Manfaat Soda Api, Cara Menggunakan, dan Harga Di 2024

Dengan sifatnya yang cukup berbahaya, maka sebelum membeli sebaiknya Anda meneliti baik-baik cara penggunaan dan manfaat soda api atau sodium hidroksida seperti yang akan diulas pada artikel kali ini.

Apa Itu Soda Api Atau Sodium Hidroksida?

Soda api seringkali disebut dengan sodium hidroksida, soda kaustik atau alkali. Bahan ini umumnya digunakan dalam zat pembersih dan sabun.

Pada suhu kamar, natrium hidroksida berupa padatan putih tidak berbau, sedangkan yang cair tidak berwarna dan tidak berbau.

Senyawa NaOH dapat bereaksi dengan uap air dari udara dan dapat menghasilkan panas saat larut.

Panas ini cukup untuk menyebabkan kebakaran jika berada di dekat bahan yang mudah terbakar.

Oleh karena itu dengan sifatnya yang korosif, seperti dikutip dari Tennessee Government, sodium hidroksida berguna karena kemampuannya mengubah lemak.

Sehingga banyak digunakan untuk membuat sabun dan sebagai bahan utama dalam produk rumah tangga seperti pembersih saluran cair.

Tak hanya sebagai bahan pembersih, sekitar 56 persen natrium hidroksida yang diproduksi juga digunakan oleh industri.

Diantaranya dengan 25 persen digunakan di industri kertas.

Beberapa manfaat lain senyawa ini adalah sebagai bahan bakar, daur ulang kertas, pengolahan bijih aluminium, pelapisan oksida, pengolahan kain katun, pengawetan, pereda nyeri, antikoagulan untuk mencegah penggumpalan darah, obat penurun kolesterol, dan pengolahan air.

Di sisi lain, terdapat juga efek berbahaya dari natrium hidroksida jika Anda terkena kontak langsung dengan cairan ini.

Kontak dengan natrium hidroksida yang berkonsentrasi sangat tinggi dapat menyebabkan luka bakar parah pada mata, kulit, sistem pencernaan atau paru-paru, mengakibatkan kerusakan permanen atau kematian.

Sedangkan kontak dengan kulit dalam waktu lama atau berulang dapat menyebabkan dermatitis.

Tak hanya itu, menghirup uap natrium hidroksida berulang kali dapat menyebabkan kerusakan paru-paru permanen.

Mengenal Soda Api Lebih Dalam

Nama umumnya berasal dari senyawa kimianya sebagai natrium hidrat yang memiliki sifat kaustik atau korosif. Sumber: Tradeasia International
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, soda api merupakan nama lain dari natrium hidroksida (NaOH), yang juga dikenal sebagai alkali.

BACA JUGA :  7 Keunikan Menonton Layar Tancap di Kampung

Melansir situs Thought Co, namanya berasal dari senyawa kimianya sebagai natrium hidrat yang memiliki sifat kaustik atau korosif.

Bentuknya pun beragam, tetapi yang paling alami adalah padatan putih seperti lilin. Sifatnya mudah menyerap air dan membentuk larutan air.

Bahan ini biasa digunakan untuk membuat sabun, membuat lilin, pembuatan biodiesel, kaca frosting, membuat beberapa makanan, serta untuk percobaan kimia.

Jadi, kemungkinan besar Anda bisa membelinya di toko-toko pemasok bahan kimia, toko pembuatan sabun, toko pembuatan lilin, hingga toko pemasok biodiesel.

Nah, sebelum membelinya Anda harus memastikan produk tersebut 100 persen mengandung natrium hidroksida, alkali, atau sodium hidroksida.

Terutama, hal ini sangat penting jika Anda membuat makanan, karena produk yang tidak murni dapat mengandung kontaminan yang berbahaya.

Tak heran saat membeli soda api, beberapa toko akan meminta Anda menandatangani pernyataan bahwa tidak akan menggunakannya untuk aktivitas ilegal.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bijaksana juga dalam penggunaannya.

