Token Listrik Gagal Terisi, Pakai Cara Ini Untuk Atasi!

Token listrik gagal terisi adalah masalah yang kadang dialami pelanggan listrik prabayar. Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal.

Untuk mengetahui cara menyiasati token listrik yang gagal terisi, penyebab token listrik gagal terisi, serta cara beli token listrik yang murah, simak artikel berikut yang akan membahas hal tersebut.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus
Beli token listrik PLN sesuai dengan jumlah yangdibutuhkan.

Kegagalan dalam mengisi token listrik masih sering kali jumpai, khususnya dialami oleh para pelanggan baru. Nah, biar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menyimak terus ulasan tentang cara mengatasi token listrik yang gagal diisi di bawah ini.

Kegagalan dalam mengisi token listrik masih sering kali jumpai, khususnya dialami oleh para pelanggan baru. Nah, biar hal ini tidak terjadi, Anda bisa menyimak ulasan tentang 5 cara mengatasi token listrik yang gagal diisi di bawah ini.

Token listrik gagal terisi memang menyebalkan, apalagi jika terjadinya di malam hari, tentunya bikin tidak nyaman. Nah bagi Anda yang sedang cari rumah di lingkungan yang nyaman di Serpong? Cek pilihan rumahnya di sini!

1. Cek Ulang Nomor Token

Cara mengatasi token listrik gagal terus, Anda dapat mengecek nomor token terlebih dulu.
Anda dapat mengecek nomor token terlebih dulu.

Cara mengatasi token listrik yang gagal terisi yang paling mudah adalah dengan mengecek kembali nomor token Anda. Sebab, kesalahan umum yang sering terjadi yang bisa mengakibatkan gagal isi ulang adalah salah input nomor token. Dua puluh digit nomor token memang bukan hal yang mudah untuk diinput.

BACA JUGA :  14 Ide Bingkai Foto Unik Mudah dan Gampang Bikin Sendiri

Oleh karena itu, Anda harus memastikan nomor yang diinput telah benar-benar sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari gagal isi atau bahkan risiko MPB terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut.

2. Periksa Limit kWh


PLN telah mengatur batas maksimum kWh.

Cara mengatasi token listrik yang gagal terisi selanjutnya, Anda dapat mengecek limit kWh token yang Anda miliki. Pada saat pemasangan MPB, PLN telah mengatur batas maksimum kWh per bulannya.

Jika MPB-nya telah mencapai batas maksimum yang telah ditentukan, input token listrik pun akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui limit kWh kepada petugas PLN agar situasi ini bisa dihindari.

3. Cek Jaringan Server PLN


PLN kerap melakukan pemeliharaan sistem.

Selain dua penyebab di atas, kondisi jaringan server PLN yang mengalami gangguan juga bisa menyebabkan gagal isi token listrik. Gangguan ini bisa disebabkan koneksi yang tidak stabil atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem oleh PLN.

Saat situasi ini terjadi, Anda hanya bisa menunggu sampai jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan. Dan saat ingin mengisi token listrik, pastikan terlebih dahulu jaringan server ini dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan.

Normalnya, PLN akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu jika server sedang ada gangguan atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem.

4. Perhatikan Kondisi Instalasi Listrik


Instalasi listrik harus terpasang dengan baik dan benar.

Kondisi instalasi listrik juga perlu diperhatikan saat ingin mengisi token listrik. Instalasi listrik yang kurang baik atau ada gangguan bisa membuat gagal isi ulang. Jangan memaksakan menginput kode token saat situasi ini terjadi karena bisa menyebabkan korsleting listrik.

Tips Lapakfjbku.com

Perhatikan kondisi MPB, jika terdapat pesan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin MPB dalam kondisi rusak dan tidak bisa diisi dengan kode token.

5. Hubungi CS PLN


Petugas PLN akan menangani keluhan Anda.

Jika cara di atas telah dilakukan dan token tetap gagal terisi, segera hubungi customer service PLN melalui nomor 123. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi saluran lainnya melalui media sosial resmi PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile. Hindari risiko kerusakan lebih jauh untuk menghindari korsleting listrik.

BACA JUGA :  12 Tips Mengurangi Emisi Karbon

Penyebab Token Listrik Gagal Terisi


Ada beberapa penyebab token listrik gagal terisi.

Dalam hal pelanggan tidak bisa melakukan pengisian token yang sudah dibeli.

Seperti dilansir dari kompas.com, kemungkinannya sebagai berikut:

  • Kesalahan dalam meng-input digit token meter prabayar
  • Jika dalam layar kWh meter muncul tulisan “periksa” hal ini bisa dikarenakan kesalahan teknis instalasi
  • Sedang dalam periode update/pembaharuan sistem meter prabayar. Fungsinya adalah untuk tetap menjaga performa kWh meter pelanggn agar tetap berfungsi dengan baik
  • Ada permohonan pelanggan yang belum terselesaikan, seperti Perubahan Daya. Sehingga perlu diselesaikan dulu proses permohonannya.

Jalan keluarnya membuat pengaduan melalui PLN Mobile, contact center 123, atau menghubungi kantor PLN terdekat.

Cara Beli Token Listrik yang Mudah


Mengisi token listrik bisa lewat online dan offline.

Untuk membeli token listrik, Anda harus mengetahui nomor ID pelanggan atau dikenal juga sebagai nomor meter. Nomor ini terdiri dari 11 digit angka yang tertera dalam mesin meteran listrik di rumah. Jika sudah mencatatnya, berikut ini cara beli token listrik prabayar melalui online dan offline.

1. Cara Online

Seperti membeli pulsa, Anda juga sudah bisa membeli token listrik melalui aplikasi toko online atau perbankan. Pilih salah satu aplikasi dari smartphone untuk melakukan pembelian token listrik dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Pilih menu pembelian token atau tagihan melalui aplikasi
  • Masukkan 11 digit nomor meter/ID pelanggan dengan benar
  • Pilih nominal token listrik yang dibutuhkan
  • Periksa nama pelanggan yang tertera pada halaman konfirmasi sudah benar
  • Pilih metode pembayaran dan lanjutkan prosesnya hingga muncul invoice transaksi
  • Simpan 20 digit nomor token listrik untuk dimasukkan ke dalam meteran
  • Pengguna juga bisa memeriksa halaman riwayat transaksi untuk mengecek nomor token
BACA JUGA :  11 Hal Ini Dimiliki Orang Sukses. Mau Tahu?

2. Cara Offline

Anda juga bisa datang langsung ke konter pembelian token listrik. Tidak seperti membayar tagihan listrik ke loket, token listrik bisa dibeli di minimarket atau agen pembelian seperti Mitra Bukalapak dengan cara berikut ini.

  • Siapkan nomor ID pelanggan/nomor meter yang akan dibeli tokennya
  • Pergi ke agen pembelian token listrik terdekat dan sebutkan nomor meternya
  • Minta agen untuk konfirmasi nama pelanggan, lalu pilih nominal token yang dibutuhkan
  • Lakukan pembayaran kepada agen pembelian token listrik
  • Catat 20 digit nomor token untuk dimasukkan ke meteran listrik di rumah

Itulah beberapa cara mengatasi pengisian token listrik yang gagal, penyebab, serta cara mengisi token listrik secara online dan offline.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com