12 Gedung Tertinggi di Indonesia, Megah dan Mewah Di 2024

Sejumlah gedung pencakar langit tertinggi di Jakarta Indonesia hadir sebagai ikon kebanggaan nasional di lingkungan perkotaan yang serba modern dan dinamis.

Maraknya gedung-gedung bertingkat tidak hanya menjadikan lanskap kota terlihat lebih panoramik, namun juga sebagai salah satu siasat mengatasi keterbatasan lahan konstruksi properti di tengah daerah padat penduduk.

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki cukup banyak gedung pencakar langit dan berada di peringkat ke-10 secara global.

Jika Dubai saat ini memiliki Burj Khalifa yang mencatat rekor sebagai gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter dan 163 lantai, Indonesia juga memiliki beberapa gedung pencakar langit yang merupakan gedung tertinggi di Jakarta.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai gedung tertinggi di Indonesia, kita akan mengulasnya dengan uraian sebagai berikut.

Yuk, telusuri sejumlah gedung pencakar langit tertinggi yang bakal seru dijadikan sebagai tempat kerja di Jakarta.

1. Gama Tower

Konsep green building diterapkan pada gedung pencakar langit nomor satu di Jakarta ini. (Foto: marriott.com)

Kawasan Kuningan juga menjadi pusat para eksekutif muda berkantor di area Jakarta Selatan.

Dikenal dengan nama Menara Rasuna atau Cemindo Tower, gedung ini berlokasi di Jalan HR. Rasuna Said.

Gedung dengan 64 lantai ini menerapkan konsep dan pengembangan green building yang mencakup perkantoran, hotel, serta restoran mewah.

Saat ini, gedung yang dikembangkan oleh Gama Land ini mendapat predikat nomor satu sebagai gedung tertinggi di Indonesia karena memiliki ketinggian 285,5 meter.

2. Treasury Tower

Gedung pencakar langit tertinggi ke-2 di Indonesia ini bisa ditemui di Kawasan SCBD. (Foto: www.district8jakarta.com)

Berada dalam satu komplek dengan District 8 @ Lot 28 tepatnya di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Treasury Tower mendapatkan peringkat gedung tertinggi di Indonesia nomor dua.

BACA JUGA :  Plafon PVC, Plus Minus, dan Harga Terbaru!

Menara kantor komersial ini didirikan oleh pengembang properti Agung Sedayu Group dan telah rampung sejak 2016 dengan 57 lantai dan tinggi 279,5 meter.

Berkonsep terpadu dengan 10 menara, Anda yang berkantor di lokasi ini pun bisa menjangkau keseluruhan kompleks hanya dengan berjalan kaki.

Menara-menara lainnya yang terdiri dari perkantoran, hunian apartemen, dan hotel saling mendukung satu sama lain.

3. BNI City Tower

Wisma 46 merupakan gedung pencakar langit tertinggi ke-3 di Jakarta. (Foto: Asiagreenbuildings.co)

Gedung ini termasuk gedung yang pertama kali hadir, sejak rampung pada tahun 1996. Atapnya yang unik menyerupai ujung mata pena, membuat gedung yang kini juga dikenal dengan nama BNI City Tower ini sangat mudah dikenali dari kejauhan.

Dengan tinggi 261,9 meter dan lokasi strategis di kawasan Sudirman, gedung ini menjadi gedung kantor paling ikonik dan terpopuler di Jakarta.

Dengan peringkat ke-3 dari daftar gedung tertinggi di Indonesia, gedung kantor ini memiliki akses terdekat dengan beragam moda transportasi publik yang saling terintegrasi, termasuk kereta bandara dan MRT.

4. Menara Astra

Gedung dengan tinggi mencapai 261,5 meter ini dibangun oleh Nikken Sekkei Ltd di kawasan Sudirman sebagai gedung tertinggi tertinggi di Indonesia peringkat ke-4.

Memiliki fungsi utama sebagai perkantoran sebanyak 63 lantai ini memiliki beragam fasilitas seperti ruang konferensi Galeri Astra yang berkapasitas 1.000 orang.

Selain itu, gedung milik Astra Group ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas hiburan dan kuliner, termasuk helipad pribadi.

5. Sahid Sudirman Center

Gedung pencakar langit ini dikelilingi fasilitas lengkap dan menawarkan pemandangan Jakarta sore hari yang ikonik. (Foto: Skyscrappercenter.com)

Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman Kav. 86, Sahid Sudirman Center masuk dalam gedung pencakar langit berkategori premium grade.

Selain itu, gedung yang mulai dibangun pada tahun 2012 ini juga masuk dalam peringkat ke-5 gedung tertinggi di Indonesia.

Gedung milik KSO Sahid Megatama Karya Gemilang ini memiliki 59 lantai dengan ketinggian mencapai 258 meter.

BACA JUGA :  9 Desain Handle Pintu untuk Rumah Minimalis

Gedung yang juga sering disebut Sudirman Center atau The Sahid Sudirman Center ini dirancang dalam kawasan mandiri dan terpadu bernama Sahid City karena dilengkapi dengan fasilitas seperti hotel bintang lima, apartemen, hingga rumah sakit.