Itu sebabnya, sifat soda api yang kuat mampu menghancurkan kotoran membandel yang mengendap lama di kamar mandi.

Mau punya rumah di Bekasi yang lingkungannya aman, nyaman, dan juga bersih dengan harga di bawah Rp500 jutaan? Cek pilihan rumahnya di sini!

Apa Manfaat Soda Api?

Zat dalam soda api bisa digunakan untuk membuat berbagai produk sehari-hari seperti kertas. Sumber: The Spruce
Natrium hidroksida bisa dikatakan merupakan senyawa kimia yang sangat serbaguna.

Berdasarkan keterangan Chemical Safety Facts, kandungan zatnya bisa bisa digunakan untuk membuat berbagai produk sehari-hari, seperti kertas, aluminium, pembersih saluran toilet, komersial, serta sabun dan deterjen.

Akan tetapi karena sifat korosifnya yang kuat, jumlah natrium hidroksida dalam bentuk padat atau larutan dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata.

Oleh karena itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk Zat Beracun dan Pendaftaran Penyakit di Amerika Serikat (AS) mewajibkan setiap pekerja di fasilitas tempat pembuatan atau penggunaan natrium hidroksida untuk mengikuti instruksi keselamatan produk.

Selain itu, Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja AS juga telah menetapkan pedoman dan batas paparan yang diizinkan untuk pekerja di industri dan fasilitas tempat zat natrium hidroksida digunakan.

Tak hanya itu, Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja di negeri Paman Sam tersebut memberikan informasi keselamatan umum tentang pengangkutan natrium hidroksida, termasuk panduan tentang pengemasan dan penyimpanan, tumpahan, pembuangan, serta pengemasan dan pelabelan untuk pekerja.

BACA JUGA :  Aksi Spionase Dilakukan Secara Spontan!

Bahkan Badan Pengawas Makanan dan Obat di AS mengizinkan natrium hidroksida sebagai aditif makanan pada tingkat yang lebih rendah dari 1 persen.

Berikut lima manfaat soda api untuk penggunaan sehari-hari yang aman.

1. Melancarkan Saluran yang Mampet

Sodium hidroksida digunakan untuk pembuatan sabun dan berbagai deterjen yang digunakan di rumah dan aplikasi komersial.

Pemutih klorin diproduksi dengan menggabungkan klorin dan natrium hidroksida.

Termasuk pembersih saluran yang mengandung natrium hidroksida mengubah lemak yang dapat menyumbat pipa menjadi sabun, yang larut dalam air.

2. Menghilangkan Noda Karat pada Benda

Sebagai alkali kuat, natrium menyerang dan melarutkan logam-logam seperti timah, aluminium seng, bahkan pelapisan kromium dan tembaga.

Reaksi dengan logam tersebut melepaskan gas hidrogen.

Namun Natrium hidroksida tidak akan bereaksi dengan besi atau baja, sehingga kondisi basa tidak memungkinkan karat tumbuh.

3. Merontokkan Cat Pada Permukaan Dinding, Kendaraan, atau Furnitur

Soda api juga biasa digunakan untuk memurnikan bahan mentah untuk produk kayu seperti lemari dan furnitur serta dalam pemutihan dan pembersihan kayu.

Senyawa natrium hidroksida digunakan dalam banyak proses industri dan manufaktur lainnya.

Ini digunakan untuk memproduksi rayon, spandex, bahan peledak, resin epoksi, cat, kaca dan keramik.

Bahkan juga bisa digunakan dalam industri tekstil untuk membuat pewarna, mengolah kain katun dan dalam pencucian dan pemutihan.

4. Membersihkan Kerak Pada Perabotan

Soda api adalah bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan sabun.

Ketika larutan air soda kaustik bersentuhan dengan lemak atau minyak hewani atau nabati, hasilnya adalah sabun dan gliserol. Proses tersebut disebut saponifikasi.

