10 Universitas di Malang Unggulan yang Paling Kondang Di 2024

Malang, kota kedua terbesar di Jawa Timur ini memiliki banyak faktor yang menjadikannya sangat cocok sebagai tempat untuk belajar dan menimba ilmu. Ya, Malang memang terkenal sebagai kota pendidikan. Beberapa universitas perguruan tinggi terbaik berada di kota Malang.

Dengan luas 145,28 kilometer persegi, Kota Malang masih belum terlalu padat dibanding kota terbesar pertama di Jawa Timur, yaitu Surabaya. Karena itu Malang jauh dari hiruk pikuk kota besar dan masih sangat nyaman untuk ditempati. Jarang terjadi kemacetan yang panjang atau lama di Malang.

Ketenangan itulah yang menjadikan Malang sebagai kota yang ideal untuk belajar. Apalagi Malang berada di dataran tinggi, sehingga hawa di Kota Malang termasuk sejuk, suhu minimun di kota ini bisa mencapai 16,50 Celcius. Di kota inipun kesenian berkembang cukup pesat.

Berkat segala ciri khas tersebut Malang memang sangat ideal untuk dihuni para mahasiswa. Terbukti ada sekitar 60 perguruan tinggi yang berdiri di Malang. Dengan jumlah mahasiswa sekitar 247 ribu.

Di antara ke-60 perguruan tinggi tersebut inilah 10 universitas yang mendapat predikat terbaik atau berkualitas. Beberapa keunggulan dari universitas-universitas tersebut membuatnya menjadi incaran para pelajar lulusan sekolah menengah atas dari seluruh Indonesia.

1. Universitas Brawijaya Malang

Universitas di Malang- Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan perguruan tinggi paling ternama di Kota Malang.

Ribuan hingga ratusan ribu pelajar bersaing untuk mendapatkan kursi di Universitas Brawijaya setiap tahun. Universitas yang kerap disebut Unibraw ini memang merupakan universitas unggulan dengan mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Universitas di Malang ini menduduki peringkat ke-3 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU, peringkat ke-6 nasional versi The World University Rankings, serta peringkat ke-4 nasional versi Webometrics. Semuanya pada tahun 2021. Universitas ini juga enam kali menjuarai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Unibraw memiliki tiga kampus. Kampus utama di area Veteran, dua kampus lain terletak di Griyasanta dan Puncak Dieng. Fasilitasnya pun sangat lengkap, mulai dari sports center, poliklinik, rumah sakit umum, rumah sakit gigi dan mulut, rumah sakit hewan pendidikan, masjid, dan tentu saja berbagai laboratorium.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas di Malang- Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang mencetak tenaga-tenaga pendidik yang unggul dan berkualitas.

Pada tahun ini, 2022, Universitas Negeri Malang (UM) menyabet peringkat pertama secara nasional untuk subjek pendidikan dari Scimago Institutions Ranking (SIR) 2022. UM juga menempati peringkat 15 besar Asia dan 158 dari 398 perguruan tinggi dan institusi dunia.

BACA JUGA :  Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen Itu Menguntungkan!

Penilaian tersebut berdasarkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian sebanyak 50 persen, hasil inovasi 30 persen, dan dampak sosial 20 persen. Keunggulan ini mungkin karena UM memang awalnya adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), bahkan merupakan IKIP tertua di Indonesia.

UM memiliki tiga kampus, dua di Kota Malang dan satu di Blitar. Di Malang, kampus satu di Jalan Veteran, dan kampus dua di Jalan Ki Ageng Gribing. UM memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari asrama mahasiswa, kantor pos, masjid, poliklinik, sarana olahraga dari lapangan sepak bola, volley pantai hingga tenis.

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas di Malang- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang menempati urutan pertama perguruan tinggi Islam terbaik di dunia.

UMM adalah salah satu dari 8 perguruan tinggi yang paling awal meraih akreditasi A dari BAN-PT, yaitu pada tahun 2013, saat pemerintah mulai menilai berbagai kampus di seluruh Indonesia. UMM juga selama sembilan tahun menjadi kampus swasta terbaik di Jawa Timur.

UMM juga meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) sebanyak 10 kali dan empat kali menyabet penghargaan AKU Kartika dari Kopertis VII. Yang lebih membanggkan, universitas ini menjadi urutan pertama universitas Islam terbaik di dunia. Mengungguli Iran University of Science and Technology dan Cairo University.