6. Hotel Raffles Jakarta

Hotel Raffles Jakarta menjadi satu-satunya gedung hotel paling tinggi di Jakarta (foto: accorhotels.com)

Hotel Raffles Jakarta adalah hotel bintang 5 dan menjadi satu-satunya hotel dengan bangunan hotel dengan gedung tertinggi yang mencapai 253,3 meter dan 52 lantai di dalamnya.

Terletak di kawasan Ciputra World 1 dan terhubung langsung dengan Lotte Shopping Avenue, area DR. Satrio, Jakarta Selatan dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti seperti spa dan fitness club.

7. The Pakubuwono Signature

The Pakubuwono Signature menjadi kondominium paling tinggi di Jakarta (foto: rumah.com)

Gedung kondominium The Pakubuwono Signature menempati peringkat hunian mewah paling tinggi di Jakarta yang mencapai 252 meter dan 50 lantai.

Awal konstruksi dimulai pada tahun 2011, bangunan ini selesai pada tahun 2014 dan berada di kawasan elit Pakubowono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gedung ini memiliki banyak fasilitas mewah baik indoor maupun outdoor seperti sky lounge, perpustakaan, kolam renang hangat, lapangan squash, sky deck, klinik, salon, hingga trampoline.

8. Sinarmas MSIG Tower

Sinarmas MSIG Tower merupakan salah satu gedung pencakar langit yang ramah lingkungan. (Foto: sinarmasmsiglife.co.id)

Sesuai dengan namanya, gedung perkantoran yang memiliki ketinggian 245 meter dan 48 lantai ini dimiliki grup Sinarmas dan merupakan kantor pusat perusahaan asuransi Indonesia, Sinarmas MSIG.

Bangunan berperingkat ke-8 sebagai gedung tertinggi nasional ini dibangun selama 3 tahun dengan konsep modern dan ramah lingkungan.

Penggunaan Low E Glass, sistem kaca ganda pada gedung ini berfungsi untuk mengurangi suhu panas di dalam gedung dan kebocoran suara.

Selain itu, bangunan ini memiliki Building Automation System (BAS) untuk mengontrol air, listrik, dan pendingin udara yang mampu menghemat penggunaan energi.

9. Menara BCA

Ingin berkantor di gedung pencakar langit yang keren? Menara BCA bisa jadi salah satu pilihannya. (Foto: Skyscrappercenter.com/kardoman_tumangger)

Berlokasi di Jalan MH Thamrin no. 1, gedung ini berada di tengah pusat kota Jakarta, tepatnya di Bundaran Hotel Indonesia.

BACA JUGA :  7 Rumah Adat Jawa Barat Peninggalan Leluhur dan Cirinya

Gedung ini juga terletak satu komplek dengan Grand Indonesia Shopping Town, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, dan Kempinski Residence.

Bangunan milik grup Djarum dengan tinggi 230 meter dan 56 lantai ini pun telah menduduki peringkat ke-10 gedung tertinggi nasional.

10. Casa Domaine Tower 1

Bangunan ini adalah kondominium kedua paling tinggi di Jakarta. Memiliki tinggi yang sama dengan

Menara BCA yakni 230 meter, kondominium ini memiliki dua tower yang mana tower keduanya 20 meter lebih rendah.

Memiliki 61 lantai, Casa Domaine yang berada di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat ini berada dalam kompleks seluas 1,2 hektar yang terhubung dengan Shangri-La Hotel dan fasilitas seperti sky terrace, health club, hingga kolam renang.

11. Keraton at The Plaza

Meski bangunan elit ini sejatinya difungsikan hunian apartemen berskala premium, gedung yang juga dikenal dengan nama Keraton Private Residence ini termasuk dalam kategori skyscraper dengan tinggi 226 meter dan 48 lantai.

Masuk peringkat ke-11 sebagai gedung tertinggi nasional, gedung yang merangkap fungsi sebagai hotel bintang lima ini siap bersaing dengan gedung bertingkat lainnya di bilangan Thamrin dan terintegrasi langsung dengan Plaza Indonesia.

Bagi Anda yang merasa lebih nyaman dan produktif bekerja tanpa harus beranjak keluar dari tempat tinggal, opsi ini sangatlah pas.

12. Telkom Landmark Tower 2

Berada di jantung Jakarta, gedung pencakar langit milik Telkom ini mudah diakses. (Foto: tlt.co.id)

Bangunan ini menduduki peringkat ke-13 sebagai gedung pencakar langit dengan tinggi 220,2 meter.

Gedung milik Telkom Group ini terletak sangat strategis di Jalan Jenderal Gatot Subroto serta mudah dijangkau dari segala penjuru Jabodetabek melalui akses tol dalam kota.

Gedung yang mencakup 48 lantai ini telah resmi dibuka sejak tahun 2016.

Selain perkantoran, Telkom Landmark Tower ini juga menyediakan beragam ruang yang dapat diakses publik seperti vertical garden, food court, auditorium, serta masjid.

Bekerja di gedung pencakar langit memang terkesan sangat wah.

Apalagi kini semakin banyak pengembang properti yang membangun kawasan terpadu dengan tempat tinggal dan sarana pendukung lainnya.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com