Kota dengan Pencakar langit Terbanyak di Dunia! Yang Jelas Bukan Indonesia!

By | September 10, 2018

Saat ini Dubai menjadi salah satu kota di dunia yang paling membuat takjub. Kota ini terkenal dengan berbagai kemewahan dan kemegahannya. Wajar kalau kota ini disebut-sebut sebagai destinasi wisata hanya bagi orang-orang berduit. Kalau sekiranya duit kita pas-pasan, jangan coba-coba berliburan ke kota ini. 

Salah satu hal yang paling menakjubkan dari Dubai adalah Burj Khalifa. Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia untuk saat ini. Ketinggiannya mencapai 828 meter dan terdiri dari 163 lantai. Selain Burj Khalifa, masih banyak gedung-gedung pencakar langit lainnya yang terdapat di Kota Dubai, sehingga menjadikan kota ini sebagai salah satu kota dengan gedung pencakar langit paling banyak di dunia.

Kota dengan Pencakar langit Terbanyak di Dunia! Yang Jelas Bukan Indonesia!
Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Kota Dubai (sumber : travelandtrots.com)
Dubai memang kota dengan pertumbuhan pencakar langit paling impresif di dunia. Tapi kalau dilihat dari jumlah pencakar langit yang sudah berhasil dibangun, Dubai bukanlah kota yang menduduki posisi utama. Pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia untuk saat ini adalah Kota Hongkong.
Hongkong sendiri merupakan kota finansial paling utama di Asia. Sama seperti Singapura, Hongkong merupakan sebuah negara kota. Cuma, Hongkong bukanlah sebuah negara yang benar-benar berdiri sendiri. Mereka punya bendera sendiri, pemerintahan sendiri, dan mata uang sendiri, tapi secara teritorial Hongkong merupakan bagian dari Negara China. Bagi kita orang Indonesia, hal semacam ini tentu kelihatan aneh. Kesannya Hongkong itu merupakan sebuah negara dalam negara.
Kembali kepembahasan kita sebelumnya bahwa Hongkong merupakan kota dengan pencakar langit paling banyak di dunia. Dilansir dari situs seasia.co, jumlah pencakar langit di Kota Hongkong mencapai 303 gedung. Jumlah ini jauh mengungguli Kota Dubai. Dubai memiliki pencakar langit sekitar 148 gedung. Hanya saja untuk urusan gedung tertinggi, Hongkong kalah dari Dubai. Gedung tertinggi di Hongkong adalah International Commerce Center dengan ketinggian 484 meter. Bandingkan dengan Burj Khalifa yang ketinggiannya mencapai 828 meter. 
Kota dengan Pencakar langit Terbanyak di Dunia! Yang Jelas Bukan Indonesia!
Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Kota Hongkong (sumber : theculturterip.com)
Sebenarnya tidak ada standar resmi untuk menentukan sebuah gedung merupakan pencakar langit atau bukan. Hanya saja kebanyakan website menggunakan standar yang diterapkan oleh Emporis GmbH. Emporis GmbH merupakan sebuah perusahaan sumber data real estate yang berkantor di Frankfurt, Jerman. Menurut Emporis GmbH, sebuah gedung masuk dalam kategori pencakar langit apabila memiliki ketinggian minimal 150 meter. 
Kota dengan Pencakar langit Terbanyak di Dunia! Yang Jelas Bukan Indonesia!
Kiri gedung tertinggi di Dubai, Kanan gedung tertinggi di Hongkong (sumber : pinterest.com)
Dubai sendiri sebenarnya merupakan kota dengan jumlah pencakar langit terbanyak ketiga di dunia. Untuk posisi kedua diduduki oleh Kota New York. 

Comments

comments