Tips Membeli Penghisap Asap Dapur dan Rekomendasinya!

Peralatan penghisap asap dapur, yang juga dikenal sebagai kitchen hood, cooker hood, atau range hood, merupakan komponen penting dalam dapur Anda. Saat memasak, udara seringkali tercemar oleh asap dan bau yang dapat membuat dapur terasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan sirkulasi udara yang baik di dapur, Anda bisa mempertimbangkan opsi seperti menambahkan jendela tambahan atau memasang perangkat penghisap asap dapur. Perangkat ini memiliki banyak manfaat dan peran penting, termasuk menghilangkan bau tak sedap, mengatasi asap, dan mengurangi panas di area dapur Anda. Dalam artikel ini, kami akan mengulas lebih lanjut tentang penghisap asap dapur, mencakup topik-topik berikut:

Manfaat Penghisap Asap Dapur

Peralatan yang harus dipasang di dapur ini memiliki peran yang sangat penting dalam dapur Anda. Selain memberikan dampak positif dari segi estetika, penggunaan alat ini juga berdampak positif pada kesehatan penghuni rumah. Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa manfaat penting dari penghisap asap dapur yang dapat Anda nikmati.

1. Mengurangi Kelebihan Panas di Dapur

Manfaat utama dari penggunaan peralatan penghisap dapur adalah mengurangi kelebihan panas yang sering terjadi. Saat memasak, panas yang dihasilkan oleh kompor bisa membuat suhu di dapur meningkat drastis, membuat Anda merasa gerah dan lelah jika harus memasak dalam waktu lama. Dengan penggunaan alat ini, kelebihan panas di dapur dapat diminimalkan.

2. Menjaga Kebersihan dan Kesegaran Udara

Selain mengatasi kelebihan panas, peralatan kitchen hood juga efektif dalam menghilangkan bau dan asap selama proses memasak. Fungsinya ini berperan dalam menjaga kualitas udara di dapur tetap bersih dan segar, yang pada gilirannya memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Bau dan asap yang mengganggu dapat dengan mudah teratasi.

3. Pencahayaan Tambahan untuk Dapur

Dalam banyak kasus, pencahayaan di dapur seringkali dianggap kurang memadai. Penggunaan peralatan penghisap asap dapur ini dapat memanfaatkan pencahayaan tambahan yang sudah terpasang di dalamnya. Ini akan meningkatkan pencahayaan di dapur Anda, menciptakan suasana yang lebih terang dan nyaman.

4. Menambah Estetika Ruang Dapur

Tidak hanya memiliki manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, alat penghisap asap dapur juga dapat memberikan sentuhan estetika yang lebih pada ruang dapur Anda. Ini akan memberikan kesan mewah yang meningkatkan tampilan interior rumah Anda secara keseluruhan.

BACA JUGA :  21 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat!

5. Menciptakan Kenyamanan Saat Memasak

Keberadaan kitchen hood akan menciptakan suasana memasak yang lebih nyaman dan menyenangkan di dalam dapur Anda. Saat Anda sedang memasak, perangkat ini secara otomatis akan menghisap asap, menghilangkan bau tak sedap, dan mengurangi panas yang tercipta di dapur.

Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada proses memasak yang menghasilkan hidangan lezat. Dengan adanya penghisap asap dapur di rumah, udara di dalam rumah akan tetap bersih, dan aroma masakan yang kurang sedap tidak akan menguasai seluruh ruangan. Sehingga, kenyamanan di rumah Anda akan selalu terjaga.

Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Penghisap Asap Dapur

Panduan Memilih Penghisap Asap Dapur yang Tepat

Penghisap asap dapur, atau yang biasa disebut sebagai kitchen hood, merupakan salah satu perangkat penting di dapur modern. Selain memberikan kenyamanan dengan menghisap asap dan bau yang dihasilkan saat memasak, penghisap asap juga berkontribusi pada kebersihan dan keamanan lingkungan di dalam rumah Anda. Namun, dalam memilih kitchen hood yang tepat, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memilih penghisap asap dapur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda membeli satu, ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan dengan matang.

1. Ukuran Kitchen Hood

Salah satu hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran hood atau tudung penghisap asap yang akan terpasang di dapur Anda. Ukuran hood haruslah sebanding atau lebih besar dari ukuran kompor yang Anda gunakan. Ini penting karena hood yang terlalu kecil tidak akan efektif dalam menangkap asap dan uap yang dihasilkan saat memasak.

Tips: Jika Anda memiliki kitchen island (meja tambahan di dapur) di tengah ruangan, hood yang terpasang di atasnya tidak perlu berukuran sangat besar. Namun, pastikan hood tersebut memiliki ukuran yang cukup untuk menutupi area kompor dengan baik, biasanya dengan melebihi tiga hingga enam inci di setiap sisinya.

2. Metode Pemasangan

Metode pemasangan penghisap asap dapur dapat bervariasi. Anda dapat memilih penghisap asap yang menempel di tembok, ditempatkan di antara kabinet dapur, atau menghadap langsung ke dinding. Pilihan metode pemasangan ini akan bergantung pada tata letak dapur Anda.

