Tips dan Biaya Liburan Ala Backpacker ke Singapura Di 2024

Singapura adalah destinasi impian bagi banyak orang. Selain biaya yang terjangkau dengan kemajuan dan keragaman budayanya, tak heran jika banyak orang Indonesia memilih pergi ke Singapura sebagai tujuan liburan ala backpacker. Selain itu, Singapura juga terkenal karena dekatnya jarak dari Indonesia, yang membuatnya menjadi pilihan favorit.

Tapi, perlu diingat, Singapura juga dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup yang tinggi. Namun, jangan khawatir! Dalam panduan lapakfjbku.com ini, kami akan membahas cara berlibur ke Singapura dengan gaya backpacker, yang artinya Anda bisa menikmati liburan tanpa harus menguras kantong.

Menyiapkan Pakaian yang Tepat

Langkah pertama dalam perjalanan Anda adalah menyiapkan pakaian yang sesuai dengan cuaca di Singapura. Negara ini memiliki iklim tropis, yang berarti cuacanya panas dan lembap sepanjang tahun. Pilihlah pakaian yang ringan, nyaman, dan bisa menyerap keringat dengan baik.

Selain itu, pastikan untuk membawa payung atau jas hujan ringan jika Anda mengunjungi Singapura selama musim hujan. Hujan di Singapura biasanya singkat tapi deras, jadi lebih baik Anda siap sedia.

Rencanakan Destinasi Anda

Singapura memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan, dan sebagian besar di antaranya gratis. Sebagai backpacker cerdas, rencanakan perjalanan Anda dengan baik. Buatlah daftar destinasi yang ingin Anda kunjungi dan kelompokkan mereka berdasarkan lokasi geografis.

BACA JUGA :  3 Tempat Paling Angker di Bali Dan Sekitarnya

Misalnya, jika Anda ingin mengunjungi Orchard Road, Merlion Park, dan Gardens by the Bay, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi semua tempat tersebut dalam satu hari, karena semuanya berada di sekitar area yang sama.

Pilih Akomodasi yang Tepat Selama Liburan Ala Backpacker ke Singapura

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang di Singapura adalah dengan memilih akomodasi yang terjangkau. Hostel adalah pilihan yang baik bagi para backpacker. Mereka biasanya lebih murah daripada hotel, meskipun fasilitasnya mungkin terbatas.

Jika Anda mencari kenyamanan ekstra, Anda juga bisa mencari penawaran di hotel-hotel budget. Selain itu, Anda dapat mencoba opsi berbagi akomodasi seperti Airbnb.

Siapkan Kartu SIM Lokal

Akses internet adalah hal penting saat bepergian, terutama untuk mencari informasi tentang tempat wisata dan transportasi. Anda bisa membeli SIM Card lokal yang berlaku selama 7 hari dengan harga yang terjangkau di bandara atau pusat perbelanjaan.

Dengan SIM Card lokal, Anda bisa tetap terhubung tanpa harus khawatir tentang roaming internasional yang mahal. Singapura memiliki jaringan 4G yang sangat baik, sehingga Anda bisa tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman di rumah.

Jelajahi dengan MRT dan Berjalan Kaki Adalah Tips Hemat Liburan Ala Backpacker ke Singapura

Singapura memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik, terutama Mass Rapid Transit (MRT). MRT adalah cara yang efisien dan ekonomis untuk menjelajahi kota ini. Anda bisa membeli kartu ez-link yang dapat diisi ulang dan digunakan untuk naik MRT dan bus.

Selain MRT, berjalan kaki juga merupakan cara yang bagus untuk menjelajahi Singapura. Banyak tempat wisata terletak cukup dekat satu sama lain, dan berjalan kaki bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selain itu, Anda bisa lebih dekat dengan budaya dan kehidupan sehari-hari penduduk setempat.

Berapa Estimasi Biaya Liburan Ala Backpacker ke Singapura?

Berapa Estimasi Biaya Liburan Ala Backpacker ke Singapura?

Setelah Anda mengetahui tips-tips di atas, sekarang saatnya untuk merencanakan anggaran liburan Anda. Berikut adalah estimasi biaya liburan backpacker ke Singapura:

BACA JUGA :  Pantai Di Bali Terbaik Ini Wajib Kamu Kunjungi!

1. Makanan

Untuk biaya makan, Anda dapat menghabiskan sekitar 15-20 SGD per makanan atau sekitar Rp 172.000-Rp 230.000. Harga makanan di Singapura stabil dan tidak terlalu berubah, jadi Anda dapat menganggarkan sekitar 45-60 SGD atau sekitar Rp 514.000-Rp 684.000 untuk tiga kali makan dalam sehari.

2. Transportasi

Biaya transportasi umum di Singapura cukup terjangkau. Tarif MRT rata-rata sekitar 1,5 SGD-2 SGD per perjalanan. Jika Anda menghabiskan sekitar 10 SGD per hari untuk transportasi, itu akan menjadi sekitar Rp 115.500.

