12 Rekomendasi AC Hemat Listrik Terbaik Harga Terjangkau 2024

Membangun sebuah rumah haruslah memikirkan bagaimana sistem ventilasi dari rumah tersebut. Rumah yang baik haruslah memiliki udara yang bisa mengalir supaya suasana di dalam rumah bisa menjadi segar dan nyaman. Apabila rumah Anda sudah dibuat sedemikian rupa dan tetap terasa pengap, maka Anda bisa menggunakan AC hemat listrik supaya rumah bisa menjadi tetap sejuk tanpa harus membebani listrik di rumah.

Pada awalnya, menggunakan AC di rumah akan membuat tagihan listrik Anda bisa menjadi meningkat secara drastis dan akan membebani keuangan bulanan. AC hemat listrik memiliki sistem yang berbeda dari AC biasa dan tidak membutuhkan daya yang besar untuk digunakan dalam waktu yang lama. Supaya Anda bisa memilih AC hemat listrik yang tepat, artikel kali ini akan membahas mengenai hal ini.

AC dengan daya 1 PK adalah salah satu ukuran standar daya pendingin udara yang masih dapat dikategorikan sebagai hemat listrik. Kemampuan pendinginan yang baik dan kebutuhan daya listrik yang rendah membuat AC 1 PK menjadi primadona dan disukai oleh banyak orang. Supaya Anda bisa memilih AC hemat listrik 1 PK yang tepat, di bawah ini adalah rekomendasi terbaiknya:

1. AC Hemat Listrik DAIKIN FTKQ25UVM4 Flash Inverter 1 PK

AC Hemat Listrik DAIKIN FTKQ25UVM4 Flash Inverter 1 PK - Daikin merupakan sebuah merk terkenal yang sudah ada lama di Indonesia. (Foto: Blibli)

Jika Anda tertarik untuk membeli AC hemat daya dengan kapasitas pendinginan 1 PK maka Anda bisa mencoba AC dengan merk DAIKIN. Pendingin udara ini hanya membutuhkan daya listrik awal sebesar 920 watt dan akan terus menurun hingga menjadi 200 watt saja. AC rendah daya ini dijual dengan harga mulai dari Rp4.750.000

BACA JUGA :  Hey Kalian! Ini Dia 40 Film Box Office Di Tahun 2016 Yang Wajib Kamu Lihat!

2. Low Watt Gree GWC-09C3E 1 PK

AC Hemat Listrik Low Watt Gree GWC-09C3E 1 PK - Merk Gree masih cukup baru di Indonesia. (Foto: Bhinneka)

Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena AC Low Watt Gree GWC-09C3E ini sangat rendah daya yakni membutuhkan daya listrik sebesar 695 watt saja supaya bisa beroperasi. Brand ini juga menawarkan garansi mesin hingga 2 tahun supaya Anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Tertarik untuk membelinya? Siapkan dana sebesar Rp3.490.000.

Tips Lapakfjbku.com

Supaya AC bisa digunakan dalam waktu yang lama, Anda harus secara teratur membersihkannya dan mengganti filter secara berkala.

3. LG T10EV4 1PK Dual Inverter

AC Hemat Listrik LG T10EV4 1PK Dual Inverter - Durabilitas dari AC LG sangatlah kuat dan tahan lama. (Foto: LG)

LG merupakan salah satu brand yang inovatif dan berhasil menyematkan teknologi hemat listrik pada unit AC LG T10EV4 Dual Inverter. Fitur watt control membuat Anda bisa menggunakan AC dalam tiga buah pengaturan listrik berbeda, hingga daya listrik yang dibutuhkan hanya serendah 215 watt saja. AC ini dijual dengan harga miring, yakni mulai dari Rp3.500.000 saja.