Universitas di Malang yang memiliki tiga kampus, yaitu di Jalan Bandung, Bendungan Sutami, dan Tlogomas ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi pionir yang menerapkan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) secara mandiri dengan mendayagunakan aliran Sungai Brantas yang melintasi kampus III UMM.

4. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)

Universitas di Malang- Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)

Inilah satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Timur yang memiliki kelas Pengawasan Pemilu.

Salah satu keunggulan Unikama yang tidak dimiliki universitas lain di Jawa Timur adalah diadakannya Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) pada program studi Ilmu Hukum. Kelas ini bekerja sama dengan Bawaslu Kota Malang. Dengan adanya kelas tersebut kompetensi mahasiswa dapat meningkat sesuai perkembangan zaman.

Universitas di Malang yang dulunya hanya bernama Universitas Kanjuruhan Malang ini dilengkapi dengan Pusat Studi Ketenagakerjaan. Pusat studi ini melakukan riset, pengkajian, konsultasi dan supervisi dalam bidang ketenagakerjaan. Selain itu juga mengelola database di bidang ketenagakerjaan.

Di setiap sudut kampus yang berada di Jalan S. Supriadi, Kecamatan Sukun, Malang ini juga tersedia hot spot, sehingga mahasiswa bisa mengakses internet secara gratis. Unikama juga menerapkan Multi Acces Learning untuk beberapa mata kuliah, sehingga mahasiswa dapat belajar di mana dan kapan saja.

5. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN)

Universitas di Malang- Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN)

Mahasiswa di UIN Malang diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris dan Arab.

BACA JUGA :  12 Tips Mengurangi Emisi Karbon

UIN Malang termasuk ke dalam bilingual university karena mengharuskan seluruh sivitas akademika untuk menguasai bahasa Inggris dan Arab. Pada tahun pertama, seluruh mahasiswa di UIN Malang wajib tinggal di ma’had atau pesantren. Bisa dikatakan universitas ini menggabungkan antara tradisi universitas dan pesantren.

Universitas di Malang yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT ini memiliki International Class Program (ICP), di mana kurikulumnya di-review oleh empat perguruan tinggi di Australia. UIN Malang juga bekerja sama dengan Guilan University Iran untuk berkolaborasi riset mengenai energi terbarukan.

Bangunan UIN Malang yang berlokasi di Jalan Gajayana, Kecamatan Dinoyo, ini juga megah dan modern. Di atas lahan seluas 14 hektar berdiri mulai dari rektorat, gedung perkuliahan, pesantren, business center, poliklinik, dan berbagai laboratorium. Kampus ini juga dekat dengan Kota Batu.

6. Binus University Malang

Universitas di Malang- Binus University Malang

Digital Technology Entrepreneurship Binus Malang yang memiliki fasilitas modern dan arsitektur unik.

Universitas ini memang masih baru di Malang, yaitu berdiri pada tahun 2019, namun kampus yang fokus pada pendekatan teknologi digital ini langsung diminati pelajar. Hanya dalam waktu tiga tahun, universitas ini sudah memiliki 400 mahasiswa. Kampus ini disiapkan untuk menampung sekitar 5.000 mahasiswa.

Kampus yang dikenal dengan nama Digital Technology Entrepreneurship Binus Malang ini menerapkan konsep 211. Dengan konsep ini, mahasiswa dapat dua tahun kuliah di Malang, satu tahun di Jakarta atau Bandung, dan satu tahun lagi merupakan program magang di perusahaan.

Binus Malang yang berada di Green Boulevard, Araya, Kecamatan Blimbing ini memiliki tiga jenis ruang kuliah. Pertama reguler class, yaitu tempat perkuliahan yang banyak membahas teori. Kedua, creative class yaitu tempat berdiskusi dengan permukaan meja bisa ditulis. Terakhir, smart class dengan fasilitas teleconference.

7. Universitas Islam Malang (Unisma)

Universitas di Malang- Universitas Islam Malang (Unisma)

Memiliki mahasiswa dalam negeri dan 34 negara lain.

Universitas dengan akreditasi B ini berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama, dan meraih penghargaan sebagai peringkat satu perguruan tinggi NU terbaik se-Indonesia. Unisma juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), sehingga setiap lulusan Unisma tangguh di profesinya masing-masing.

