7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Salah satu faktor utama dalam rumah yang sehat adalah keberadaan udara bersih dan sirkulasi yang lancar. Sebaliknya, adanya udara tercemar di dalam rumah dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda dan keluarga. Untuk menghindari masalah ini, penting bagi setiap rumah untuk dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang efektif, seperti pemasangan exhaust fan. Terdapat berbagai jenis exhaust fan yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan spesifik.

Exhaust fan membantu memastikan udara segar dapat beredar dengan baik, memungkinkan penghuni rumah untuk menghirup udara yang bersih dan terhindar dari polusi udara. Tetapi, bagaimana sebenarnya exhaust fan bekerja dan jenis-jenisnya yang cocok untuk situasi Anda? Untuk membantu Anda memilih exhaust fan yang sesuai, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Jadi, jenis exhaust fan mana yang paling sesuai untuk kebutuhan rumah Anda? Mari kita jelajahi lebih lanjut dalam pembahasan berikut.

1. Exhaust Fan adalah Blower Ruangan Penyedot Udara

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Anda mungkin telah sering mendengar istilah “exhaust fan”. Tetapi apakah Anda tahu bahwa peranannya jauh lebih luas daripada sekadar sebagai kipas angin biasa? Exhaust fan merupakan jenis kipas angin yang memiliki peran lebih dalam menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar. Fungsinya tidak hanya menciptakan sirkulasi udara, tetapi juga membantu membersihkan dan menyegarkan udara di dalam ruangan dengan mengeluarkan udara kotor dan menggantinya dengan udara segar.

Selain berperan dalam menyegarkan udara, jenis kipas yang juga dikenal sebagai kipas penyedot ini mampu mengeluarkan panas dari ruangan yang terhubung langsung dengan luar. Kemampuannya dalam mengeluarkan panas ini juga membantu menjaga kelembapan di dalam ruangan. Terdapat berbagai macam jenis exhaust fan yang tersedia. Biasanya, exhaust fan dipasang di ruangan-ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara seperti dapur, kamar mandi, kamar tidur, atau garasi.

Jenis exhaust fan yang terpasang di dapur dapat membantu menghilangkan bau masakan atau asap yang muncul saat memasak. Jenis lainnya dapat dipasang di kamar mandi untuk menghilangkan aroma yang tidak diinginkan, terutama di kamar mandi yang seringkali memiliki ukuran yang terbatas dan kurang sirkulasi udara. Di garasi, exhaust fan juga berperan penting dalam menyegarkan udara dari asap kimia berbahaya yang mungkin keluar dari knalpot kendaraan.

BACA JUGA :  9 Dipan Minimalis Modern yang Super Nyaman

Dengan berbagai jenis dan peran yang dimilikinya, exhaust fan dapat menjadi solusi efektif dalam menjaga sirkulasi udara dan kualitas udara di dalam rumah Anda.

2. Pentingnya Exhaust Fan Bagi Kenyamanan Rumah

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Menciptakan sirkulasi udara yang optimal seringkali dapat diwujudkan dengan penempatan berbagai bukaan atau jendela di rumah. Namun, jika situasi tidak mengizinkan untuk memiliki banyak jendela, pilihan lain yang sangat bermanfaat adalah pemasangan exhaust fan di dalam rumah. Ketidakseimbangan sirkulasi udara dalam rumah dapat berdampak buruk pada kesehatan, termasuk risiko penyakit flu, alergi, asma, dan gangguan lainnya. Sebuah lingkungan rumah yang sehat tentunya akan meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan bagi semua anggota keluarga.

Selain masalah kesehatan, sirkulasi udara yang terhambat juga dapat memicu masalah seperti pertumbuhan jamur dan serangan rayap, bahkan dapat merusak dinding dan perabotan. Oleh karena itu, jenis exhaust fan dapat menjadi solusi yang efektif untuk rumah Anda dalam menjaga keawetan perabotan dan integritas struktur rumah secara keseluruhan. Dengan pilihan yang tepat, exhaust fan mampu memberikan manfaat nyata dalam menjaga kualitas udara dan keberlangsungan rumah Anda.

3. Kegunaan Kipas Angin Exhaust Fan

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Prinsip kerja exhaust fan melibatkan bilah kipas internal yang dioperasikan oleh tenaga listrik. Saat bilah kipas berputar, udara dalam ruangan akan dihisap keluar, mengeliminasi udara tidak sehat dan aroma yang tak diinginkan. Udara tersebut akan dikeluarkan melalui saluran pembuangan menuju luar rumah. Tidak hanya itu, kipas pada exhaust fan memiliki kemampuan untuk mengurangi suhu ruangan dengan mengeluarkan udara panas dan menggantinya dengan udara segar, tanpa bergantung pada penggunaan AC.

Tetapi, perlu berhati-hati dalam memastikan pemasangan exhaust fan yang tepat. Instalasi yang kurang tepat dapat menyebabkan permasalahan, seperti peredaran udara panas yang terhambat dan mengakibatkan ketidaknyamanan. Selain itu, pemasangan yang tidak benar juga dapat menghasilkan suara berisik saat kipas berputar. Hal ini tak hanya mengganggu aktivitas, tetapi juga berpotensi menciptakan masalah lebih lanjut jika tidak ditangani dengan baik. Karena itu, memastikan exhaust fan terpasang dengan benar sangat penting untuk memaksimalkan manfaatnya dan menjaga kenyamanan serta fungsionalitas dalam rumah Anda.

BACA JUGA :  Inspirasi Desain Musholla Rumah!

