3 Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Biar Gak Malu-Maluin

Cara mematikan bunyi token listrik ini bisa jadi adalah jawaban ataupun solusi bagi Anda yang kurang suka dengan bunyinya yang mengganggu. Apalagi bunyi token listrik yang nyaring. Sebenarnya bunyi token listrik menjadi tanda kalau token listrik akan segera habis. Tetapi bunyi nyaring tersebut juga bisa menjadi tanda kalau terdapat masalah teknis tertentu pada alat meter prabayar yang ada di rumah.

Ternyata ada beberapa cara untuk mematikan bunyi token listrik yang mengganggu ini loh, apalagi kalau terjadi di malam hari karena bisa saja juga mengganggu tetangga sekitar. Artikel ini akan memberikan beberapa caranya:

1. Cara Mematikan Bunyi Token Listrik dengan Isi Token

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik dengan Isi Token
Cara pertama adalah dengan mengisi token listrik.

Langkah pertama untuk mematikan bunyi token listrik adalah dengan melakukan pengisian token. Cara ini sangat efektif karena selain bunyi yang mengganggu hilang, juga resiko listrik padam karena token habis bisa dihindari.

Untuk pengisian token sendiri bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tetapi PLN telah mempunyai peraturan terkait hal ini, di mana setiap pelanggan hanya diperbolehkan mengisi daya sebesar 720 jam per bulan sesuai jatah daya listrik.

Semisal, rumah memiliki daya listrik sebesar 900 kWH. Kalikan 900 dengan 1000 dan mendapatkan hasil 0,9. Lalu kalikan 0,9 dengan 720 jam untuk mengetahui kebutuhan kWH per bulan. Hasilnya adalah 648 kWH.

Kalikan 648 dengan Rp 586 untuk mengetahui tarif bulanan, dan hasilnya adalah Rp 376.728 per bulan. Artinya, itulah tarif bulanan yang dikeluarkan satu bulan untuk listrik. Namun, untuk batas minimal pembelian token listrik sendiri sekitar Rp 20 ribu.

BACA JUGA :  5 Contoh Surat Permohonan, Disertai Penjelasan Fungsi, Jenis, dan Formatnya

Cara mematikan bunyi meteran listrik prabayar bisa jadi tidak akan berhasil apabila ternyata masalahnya pada alat meter prabayar (MPB).

2. Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Gunakan Angka 812

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Gunakan Angka 812
Cara mematikan bunyi meteran listrik prabayar dengan angka 812.

Cara selanjutnya untuk mematikan bunyi token listrik adalah menggunakan angka 812. Masukkan angka 812 pada alat meter prabayar, lalu tekan enter. Dengan begitu, bunyi nyaring yang mengganggu akan berhenti berbunyi.

Sayangnya, tidak semua hasil dari tiap merek meteran sama. Pada meteran dengan merek Itron, cara ini bisa menghentikan bunyi token listrik selama 10 menit. Sementara pada merk Hexing, cara ini dapat membuat alarm berhenti selama 20 menit sampai 1 jam.

Tips Lapakfjbku.com

Instalasi listrik dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kegunaannya. Ini bertujuan untuk mempermudah perbaikan saat terjadi gangguan pada instalasi listrik di rumah.

3. Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Gunakan Kode 456

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Gunakan Kode 456
Cara mematikan bunyi alarm listrik dengan kode 456.

Cara terakhir untuk mematikan bunyi token listrik yakni dengan memasukkan kode 456 yang diikuti oleh angka minimal kuota listrik yang diinginkan. Dalam hal ini, PLN sendiri telah menetapkan standar minimal 20 kWH untuk batas kuota listrik rumah.

Ubah standar minimal listrik yang awalnya 20 kWH itu menjadi 10 kWH. Caranya dengan menekan sembarang nomor, lalu masukkan kode 456 diikuti angka 10. Dengan begitu, bunyi token listrik hanya akan berbunyi ketika daya telah mencapai batas minimal tersebut.

Apa Penyebab Meteran Listrik Prabayar Berbunyi?


Ini penyebab bunyi token listrik.

Bunyi token listrik sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari stok listrik menipis, batas kuota listrik di bawah 20 kWH, dan terjadi eror pada alat meter prabayar. Jika stok listrik menipis, Anda bisa mengatasinya seperti tig acara di atas. Tetapi jika permasalahan yang terjadi adalah terjadi eror pada alat meter prabayar, maka Anda harus melapor ke kantor PLN.

BACA JUGA :  Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Untuk Perusahaan Jasa Dan Dagang

Cara melapornya pun cukup dengan menghubungi nomor layanan 123 yang didahului dengan kode area. Semisal berada di Jakarta, artinya menggunakan kode 021 yang diikuti dengan angka 123. Setelah terhubung, baru laporkan kondisi meteran listrik dan ceritakan kronologi sebelum terjadinya error.

Biasanya, kantor PLN akan memberikan solusi yang terjadi pada alat meter prabayar yang ada. Contohnya, apabila saat error muncul kode ERR-03 pada meteran listrik, ini menandakan adanya masalah pada jumper positif alat meter prabayar. Solusinya adalah dengan melepas jumper dan memasangnya kembali.

Hindari mengotak-atik alat meter prabayar sendiri jika terjadi masalah. Sebaiknya, segera hubungi pihak PLN supaya mendapatkan solusi yang tepat dan sesuai.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com