4. AC Low Watt Sharp Jetstream 1 PK X9VEY Inverter

AC Hemat Listrik AC Low Watt Sharp Jetstream 1 PK X9VEY Inverter - AC Sharp Jetstream membutuhkan daya yang kecil supaya bisa beroperasi. (Foto: Tokopedia)

Sharp Jetstream X9VEY Inverter merupakan salah satu merk AC terbaik yang sudah dilengkapi dengan garansi 1 tahun sparepart. Unit AC ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 780 watt supaya bisa beroperasi pertama kali sehingga tidak akan terlalu membebani listrik di rumah Anda. AC ini dijual dengan harga mulai dari Rp4.175.000 saja.

5. MIDEA MSIG-09CRDN1 Blanc Inverter 1 PK

MIDEA MSIG-09CRDN1 bisa mengurangi daya listrik secara bertahap. (Foto: BigGo)

Salah satu keunikan dari AC MIDEA MSIG-09CRDN1 adalah memiliki teknologi iECO untuk mengurangi kebutuhan daya listrik secara bertahap selama 8 jam. Daya listrik awal yang dibutuhkan oleh unit AC ini hanya sebesar 910 watt saja dan mampu mengeluarkan daya pendinginan hingga 9000 BTU. AC Inverter ini dijual dengan harga Rp3.799.000.

6. AC PANASONIC CSCU RS9UKP Inverter 1 PK

Daya tahan dari AC brand PANASONIC sudah tidak perlu diragukan lagi. (Foto: ACHematListrik)

Salah satu kelebihan dari AC yang memiliki fitur Inverter seperti PANASONIC CSCU RS9UKP adalah mampu untuk menurunkan kebutuhan daya listrik dalam jumlah yang banyak. Kebutuhan daya saat pertama kali AC dinyalakan adalah sebesar 990 watt, lalu setelah AC hidup selama beberapa waktu maka daya yang dibutuhkan akan menurun yakni hanya sebesar 300 watt saja. Harga dari AC PANASONIC ini juga sangat terjangkau, Anda bisa membelinya dengan harga Rp4.350.000.

BACA JUGA :  Film Box Office 2017 Yang Paling Ditunggu! Favorit Kamu Yang Mana?

7. Gree AC Deluxe Low Watt GWC-05C3E 1/2 PK

Meskipun merk Gree masih cukup baru, popularitasnya sudah dikenal oleh banyak orang. (Foto: PT Mitra Sejuk Selaras)

Salah satu kelebihan dari AC 1/2 PK adalah tidak membutuhkan daya yang besar untuk digunakan. Gree GWC-05C3E hanya membutuhkan daya sebesar 330 watt saja untuk beroperasi, sehingga sangat aman apabila rumah Anda hanya memiliki daya listrik sebesar 1200 watt. Sistem Gold Fin juga akan mencegah pendingin udara mengalami karat dan menjadi rusak. AC Gree ini dijual dengan harga mulai dari Rp2.700.000 saja.

8. DENPOO Low Watt DDS05CNI 1/2 PK

DENPOO DDS05CNI memiliki fitur Carbon Active Filter untuk menyaring bakteri masuk ke dalam ruangan.(Foto: Tokopedia)

DENPOO merupakan salah satu merk pendingin udara yang sangat dikenal dan banyak sekali digunakan untuk perkantoran karena memiliki kualitas yang baik. DENPOO Low Watt DDS05CNI ini termasuk ke dalam salah satu AC 1/2 PK yang hemat daya karena hanya membutuhkan daya listrik sebesar 345 watt untuk digunakan. AC ini juga mampu mengeluarkan kemampuan pendinginan hingga sebesar 4850 BTU per jamnya. AC DENPOO ini dibanderol dengan harga Rp3.120.000.

9. Sanken ELA-06 Split Low Watt 1/2 PK

Sanken ELA-06 memiliki kemampuan pendinginan yang sangat baik. (Foto: BukaReview)

Sanken ELA-06 adalah salah satu AC Split yang memiliki desain minimalis dan tidak membutuhkan daya listrik yang besar. Masukan daya maksimum yang dibutuhkan oleh AC ini hanya sebesar 395 watt saja dan mampu menghasilkan output pendinginan sebesar 5000 BTU per jam. Sanken ELA-06 1/2 PK ini dijual dengan harga mulai dari Rp3.375.000 saja.

