7 Taman Hutan Kota Jakarta yang Bikin Adem Ibukota

Tinggal di kota besar, tentunya sulit menemukan pepohonan yang rindang. Namun saat ini sudah banyak hutan kota Jakarta yang bisa dengan mudah ditemukan. Taman hutan kota Jakarta tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta yang membuat ibukota tambah adem.

Selain taman, hutan kota dapat membantu mengurangi polusi di DKI Jakarta yang cukup tinggi. Kehadiran pepohonan yang rindang juga mampu menjadi daerah resapan air di ibukota dan juga untuk mengurangi banjir yang kerap terjadi di DKI Jakarta.

Nah, bagi Anda yang berdomisili di DKI Jakarta dan ingin melepas penat bisa berkunjung ke 7 hutan kota Jakarta yang rimbun dan adem. Tunggu apalagi cek lokasi hutan kota ini dan kunjungi bersama keluarga atau teman.

Jakarta Selatan merupakan salah satu wilayah di DKI Jakarta yang masih memiliki banyak pepohonan. Hal ini terbukti dengan banyaknya kehadiran taman dan hutan kota Jakarta yang ada di Jakarta Selatan. Apalagi di Jakarta Selatan juga menjadi salah satu kawasan hunian yang bernilai tinggi.

Bagi Anda yang berencana untuk mencari hunian di kawasan Jakarta Selatan mungkin bisa mempertimbangkan kehadiran beberapa hutan kota Jakarta yang ada di sini. Berikut hutan kota Jakarta yang ada di Jakarta Selatan:

1. Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus

1. Hutan Kota Jakarta: Sangga Buana, Lebak Bulus

Hutan Kota Jakarta ini berfungsi sebagai tempat konservasi dan edukasi serta lokasi untuk rekreasi.

Hutan Kota Sangga Buana berlokasi di bantaran Sungai Pesanggrahan, Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Berdiri di hamparan seluas 120 hektar, hutan kota Jakarta ini ditangani oleh kelompok tani Sangga Buana.

Hutan Kota Jakarta ini berfungsi sebagai tempat konservasi dan edukasi serta lokasi untuk rekreasi. Di sini terdapat beberapa rumah tradisional Betawi yang terletak di antara rerimbunan pohon. Selain itu terdapat pula lapangan sepakbola, perpustakaan, dan mushola.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Sendang Bidadari Baturaden Curug Lawang

2. Hutan Kota Blok P, Prapanca

2. Hutan Kota Jakarta Blok P, Prapanca

Hutan kota Jakarta ini kerap dijadikan sebagai tempat rekreasi dan kawasan lindung flora dan fauna.

Hutan kota Jakarta Blok P ini hakikatnya merupakan tipe hutan konservasi resapan air yang berada di kawasan seluas 1,64 hektar. Berlokasi di Jalan Prapanca Blok P dan bersebelahan dengan Balai Kota Jakarta Selatan.

Fasilitas yang ada di sini antara lain terdapat penangkaran rusa, penangkaran burung, monumen dan taman Ade Irma Suryani, halte taman, dan pintu air. Hutan kota Jakarta ini kerap dijadikan sebagai tempat rekreasi dan kawasan lindung flora dan fauna.

Jakarta Pusat dikenal sebagai kawasan pusat bisnis dan pemerintahan dan menjadi wilayah yang selalu ramai. Meski menjadi kawasan pusat kota, saat ini Jakarta Pusat juga memiliki hutan kota Jakarta yang tak kalah menarik.

Saat ini di area Gelora Bung Karno Anda dapat menemukan hutan kota Jakarta yang tak kalah dengan Central Park, New York. Ya, Hutan Kota GBK menjadi salah satu destinasi kaum urban untuk melepas penat hingga berolahraga.

3. Hutan Kota GBK, Tanah Abang

1. Hutan Kota Jakarta GBK, Tanah Abang

Area seluas 4 hektar ini telah ditata sebagai ruang terbuka hijau, sekaligus lahan konservasi.

Hutan Kota Jakarta yang terletak di Gelora Bung Karno (GBK), Kecamatan Tanah Abang ini, sejatinya adalah kawasan kuliner dan wisata yang dibangun oleh Hotel Plataran. Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata DKI Jakarta, sebelumnya Hutan Kota GBK adalah lapangan golf di GBK.

Area seluas 4 hektar ini telah ditata sebagai ruang terbuka hijau, sekaligus lahan konservasi. Hutan Kota GBK telah menjadi salah satu tempat rekreasi para kaum urban di tengah kesibukan hidup di kota besar.

Jakarta Barat menjadi salah satu wilayah di DKI Jakarta yang sudah jarang ditemukan pepohonan. Namun di Jakarta Barat terdapat satu hutan kota Jakarta yang membuat kawasan ini menjadi agak rimbun. Selain itu juga dapat memberikan rasa adem di tengah teriknya matahari ibukota.