3. SIM Card Lokal

Membeli SIM Card lokal dengan masa berlaku 7 hari akan menghabiskan sekitar 12 SGD atau Rp 140.000. Ini adalah investasi penting untuk tetap terhubung selama liburan Anda.

4. Penginapan

Jika Anda memilih untuk menginap di hostel, Anda bisa menghemat banyak uang. Rata-rata harga hostel di Singapura adalah sekitar 44 SGD untuk 2 malam, atau sekitar Rp 500.000.

5. Tiket Pesawat

Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Singapura bervariasi, tetapi Anda dapat menemukan tiket dengan harga sekitar Rp 800.000-an untuk sekali jalan jika Anda memesan dengan cukup awal.

6. Tiket Tempat Wisata

Meskipun banyak tempat wisata di Singapura gratis, cobalah untuk menganggarkan satu tempat wisata berbayar, seperti Universal Studios, dengan harga tiket sekitar Rp 600.000-an.

7. Belanja Oleh-oleh

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman, Anda dapat membeli kaos dengan harga sekitar 10 SGD atau sekitar Rp 115.500 untuk tiga buahnya.

Dengan menghitung semua biaya di atas, estimasi total biaya liburan backpacker ke Singapura adalah sekitar Rp 3.800.000 atau sekitar 330 SGD. Tentu saja, angka ini dapat bervariasi tergantung pada preferensi Anda dan berapa lama Anda ingin tinggal di Singapura.

Itinerary Liburan Ke Singapura Ala Backpacker 4 Hari 3 Malam

Itinerary Liburan Ke Singapura Ala Backpacker 4 Hari 3 Malam

Berikut ini adalah contoh itinerary untuk liburan ke Singapura selama 4 hari 3 malam. Dalam rencana ini, Anda akan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal, menikmati kuliner lokal, dan merasakan kehidupan malam yang berwarna di Singapura.

BACA JUGA :  7 Motivasi Unik Mendaki Gunung, Kamu Yang Mana?

Hari 1: Eksplorasi Awal di Singapura

Pagi:

  • Tiba di Bandara Internasional Changi Singapura.
  • Periksa ke hotel atau hostel Anda untuk meletakkan barang-barang Anda.

Siang:

  • Kunjungi Sentosa Island, pulau hiburan yang penuh dengan atraksi menarik.
  • Nikmati Universal Studios Singapore dan bermain di wahana-wahana yang seru.

Malam:

  • Kembali ke pusat kota Singapura dan nikmati makan malam di salah satu restoran lokal.
  • Jalan-jalan di Clarke Quay dan nikmati pemandangan malam yang indah.

Hari 2: Eksplorasi Budaya dan Sejarah

Pagi:

  • Kunjungi Chinatown dan nikmati sarapan di salah satu kedai kopi tradisional.
  • Jelajahi Chinatown Heritage Centre dan pelajari sejarah komunitas Tionghoa di Singapura.

Siang:

  • Kunjungi Masjid Sultan dan sekitarnya untuk menjelajahi budaya Islam Singapura.
  • Makan siang di area Arab Street yang penuh dengan restoran dan toko-toko.

Malam:

  • Mengunjungi Gardens by the Bay dan menikmati pertunjukan cahaya “Garden Rhapsody”.
  • Makan malam di Supertree Dining, yang menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Hari 3: Belanja dan Rekreasi

Pagi:

  • Kunjungi Orchard Road, surga perbelanjaan di Singapura. Jelajahi berbagai mal dan butik.
  • Nikmati makan siang di salah satu restoran mewah di sekitar Orchard Road.

Siang:

  • Kunjungi Singapore Botanic Gardens, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.
  • Berjalan-jalan di sekitar Little India dan cicipi makanan India yang lezat.

Malam:

  • Berkendara dengan Singapore Flyer, roda observasi tertinggi di dunia.
  • Nikmati makan malam di salah satu restoran pinggir pantai di East Coast Park.

Hari 4: Hari Terakhir Liburan Ala Backpacker ke Singapura

Pagi:

  • Kunjungi Marina Bay Sands SkyPark untuk melihat pemandangan panorama kota dari ketinggian.
  • Jelajahi National Museum of Singapore dan pelajari sejarah negara ini.

Siang:

  • Makan siang di Maxwell Food Centre dan cicipi makanan hawker Singapura yang terkenal.
  • Terakhir, belanja oleh-oleh di Bugis Street atau Mustafa Centre.

Malam:

  • Kembali ke hotel untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk keberangkatan.

Selain itinerary ini, jangan lupa untuk menyesuaikan rencana perjalanan Anda dengan minat dan preferensi pribadi Anda. Singapura memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan, jadi pastikan Anda merencanakan liburan yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat liburan!

Kesimpulan: Ada Banyak Tips Hemat Liburan Ala Backpacker ke Singapura

Singapura adalah destinasi yang fantastis untuk liburan, dan dengan perencanaan yang baik, Anda dapat menikmati segala yang ditawarkan tanpa harus menguras kantong. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menganggarkan dengan bijak, Anda bisa merencanakan liburan backpacker yang tak terlupakan ke Singapura. Selamat berlibur!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com