4. Cara Kerja dan Penggunaan Exhaust Fan

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

eperti namanya, prinsip kerja exhaust fan melibatkan penyedotan atau penghisapan udara yang kemudian digantikan dengan udara segar. Proses kerjanya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Exhaust fan mengoperasikan dengan cara menyedot atau menghisap udara dari dalam ruangan. Ini berbeda dari kipas angin biasa yang hanya menciptakan pergerakan udara.
  2. Setelah udara terhisap dari ruangan yang telah terkontaminasi, alat ini akan mengalirkan udara tersebut dan membuangnya keluar ruangan melalui saluran pembuangan.
  3. Proses penyedotan dan pembuangan udara kotor ini berdampak positif pada kualitas udara dalam ruangan. Volume udara terkontaminasi dalam ruangan menjadi berkurang.
  4. Selanjutnya, udara segar dari luar ruangan akan masuk melalui lubang ventilasi dan menggantikan udara kotor yang telah dihisap. Proses ini berulang secara terus-menerus selama exhaust fan beroperasi.

Dengan demikian, exhaust fan memainkan peran penting dalam menjaga sirkulasi udara dan memastikan kualitas udara yang lebih baik di dalam ruangan Anda.

5. Berikut 7 Jenis Exhaust Fan

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Meskipun memiliki fungsi yang sama, perlu diperhatikan bahwa jenis-jenis exhaust fan dapat berbeda tergantung pada lokasi pemasangannya. Beberapa jenis exhaust fan mungkin kurang cocok jika ditempatkan di area seperti kamar mandi atau dapur. Dalam konteks ini, berikut adalah ulasan mengenai jenis-jenis exhaust fan yang sering dijumpai:

1. Exhaust Fan yang Terpasang di Dinding

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Terdapat jenis exhaust fan yang dipasang dengan cara menempel pada dinding di rumah. Pemasangan ini menghadap langsung ke area terbuka, memungkinkan udara dari dalam ruangan keluar melalui kipas secara langsung. Kipas penyedot ini sangat cocok diletakkan di kamar mandi atau dapur untuk memastikan aliran udara bersih secara terus-menerus.

2. Exhaust Fan Eksterior

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Serupa dengan varian exhaust fan yang dipasang di dinding, jenis exhaust fan ini juga bertujuan mengeluarkan udara dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar. Kelebihannya adalah, exhaust fan jenis ini cocok bagi mereka yang mengutamakan ketenangan karena pemasangannya dilakukan di luar ruangan.

3. Exhaust Fan yang Terpasang di Langit-Langit

Apabila Anda memiliki ruangan di lantai atas yang memerlukan sirkulasi udara yang lebih baik, opsi exhaust fan yang terpasang di plafon dapat menjadi pilihan yang sesuai. Tipe exhaust fan ini dipasang pada langit-langit ruangan dan bekerja dengan mengeluarkan udara dari dalam melalui lubang yang terletak di langit-langit.

BACA JUGA :  Cat Warna Hijau Cocok dengan Warna Apa? Cek 10 Paduan Paling Oke di Sini!

4. Exhaust Fan Dapur

7 Jenis Exhaust Fan dan Spesifikasi Kegunaannya untuk Setiap Ruangan

Tipe exhaust fan ini umumnya dipasang di dapur karena memiliki manfaat dalam menghilangkan aroma masakan yang dapat terperangkap. Fungsi dari kipas penyedot di dapur juga membantu mengurangi tingkat kelembapan. Bau yang kurang sedap sering kali muncul saat proses memasak berlangsung di dapur, yang disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara yang memadai.

5. Exhaust Fan Kamar Mandi

Setelah mandi, kelembapan sering kali terakumulasi di permukaan lantai dan cermin di dalam kamar mandi. Dengan memasang jenis exhaust fan di kamar mandi, Anda akan membantu menjaga keseimbangan kelembapan di dalamnya.

Tips Lapakfjbku.com

Exhaust fan yang terpasang di kamar mandi akan membantu menjadikan udara di dalamnya lebih segar dan mengurangi bau yang tidak diinginkan

6. Inline Exhaust Fan

Jenis exhaust fan ini dipasang di dalam saluran dan cocok digunakan di ruangan yang memiliki ventilasi udara yang kurang memadai. Udara yang tidak sehat akan dihisap dan dikeluarkan melalui saluran, memastikan bahwa kualitas udara di dalam ruangan tetap terjaga meskipun jumlah ventilasi terbatas.

7. Pilihan Exhaust Fan dengan Lampu: Harga dan Jenis

Jenis exhaust fan tidak hanya mampu mengalirkan udara kotor keluar dan menggantinya dengan udara segar, tetapi juga ada yang dilengkapi dengan lampu untuk memberikan pencahayaan tambahan. Ini membantu menciptakan ruangan yang terang dan nyaman. Sebelum Anda membeli exhaust fan, pastikan Anda mengetahui kisaran harga terbaru untuk berbagai jenisnya.

Merek dan Jenis Exhaust Fan
Harga (Rp)
Sekai MVF 1091
145.000
Maspion MV-16 EX
165.000
Ceiling Maspion CEF-20
195.000
Standar CKE DBN
210.000
Maspion MV 250 NEX
269.000
Mitsubishi EX25SC5T
297.000
Panasonic FV-25 TGU
301.000
KDK 30 RQN
395.000
Krisbow 12 inci
490.000
KDK 25 AUFA
589.000

Dari berbagai pilihan exhaust fan di atas, Anda dapat memilih yang paling cocok untuk rumah Anda. Tidak hanya jenisnya, tetapi juga pertimbangkan spesifikasi, daya listrik yang dibutuhkan, tingkat kebisingan yang dihasilkan, serta cara perawatannya. Dengan memiliki exhaust fan yang sesuai, Anda dapat menciptakan sirkulasi udara yang optimal di dalam rumah, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com