Tips: Pastikan untuk memilih metode pemasangan yang paling sesuai dengan desain dapur Anda dan memungkinkan hood untuk menjangkau seluruh area kompor dengan efektif.

3. Ventilasi Udara

Ventilasi udara yang dibutuhkan oleh kitchen hood ini akan sangat tergantung pada jenis hunian tempat Anda tinggal. Jika Anda tinggal di sebuah apartemen, Anda mungkin memiliki keterbatasan dalam hal ventilasi udara. Oleh karena itu, penting untuk memilih penghisap asap yang tidak memerlukan saluran besar untuk pengeluaran udara.

Tips: Untuk memastikan ventilasi yang baik, selalu periksa sistem filtrasi yang ada di tempat Anda. Pastikan bahwa sistem filtrasi ini cukup kuat untuk mengatasi asap dan uap yang dihasilkan saat memasak.

4. Jenis Filter

Penghisap asap dapur umumnya menggunakan salah satu dari dua jenis filter: filter udara atau filter yang membuang udara ke luar. Pilihan Anda akan bergantung pada tujuan penggunaan hood tersebut.

  • Filter Udara (Recirculating Hood): Jika Anda hanya memerlukan penghisap asap untuk digunakan di dalam rumah Anda sendiri, filter udara adalah pilihan yang baik. Filter ini akan membersihkan udara dari asap dan bau, lalu mengembalikannya ke dalam ruangan setelah proses penyaringan. Namun, filter ini tidak mengeluarkan udara ke luar rumah.
  • Filter dengan Pembuangan Keluar (Ducted Hood): Jika Anda memerlukan penghisap asap untuk digunakan di restoran, toko makanan, atau tempat-tempat komersial lainnya, maka penghisap asap dengan pembuangan keluar adalah pilihan yang tepat. Jenis hood ini akan mengeluarkan udara yang terhisap langsung ke luar rumah melalui saluran udara yang disebut duct.

Tips: Pastikan untuk memilih jenis filter yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Filter udara lebih cocok untuk pemakaian harian di rumah, sementara filter dengan pembuangan keluar lebih sesuai untuk penggunaan komersial atau jika Anda ingin benar-benar menghilangkan udara yang terhisap dari dalam rumah.

BACA JUGA :  12 Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk Bisnis di Indonesia

5. Tinggi Hood

Tinggi hood dari permukaan kompor sangat penting. Pada umumnya, hood harus memiliki jarak antara 24 hingga 30 inci dari permukaan kompor. Hal ini memastikan bahwa hood dapat menangkap asap dan uap dengan efektif.

Tips: Pastikan untuk mengukur tinggi hood dengan baik saat memasangnya untuk memastikan bahwa jaraknya sesuai dengan rekomendasi ini.

6. Daya Hisap (Suction Power)

Daya hisap atau suction power adalah kemampuan penghisap asap dalam menarik asap dan uap keluar dari area memasak. Pilihan daya hisap akan sangat bergantung pada penggunaan hood dan jenis masakan yang sering Anda buat. Untuk pemakaian profesional, Anda mungkin memerlukan hood dengan daya hisap yang besar. Namun, untuk penggunaan harian di rumah, daya hisap yang lebih rendah mungkin sudah cukup efektif.

Tips: Untuk rumah tangga biasa, Anda dapat memilih hood dengan daya hisap yang lebih rendah yang akan lebih hemat energi. Namun, pastikan daya hisapnya cukup untuk menangani masakan sehari-hari.

7. Sumber Daya Listrik

Pastikan untuk memeriksa sumber daya listrik yang dibutuhkan oleh penghisap asap yang Anda pilih. Beberapa hood mungkin memerlukan daya listrik yang lebih tinggi daripada yang tersedia di dapur Anda. Pastikan Anda memiliki daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan hood dengan baik.

Tips: Jika Anda memilih hood dengan daya listrik yang tinggi, pastikan untuk menghubungkannya dengan listrik yang memadai untuk mencegah masalah kelistrikan di masa mendatang.

Memilih penghisap asap dapur yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kebersihan dan kenyamanan di dapur Anda. Dengan mempertimbangkan ukuran, metode pemasangan, jenis filter, tinggi hood, daya hisap, dan sumber daya listrik, Anda dapat menemukan hood yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingatlah untuk selalu mengikuti panduan produsen dalam pemasangan dan perawatan penghisap asap dapur Anda untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Dengan perangkat yang tepat, Anda dapat memasak dengan nyaman tanpa harus khawatir tentang asap dan bau yang mengganggu. Semoga panduan ini membantu Anda dalam memilih penghisap asap dapur yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tips Lapakfjbku.com

Saat membeli penghisap asap dapur sebaiknya Anda juga mendatangi toko langsung agar bisa melihat produk dan spesifikasi yang detail sesuai kebutuhan yang Anda perlukan.

1) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Modena FRESCO – SX 7511 L

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Modena FRESCO – SX 7511 L

Produk ini telah dibekali dengan teknologi Germinator yang efektif dalam membasmi kuman dan bakteri melalui penyebaran ion-ion aktif. Selain itu, desainnya yang ramping dan terbuat dari bahan logam berwarna hitam memberikan sentuhan kesan modern yang menarik.

BACA JUGA :  15 Aplikasi Android Terbaik dan Wajib Instal Tahun Ini!

Produk ini juga dilengkapi dengan filter vitamin C dan filter karbon. Anda dapat mengontrol kekuatan alat ini melalui tombol dengan tiga tingkat kekuatan yang berbeda. Harga produk ini berkisar sekitar Rp1.600.000.

2) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Electrolux Cooker Hood Slimline 60cm EFT6033SP

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Electrolux Cooker Hood Slimline 60cm EFT6033SP

Didesain dengan warna elegan silver yang terbuat dari stainless steel berkualitas. Produk ini dilengkapi dengan satu kipas penggerak yang menawarkan tiga tingkat kecepatan yang berbeda.

Sistem operasinya mencakup opsi resirkulasi atau ekstraksi udara yang mampu mengalirkan hingga 190 m³ per jam. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan dua filter aluminium multilapis untuk membersihkan udara dengan lebih efisien. Harga produk ini ditawarkan sekitar Rp2.060.000.

3) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Cooker Hood Rinnai RH-229SS

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Cooker Hood Rinnai RH-229SS

Memiliki model yang ramping dan terbuat dari bahan stainless steel mewah, produk ini sangat sesuai untuk dapur dengan gaya minimalis dan modern. Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuan sirkulasi udara ganda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dapur Anda.

Dilengkapi dengan dua filter karbon yang dapat dibersihkan dan dipasang kembali, produk ini juga memungkinkan Anda untuk menghemat energi dengan daya sebesar 110 watt. Penghisap asap dapur dari Rinnai menghasilkan suara yang halus, tidak mengganggu. Harga produk ini berkisar sekitar Rp1.370.000.

4) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Delizia Slim Hood 60Cm DST6A7IX

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Delizia Slim Hood 60Cm DST6A7IX

Penghisap asap dapur dari Delizia hadir dengan model yang ramping dan mewah, berkat desain stainless steel yang elegan. Menggunakan satu motor untuk penggeraknya, alat ini mengadopsi sistem resirkulasi untuk menyediakan udara bersih dan sehat di dapur Anda.

Dengan kemampuan ekstraksi mencapai 280 M³/Jam, penghisap asap ini memiliki daya sebesar 130 watt dan dilengkapi dengan filter karbon. Selain itu, produk ini dirancang untuk meminimalkan suara kasar. Anda dapat memiliki penghisap asap ini dengan harga sekitar Rp1.901.875.

5) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Winn Gas Slim Line Hood Hood W2168E

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: Winn Gas Slim Line Hood Hood W2168E

Salah satu produk penghisap asap dapur dengan harga yang sangat terjangkau adalah Winn Gas. Meskipun harganya terjangkau, produk ini tetap memiliki fungsi yang sama dengan produk penghisap asap dapur lainnya.

Produk ini dibuat dari material berkualitas tinggi, termasuk plastik ABS, Plat SPCC, dan filter aluminium. Ditenagai oleh satu kipas motor dengan daya 80 Watt dan daya listrik sebesar 120 Watt, penghisap asap ini mampu menghasilkan aliran udara hingga 300 M³/Jam. Anda dapat memiliki produk ini dengan harga sekitar Rp950.000.

6) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: TEKA Slim Line Hood Hood HGI902BLACK

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: TEKA Slim Line Hood Hood HGI902BLACK

Penghisap asap dapur ini bekerja secara maksimal dengan dua kipas penggerak (motor) yang bekerja bersama-sama. Dengan ukuran yang cukup besar, yakni 90 cm, produk TEKA ini sangat cocok untuk dapur yang luas.

Tampilannya yang berwarna hitam memberikan kesan modern dan kokoh. Proses penyaringan udara juga mencapai tingkat maksimal berkat adanya filter 3 lapis filter aluminium dan 2 filter karbon. Penghisap asap ini memiliki kecepatan aliran udara hingga mencapai 440 M³/Jam. Anda dapat memiliki produk ini dengan harga mulai dari Rp2.500.000.

7) Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: LINEA Slim Line Hood Hood LSH601BLACK

Rekomendasi Penghisap Asap Dapur: LINEA Slim Line Hood Hood LSH601BLACK

LINEA menawarkan penghisap asap dapur berkualitas dengan harga terjangkau, memberikan solusi optimal untuk pembuangan udara di dapur. Sistem resirkulasi udaranya mampu menghasilkan udara bersih dan sehat di lingkungan dapur Anda.

Didesain dengan bentuk slim, alat ini cocok untuk dapur yang kecil dan minimalis. Penghisap asap ini mampu menghasilkan aliran udara maksimal hingga 300 M³/Jam. Dilengkapi dengan dua jenis filter, yaitu filter aluminium dan filter karbon. Harga produk ini berkisar Rp1.072.900.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com