Selain diminati oleh mahasiswa dalam negeri, Unisma juga memiliki daya tarik bagi mahasiswa dari luar negeri. Tak heran bila universitas yang memiliki 15.000 lebih mahasiswa ini juga mendidik mahasiswa dari 34 negara lain. Para mahasiswa tersebut diajar oleh sekitar 500 dosen, terdiri dari 100 doktor dan 16 profesor.

Universitas yang berada di Jalan MT Haryono, Malang ini, juga menjalin kerja sama dengan berbagai universitas dari luar negeri. Tercatat ada sekitar 117 perguruan tinggi dari luar negeri. Kerja sama bisa meliputi webinar bersama atau berupa join kurikulum.

8. Universitas Merdeka

Universitas di Malang- Universitas Merdeka

Dengan prinsip Student Centered Learning, Unmer mempersiapkan tenaga kerja yang sesuai era industri 4.0.

BACA JUGA :  Uniknya Patung Virus dan Bakteri Yang Terbuat Dari Kaca

Universitas Merdeka, disingkat Unmer, merupakan perguruan tinggi swasta unggulan di Jawa Timur. Universitas ini masuk ke dalam 14 perguruan tinggi terbaik tingkat nasional dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal menurut Dirjen Dikti. Unmer juga mendapat peringkat ke-2 perguruan tinggi swasta terbaik di Malang.

Proses perkuliahan di Unmer mengedepankan prinsip Student Centered Learning, sehingga selain hard skill, soft skill para mahasiswanya turut diasah. Karena soft skill inilah yang paling banyak diperlukan di era industri 4.0. Selain itu disediakan pula job center yang melatih mahasiswa dan alumni agar profesional masuk dunia kerja.

Untuk akreditasi, Unmer yang berlokasi di Jalan Terusan Raya Dieng ini mendapat akreditasi B atau baik dari BAN-PT. Dan dengan segala potensinya, universitas ini disebut sebagai 50 Indonesian Promising University. Unmer juga menyediakan bus kampus dan jalur sepeda untuk sivitas akademika-nya.

9. Universitas Ma Chung

Universitas di Malang- Universitas Ma Chung

Universitas Ma Chung mencetak top manager dan pebisnis andal.

Universitas Ma Chung merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Timur yang memiliki program studi Magister Manajemen Inovasi untuk program Pascasarjana (S2). Ada dua konsentrasi yang ditawarkan oleh program studi ini, yaitu Innovation Management dan Innovation Entrepreneurship.

Universitas Ma Chung memang ingin mencetak top manager dan pebisnis andal. Terbukti dengan dibuatnya Malang Digital Core (MDC), yaitu co-working space dan inkubator bisnis yang membantu mahasiswa menjadi technopreneur. Ada pula fasilitas galeri investasi, yakni laboratorium pembelajaran dan penelitian pasar modal.

Di kampus yang terletak di Villa Puncak Tidar, Malang ini mahasiswa juga dibekali dengan kompetensi tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dengan sertifikat ETS-TOEIC, dan bahasa Mandarin dengan sertifikasi HSK. Tak heran lulusan universitas ini langsung siap terjun berbisnis maupun bekerja di perusahaan.

10. Universitas Gajayana

Universitas di Malang- Universitas Gajayana

Di Uniga para mahasiswa dilibatkan langsung dalam UMKM agar mereka siap membuka usaha sendiri ketika lulus.

Universitas Gajayana atau yang kerap disingkat Uniga ini merupakan perguruan tinggi swasta di Malang yang terkemuka. Meskipun baru mengantongi akreditasi B dari BAN-PT, namun Uniga memiliki fakultas yang telah terakreditasi A, yaitu program pascasarjana magister manajemen.

Pihak universitas menggandeng mahasiswanya dalam mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Program ini bekerja sama dengan negara tetangga, yaitu Malaysia. Dengan begitu mahasiswa dapat langsung mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari. Sehingga ketika lulus mereka bisa membuka usaha sendiri.

Universitas yang berlokasi di jalan Mertojoyo Blok L, Merjosari, Malang ini dilengkapi dengan asrama mahasiswa, poliklinik, berbagai laboratorium, serta tersedia jaringan internet di sekitar kampus.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com