Jadi saat Anda menggunakan natrium hidroksida, Anda melarutkan lemak dan mengubahnya menjadi produk yang larut dalam air.

Hal ini yang menyebabkan kerak-kerak pada perabotan bisa rontok dan hilang saat menggunakan soda air untuk membersihkannya.

5. Membersihkan Dinding Kamar Mandi

Soda api termasuk alkali dengan pH sangat tinggi yang biasanya digunakan dalam kisaran konsentrasi 0,5 persen -2,0 persen.

Konsentrasi setinggi 4 persen dapat digunakan untuk permukaan yang sangat kotor.

Selain itu juga biasanya digunakan sebagai bahan deterjen utama. Sifatnya melembutkan lemak, membuatnya lebih mudah dihilangkan. Formulasi tanpa busa dapat meningkatkan efisiensinya.

BACA JUGA :  7 Fakta Mudik Unik Di Kalangan Mahasiswa

Bagaimana Cara Menggunakan Soda Api Yang Benar?

Saat menggunakan soda api Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan kedap air dan pelindung mata atau wajah yang sesuai. Sumber: Sensible Digs

Saat menggunakan soda api, Anda harus membukanya dengan sangat hati-hati.

Anda juga disarankan untuk menggunakan sarung tangan kedap air dan pelindung mata atau wajah yang sesuai.

Ingatlah untuk selalu melarutkan butiran soda api secara menyeluruh sebelum digunakan.

Dalam hal ini, gunakan air dingin karena proses pencampuran menghasilkan panas.

Selalu tambahkan soda api ke dalam air, bukan sebaliknya air ke soda api.

Setelah itu, gunakan ember plastik dan aduk perlahan dengan sendok atau tongkat kayu.

Setelah selesai digunakan, bilas peralatan dan area yang dibersihkan.

Jangan pernah membuang soda api yang belum larut langsung ke saluran pembuangan serta jangan gunakan pada permukaan galvanis, seng, aluminium atau akrilik.

Tips Lapakfjbku.com

Natrium hidroksida merupakan senyawa kimia yang sangat serbaguna. Manfaat soda api untuk aktivitas bersih-bersih rumah adalah yang paling umum diketahui banyak orang. Masyarakat memanfaatkan soda api untuk mengatasi wc yang mampet, noda karat pada besi, menghilangkan noda membandel di dinding kamar mandi, maupun untuk membersihkan kerak pada perabot dapur.

Secara spesifik, berikut ini penjelasan lebih rinci tentang penggunaan soda api sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan:

Membersihkan saluran toilet dengan soda api atau sodium hidroksida

Anda bisa menambahkan 250 gram soda api secara bertahap ke dalam 3 liter air dingin dan aduk perlahan.

Larutannya akan memanas. Setelah itu tuang segera ke saluran pembuangan. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air mendidih.

Ulangi proses jika perlu. Perawatan teratur dengan campuran 250g soda api hingga 6 liter air akan mencegah penyumbatan lebih lanjut.

Tambahkan 1-2 sendok makan soda api per 5 liter air. Gosok area yang kotor dengan larutan, lalu cuci bersih dengan air.

Tambahkan soda api sebanyak 250 gram ke dalam 1 liter air dingin.

Kemudian aplikasikan dengan hati-hati menggunakan kuas cat. Saat cat mulai melepuh, kikis dan bilas hingga bersih.

Berapa Harga Soda Api Terbaru Di 2024?

Natrium hidroksida biasanya dijual dalam bentuk murni sebagai pelet putih atau sebagai larutan dalam air. Sumber: WaystoCap

Natrium hidroksida biasanya dijual dalam bentuk murni sebagai pelet putih atau sebagai larutan dalam air.

Berikut ini rentang harga yang dapat Anda jadikan referensi ketika membelinya.

Soda api micropearl
Rp26.000
Soda Api Cap Bintang
Rp16.000
Soda Api Flake
Rp15.000
Soda Api Cair
Rp15.000

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com