubung sering kali dapat membuat baterai cepat ngedrop. Anda tentu tidak mau menganggarkan uang sampai Rp 1 juta untuk membeli baterai baru bukan?

3. Komputer Jauh Lebih Awet

Komponen hardware dari komputer dan laptop biasanya baru akan bermasalah setelah 3-5 tahun pemakaian. Namun, jarang mematikannya bisa mempersingkat umur karena terlalu sering digunakan dan ‘kepanasan’.

Oleh karena itu akan lebih baik rutin menshut-down komputer untuk menjamin komputer Anda berumur panjang. Di sisi lain, jangan melupakan pembersihan komponen CPU atau laptop dari debu yang menempel dan rutin mengupdate software agar beban kerja komputer tidak terus bertambah.

4. Terbebas Dari Polusi Suara

Bagi laptop yang dihidupkan semalaman mungkin suaranya tidak akan terlalu mengganggu telinga kita, namun lain halnya dengan komputer. Suara dari fan dan komponen lainnya dapat merusak jam tidur Anda. Apalagi, dalam beberapa kasus komputer dapat secara tidak sengaja mengeluarkan suara apabila terjadi masalah.

Jadi, sebaiknya Anda rajin mematikan komputer di malam hari agar tidak mendapat gangguan saat tengah tertidur lelap. Hal ini juga sangat disarankan bila Anda tinggal di kosan dan mempunyai teman sekamar. Bagaimana? 4 Manfaat Shut Down Komputer ini benar – benar membantu bukan?

Alternatifnya yang males shutdown, perlu tahu informasi dibawah ini ya

SLEEP itu buat komputer kalau mau ditinggal sebentar. Komputer akan mematikan layar, harddisk, dll yang ga perlu. Tapi daya masih dipakai soalnya memori (RAM) harus tetap hidup.

HIBERNATE itu buat komputer kalau mau ditinggal lama tapi masih ada pekerjaan yang belum selesai. Komputer akan menyalin data dari memori ke harddisk kemudian mematikan komputer. Copot baterai, cabut colokan setelah itu terserah (orang komputernya mati). Nanti saat dinyalakan kembali data di harddisk tersebut akan disalin kembali ke memori dan aplikasi bisa langsung lanjut dipakai.
Jadi disini kalian perlu adanya ruang bebas seukuran memori di harddisk (buat nyimpan data) serta ada kemungkinan suatu aplikasi tidak bisa melewati hibernasi (ane sih belum pernah nemuin, tapi secara teori bisa saja).

SHUTDOWN itu kalau pekerjaan sudah selesai. Komputer akan menutup aplikasi sama mematikan komputer. Lakukanlah shutdown soalnya kadang ada aplikasi yang ga bisa ilang dari memori meskipun sudah ditutup.
—–
– Normalnya, kalau laptop kalian sleep, lama-lama juga akan hibernate otomatis.
– Hibernate akan lama kalau RAM kalaian besar, akan cepat kalau harddisk/SSD ente cepat

Comments

comments