Mengenal Apa Itu Drywall dan 7 Keunggulannya

Mungkin Anda masih asing dengan istilah dinding kering atau dalam bahasa inggris disebut drywall. Ya, di Indonesia dinding kering memang lebih dikenal sebagai plasterboard atau papan gipsum.

Di era modern seperti sekarang ini, konstruksi drywall semakin diminati dikarenakan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dinding konvensional (beton atau batu bata).

Pemasangannya pun lebih sering ditujukan sebagai partisi untuk berbagai aplikasi seperti cubicle kantor, menyekat antar ruang di rumah, hotel, rumah sakit, apartemen, sekolah, gedung bioskop, hingga museum seni.

Dan berikut Lapakfjbku.com jabarkan apa saja keunggulan dinding kering daripada dinding biasa yang selama ini umum diterapkan.

1. Konstruksi kering

Pemakaian dinding kering untuk kamar tidur

Pemakaian dinding kering untuk kamar tidur

Dibandingkan dinding batu bata biasa, dalam pemasangannya drywall tidak membutuhkan air sehingga lebih hemat dan tidak akan meninggalkan jejak adukan semen yang berceceran.

2. Efisiensi waktu

Karena proses pemasangan drywall sangat ringkas dan praktis, maka pembangunan rumah tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan prosesnya bisa tiga sampai empat kali lebih cepat dan tak memerlukan banyak tenaga kerja (tukang).

Namun sayangnya, penggunaan papan gipsum di tanah air baik untuk plafon maupun dinding partisi masih lebih rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura.

“Pemerintah Singapura terus mendorong penggunaan drywall untuk menggantikan dinding bata sebagai upaya perlindungan terhadap lingkungan,” ujar Managing Director PT Saint-Gobain Construction Products Indonesia (produsen papan gipsum Gyproc), Hantarman Budiono,

“Bahkan keseriusannya telah diwujudkan dalam bentuk regulasi dan menargetkan 80 persen dari bangunan yang ada di sana, sudah tersertifikasi ‘green mark’ pada tahun 2030 nanti,” jelasnya.

Contoh Drywall (1)

Untuk ruang komunal seperti ini, drywall sangat pas digunakan sebagai pembeda antar satu ruang dengan ruang lainnya.

BACA JUGA :  10 Desain Rumah Kost 2 Lantai Lahan Sempit, Bujet Bisa Ngirit!

3. Tekstur ringan

Contoh Drywall (7)

Siapa sangka, tidak hanya untuk dinding atau plafon, dengan kreatifitas tinggi papan gipsum (drywall) bisa jadi furnitur yang karateristik.

Dinding kering bisa delapan sampai 10 kali lebih ringan daripada dinding batu bata. Untuk bangunan vertikal yang menjulang tinggi seperti apartemen, penggunaan drywall dinilai sangat membantu karena dapat mengurangi volume beban konstruksi.

“Menurut sebuah penelitian, drywall dapat menghemat biaya struktural sebanyak 15 persen,” kata Hantarman.

4. Fleksibel

Tidak hanya ringan, papan gipsum (drywall) pun sangat fleksibel dalam menciptakan dan membagi ruang sesuai kebutuhan, sehingga memungkinan Anda untuk memaksimalkan area yang akan digunakan.

Misalnya; membuat beberapa ruang kecil di sebuah kantor, toilet di pusat perbelanjaan, atau co-working space.

Contoh Drywall (9)

Membuat sekat-sekat di rumah akan lebih praktis dengan dinding kering

5. Excellent performance

Dinding bata membutuhkan ketebalan yang cukup fantastis agar dapat meredam suara. Tetapi tidak demikian dengan drywall.

“Walau kelihatannya tidak setebal dinding bata, namun drywall mampu meredam suara secara maksimal. Terutama yang sudah dibekali teknologi Gyptone, sehingga punya kemampuan menyerap suara yang tinggi (akustik),” ungkap Technical Development Engineer Gyproc Indonesia, Fondly Reymont Kurniawan, M.Sc.Eng.

Bukan cuma itu, dinding kering rupanya juga memiliki ketahanan terhadap api, bahkan ada yang sanggup menahan sampai empat jam. Jadi, ketika terjadi kebakaran, penghuni mempunyai cukup waktu untuk menyelamatkan diri atau mengosongkan tempat.

Sedangkan dinding bata dianggap lemah dalam hal insulasi -penggunaan material dengan nilai konduktan rendah untuk mengurangi aliran energi yang melintas pada material tersebut-, karena pada saat kebakaran dinding bata rentan terhadap panas dan kebocoran asap.

6. Daya tarik estetis

Serupa dengan dinding bata, dinding kering juga memberi nilai estetika tersendiri terhadap interior. Apalagi permukaannya yang halus, mulus, dan bebas retak, cocok untuk gaya dekorasi apapun. Entah dinding kering nantinya akan dicat, dipasang wallpaper, atau ditempeli ubin keramik.

BACA JUGA :  10 Desain Kamar Mandi Minimalis 2x3 untuk Berbagai Gaya Rumah

7. Ramah lingkungan

Dinding kering merupakan green product yang dapat didaur ulang dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Materialnya pun bebas air sehingga menghemat pemakaian sumber daya alam yang berharga. Tak heran jika Singapura mengadopsi produk ini untuk bangunan-bangunan baru.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com