BACA JUGA :  Wisata Puthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

Hutan Kota Srengseng merupakan satu dari sekian banyak hutan kota Jakarta yang berada di DKI Jakarta. Terletak di Srengseng, Jakarta Barat dan menjadi kawasan lindung flora dan fauna serta dapat dikunjungi sebagai tempat rekreasi.

4. Hutan Kota Srengseng, Kembangan

1. Hutan Kota Jakarta Srengseng, Kembangan

Hutan Kota Jakarta ini menempati lahan seluas 15,3 hektar dan berbatasan langsung dengan Sungai Pesanggrahan.

Hutan yang terletak di Jalan Haji Kelik, Kembangan, Jakarta Barat ini merupakan kawasan lindung bagi flora dan fauna. Kawasan penelitian plasma nutfah dan pelatihan petugas pengelola hutan, serta kawasan rekreasi yang terbuka untuk umum.

Hutan Kota Jakarta ini menempati lahan seluas 15,3 hektar dan berbatasan langsung dengan Sungai Pesanggrahan. Sebelum menjadi hutan kota Jakarta, area ini merupakan hutan lindung dan juga resapan air.

Jakarta Utara dikenal sebagai kawasan yang rawan banjir. Namun dengan keberadaan beberapa hutan kota Jakarta yang berada di Jakarta Utara, perlahan musibah banjir yang kerap terjadi pun semakin menurun.

Ada dua hutan kota Jakarta yang cukup terkenal di Jakarta Utara, yakni Hutan Kota Mangrove dan Hutan Kota Kemayoran. Dua hutan kota ini menjadi tempat resapan air yang melindungi kawasan Jakarta Utara agar terhindar dari banjir.

5. Hutan Kota Mangrove, Pantai Indah Kapuk

1. Hutan Kota Jakarta Mangrove, Pantai Indah Kapuk

Hutan Kota Mangrove ini juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata untuk melepas penat.

Siapa yang tidak tahu dengan area Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di area ini ternyata ada Hutan Kota Mangrove yang berfungsi sebagai kawasan resapan air untuk menjaga agar wilayah Jakarta Utara terhindar dari banjir.

Hutan Kota Mangrove ini juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata untuk melepas penat. Selain banyak pepohonan rindang, di hutan kota ini ada banyak pohon bakau dan terdapat jembatan cantik yang kerap dijadikan spot untuk berfoto.

BACA JUGA :  Rekomendasi Wisata Mangrove Indonesia Terbaik!

6. Hutan Kota Kemayoran, Kemayoran

2. Hutan Kota Jakarta Kemayoran, Kemayoran

Di hutan kota ini terdapat danau seluas 12,8 hektare, rawa buatan untuk pelindung dari erosi dan abrasi

Hutan Kota Kemayoran dibangun dengan tujuan konservasi lingkungan untuk mendorong terciptanya iklim mikro yang nyaman bagi masyarakat. Terletak di Kemayoran, hutan kota ini juga berfungsi sebagai kawasan penyangga lingkungan fisik kritis perkotaan.

Di hutan kota ini terdapat danau seluas 12,8 hektare, rawa buatan untuk pelindung dari erosi dan abrasi. Selain itu terdapat pula gerbang hutan kota untuk pengamanan dan juga fasilitas lainnya untuk masyarakat yang ingin berekreasi.

Jakarta Timur ternyata juga memiliki hutan kota Jakarta yang berfungsi sebagai daerah resapan air dan perlindungan satwa dan tumbuh-tumbuhan. Salah satu yang tak asing adalah Hutan Kota Cijantung yang terletak di Pasar Rebo.

Hutan kota Jakarta ini berlokasi komplek Kopassus dan kerap dijadikan tempat latihan para prajurit TNI. Selain itu juga sering dijadikan sebagai tempat wisata warga Jakarta Timur dan sekitarnya untuk melepas penat bersama keluarga.

7. Hutan Kota Cijantung, Pasar Rebo

1. Hutan Kota Jakarta Cijantung, Pasar Rebo

Hutan Kota Cijantung terletak di Jalan RA. Fadillah, tepatnya di dekat gapura Komplek Kopassus, Cijantung, Pasar Rebo.

Hutan kota Cijantung, dikenal dengan nama “Hutan Kalimantan”, dulunya sebenarnya difungsikan sebagai tempat latihan bagi prajurit Kopassus. Hutan Kota Cijantung terletak di Jalan RA. Fadillah, tepatnya di dekat gapura Komplek Kopassus, Cijantung, Pasar Rebo.

Luas kawasan hutan kota Jakarta ini 1,75 hektar dan berfungsi sebagai kawasan penyangga lingkungan fisik kritis perkotaan, satwa, koleksi pelestarian plasma nutfah, juga sebagai kawasan rekreasi dan wisata.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com