Wisata Danau Linau Tomohon Sulawesi

Asyiknya menikmati jalanan berliku di sepanjang tepi Danau Linau seluas 34 hektar demi melihat keindahan danau belerang 3 warna, yang bisa berubah-ubah warnanya menjadi hijau, biru, dan kuning.

Sambil ditemani burung-burung lokal bernama Belibis dan ribuan serangga yang disebut Sayok, makanan burung-burung belibis tersebut.

Pemandangan danau dari teras kayu sebuah kafe yang menjorok ke Danau Linau ini terasa amat menyejukan hati, sembari melihat para petani bekerja menanam jagung, padi dan rempah-rempah lainnya di kejauhan, betul-betul merupakan suatu suguhan mempesona khas Sulawesi Utara, yang bakal membuat kamu kangen untuk kembali ke tempat ini.

Pesona Keindahan Wisata Danau Linau Tomohon Sulawesi

Akses Menuju Danau Linau

Danau Linau terletak di Desa Lahendong, jaraknya sekitar 7 km dari Kota Tomohon atau sekitar 27 km dari Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Kalau memakai mobil pribadi atau rental, kamu bisa mencapainya dalam waktu kurang lebih 25 menit.

Sedangkan kalau kamu naik kendaraan umum, misalnya mikrolet dari Terminal Bus Tomohon ke Desa Lahendong, ongkosnya cuma Rp. 2.000 per  orang. Sampai di Lahendong, kamu tinggal menyewa motor untuk menuju ke lokasi, kira-kira 5 menit dari desa. Kamu juga bisa berjalan kaki.

Pilihan lainnya, kamu bisa naik mini bus dari Terminal Karombasan – Manado dengan tujuan Kawangkoan dengan ongkos Rp. 20.000 per orang. Bilang dulu pada supir bus untuk menurunkan kamu di Desa Lahendong.

Jika lalu diakses dengan cara berjalan kaki, kamu bisa berjalan kaki dari Desa menuju ke Danau Linau sejauh kira-kira 700 meter.

BACA JUGA :  Keindahan Tempat Wisata Danau Toba Sumatera Utara

Kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Danau Linau

  • Setelah memasuki lokasi wisata bertarif Rp. 20.000, lalu berjalan-jalan mengitari jalan setapak di tepian danau, sambil menikmati pemandangan danau beserta aneka satwa liar di sekitarnya,
  • Kamu bisa bersantai di teras kayu sebuah kafe yang menjorok ke air danau. Di sini kamu bisa memesan dan menikmati sajian teh, kopi, dan makanan ringan ala Manado yang sudah termasuk di dalam tiket masuk kamu. Kalau mau, kamu juga bisa memesan makan siang.
  • Jalan-jalan selama sekitar 10 menit dari lokasi menuju kawah lama yang mengeluarkan gas belerang,
  • Bercengkerama bersama penduduk lokal di sekitar Desa Lahendong yang sedang bercocok tanam di sekitar danau,
  • Saat kamu di Tomohon, luangkan waktu beberapa jam menelusuri Bukit Doa Mahawu, sebuah taman alami dan tempat wisata spiritual yang berada di kaki Gunung Mahawu. Di sini kamu bisa menikmati suasana alam hutan tropis sekaligus mendapatkan ketenangan jiwa saat menyusuri taman dan kolam-kolam ikan, mengikuti Jalan Salib, melihat dan berdoa di hadapan patung Bunda Maria yang berada di sebuah goa, memasuki gereja bawah tanah yang unik dan indah, duduk-duduk beristirahat di area amphitheatre, lalu menikmati pemandangan Gunung Lokon di balkon kayu sambil menyantap singkong goreng sambal roa yang hangat baru digoreng.
  • Perjalanan menyusuri Jalan Salib, dari jalur paling bawah sampai ke puncak, kurang lebih berjarak 820 m – 1021 m, dengan hawa dingin bersuhu 22 derajat Celcius. Bukit Doa Mahawu ini terbuka untuk umum, dan kamu boleh memberikan donasi/sumbangan saat memasukinya.

Peran Kamu Berharga Untuk Melindungi Area Ini dan Membantu Masyarakat Lokal di Sekitarnya.

  • Saat berkunjung, kamu perlu berhati-hati untuk tidak merusak tanaman di sepanjang jalan setapak tepian danau. Jagalah keindahannya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, bahkan kamu diharapkan ikut membersihkan sampah-sampah yang kamu temui walaupun itu bukan sampah yang kamu buang.
  • Memberikan donasi untuk membantu pengembangan area ini.
  • Pembangunan toilet umum di dalam taman, penunjuk arah, tempat penampungan sampah, penerangan dari tenaga matahari.
  • Membeli sayur, buah-buahan, rempah-rempah, dan kerajinan tangan, yang dihasilkan masyarakat lokal.
BACA JUGA :  Kuliner Bandung, Makanan Khas Bandung Ini Wajib Kamu Coba!

Tempat Menginap

Tomohon mempunyai beberapa hotel berkonsep alam yang ramah lingkungan, antara lain,

  • Gardenia Country Inn
  • Lokon Boutique Resort
  • Onong’s Palace
  • Tomohon Highland Resort

Tempat Makan

Semua hotel di atas mempunyai fasilitas restoran yang menarik, kamu pun pasti ketagihan mencoba bermacam-macam hidangan khas Manado di restoran tersebut. Salah satunya adalah Restaurant ‘Sineleyan’ di Tomohon.

Keamanan dan Tips

  • Berhati-hatilah kalau berjalan di sekitar tepian Danau Linau, sebab banyak terdapat kolam-kolam kecil yang mengeluarkan air belerang panas.
  • Bawalah teropong untuk mengamati burung-burung dan satwa liar lainnya di sekitar danau. Kalau beruntung, kamu bisa bertemu monyet liar yang lagi turun gunung.
  • Gunakan topi untuk melindungi dari teriknya sinar matahari, lalu pakai sepatu jalan yang nyaman dan tidak merepotkan.

Layanan Darurat

  • Rumah sakit Bethesda. Telepon 62 431 351046, Alamat Talete I Kecamatan Tomohon Tengah
  • Kantor Polisi. Telepon 62 431 3157092, Alamat Jl. Kolongan Tomohon

Comments

comments