10. AQUA AQA-KR5ANR1 1/2 PK

AQUA adalah brand yang sudah cukup dikenali di Indonesia. (Foto: Bukalapak)

Simpel dan elegan, kedua hal tersebut sangat tepat dalam menggambarkan desain dari AC AQUA AQA-KR5ANR1. AC yang dibanderol dengan harga Rp3.120.000 ini termasuk ke dalam salah satu AC hemat listrik yang hanya membutuhkan daya sebesar 390 watt saja. Dalam pembeliannya, AC ini sudah menyediakan bracket indoor untuk mempermudah proses pemasangan unit.

11. AC Low Watt Sharp AH-A5UCY 1/2 PK

Kualitas dari unit AC Sharp tidak boleh diragukan. (Foto: Tokopedia)

Salah satu kelebihan dari AC Low Watt Sharp AH-A5UCY adalah sudah menggunakan refrigerant R32 yang ramah lingkungan. AC ini dibekali juga dengan turbo cooling supaya bisa menghasilkan pendinginan yang cepat. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa membeli AC yang hemat daya ini dengan harga Rp2.500.000.

BACA JUGA :  5 Film Tentang Perang Terbaik Sepanjang Masa!

12. AC PANASONIC ALOWA 1/2 PK CS/CU-KN5WKJ

Kemampuan menghemat listrik AC PANASONIC ALOWA tidak boleh dianggap remeh. (Foto: MDP IT Superstore)

AC PANASONIC ALOWA CS/CU-KN5WKJ sangat diminati karena memiliki kebutuhan daya listrik yang rendah supaya bisa digunakan. AC ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 330 watt dan fitur pendinginan yang lebih cepat sekitar 18% dibandingkan AC biasa. Pendingin udara yang menarik ini dijual dengan harga mulai dari Rp4.450.000.

Itulah 12 rekomendasi AC hemat listrik terbaik dan terjangkau di 2024 yang bisa Anda coba pilih untuk hunian di rumah Anda. Pastikan supaya unit AC terpasang dengan baik supaya tidak terjadi kebocoran yang bisa mengakibatkan kerusakan di kemudian hari.

Tips Memilih AC yang Tepat

Ukuran ruangan menentukan berapa besaran daya AC yang Anda butuhkan. (Foto: Pexels - Max Vakhtbovych)

Anda tidak boleh terburu-buru membeli unit AC tanpa melakukan perhitungan yang matang.

Membeli unit AC tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa membebani kondisi listrik di rumah Anda.

Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan supaya AC yang dibeli menjadi tidak mubazir.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli AC:

  • Hindari untuk membeli AC dengan daya pendingin yang terlalu besar. Semakin besar daya pendinginan memang akan membuat ruangan menjadi cepat dingin tetapi daya yang dikeluarkan akan menjadi mubazir dan secara otomatis tagihan listrik akan meningkat dengan pesat.
  • Pilihlah AC yang memiliki konfigurasi hemat daya. AC akan secara otomatis mengurangi daya listrik yang dibutuhkan setelah beroperasi selama beberapa waktu.
  • Hitung terlebih dahulu ukuran ruangan yang ada di rumah supaya bisa mengetahui besaran efektif dari daya AC yang dibutuhkan. Semakin besar ruangan maka Anda akan membutuhkan AC dengan daya yang lebih besar supaya pendinginan menjadi efektif.
  • Tidak selamanya AC mahal bisa memberikan fitur yang baik. Cek terlebih dahulu spesifikasi dari setiap unit AC yang ditawarkan supaya Anda tidak terjebak membeli unit yang terlalu mahal dan diluar kebutuhan Anda.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com