9 Tempat Wisata Purwakarta yang Beda, Wajib Kunjung Di 2024!

Dari sekian banyak destinasi liburan di Jawa Barat, mungkin masih banyak yang belum menyadari betapa kerennya tempat-tempat wisata Purwakarta. Padahal, seperti umumnya wilayah Jawa Barat, Purwakarta dianugerahi alam yang eksotik dan cocok untuk menikmati pengalaman berlibur yang mengesankan.

Terdapat banyak tempat rekreasi yang menarik dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Alternatif destinasi wisata Purwakarta cukup bervariasi, mulai dari yang bersifat alami, kolam renang & waterpark, taman tematik kekinian, wisata kuliner, hingga outbound yang memicu adrenalin.

Secara geografis, posisi Purwakarta tidak terlampau jauh bila ditempuh dari dua kota besar yang mengapitnya, yakni Jakarta dan Bandung. Begitu pula jika berangkat dari Bekasi, Depok, dan Bogor, bahkan Tangerang.

Artinya, warga Jabodetabek sangat memungkinkan untuk dapat menikmati kawasan wisata Purwakarta. Pasalnya, secara akses, Purwakarta mudah dicapai melalui jalan tol yang sambung menyambung mulai dari Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, hingga Bandung.

Tak salah lagi jika Anda ingin menghabiskan waktu libur akhir pekan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata Purwakarta. Berikut 9 tempat wisata Purwakarta yang recommended dan pas buat piknik bersama keluarga atau teman:

1. Tebing Boyer

Wisata Purwakarta: Tebing Boyer

Tiap sudut Tebing Boyer menghadirkan spot yang Instagramable.

Kalau ada tempat wisata Purwakarta yang ramai di jagad media sosial, pasti jawabannya adalah Tebing Boyer. Bukan tanpa sebab, wisata Purwakarta yang satu ini memang menjanjikan pengalaman berwisata yang menakjubkan. Perbukitan yang asri berpadu dengan Waduh Jatiluhur yang luas menyajikan pemandangan eksotik.

Meskipun perjalanan menuju ke atas tebing cukup berat—trekking sejauh 1,5 km dari pintu masuk—tapi kelelahan Anda akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan dari atas tebing ini. Apalagi kalau berkunjung ke sini saat matahari terbenam, dijamin Anda tidak ingin meninggalkan tempat ini!

Tebing Boyer dipercaya masyarakat setempat sebagai kawasan penggilingan dan penghancur batu andesit. Hal itu terjadi pada tahun 1957 silam dalam rangka pembangunan Waduk Jatiluhur.

Siapa sangka, tebing tersebut kini menjelma sebagai kawasan wisata Purwakarta yang Instagramable. Di sekitar Tebing Boyer terdapat warung-warung makan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ke sini tidak membawa bekal.

Untuk sampai di kawasan wisata Purwakarta ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jarak dari pusat Kota Purwakarta, berkisar satu jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jika ingin naik transportasi umum, bisa pilih jurusan Plered lalu berhenti di pasar Ayar, lanjut dengan naik ojek pangkalan.

Alamat :

Jl. Kp.Talun, Desa Tajursindang, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Rp5.000

2. Bukit Panenjoan

Wisata Purwakarta: Bukit Panenjoan

Jembatan bambu unik di Bukit Panenjoan menjadi spot yang paling diburu para wisatawan.

Bukit Panenjoan adalah sebuah kawasan wisata Purwakarta yang menawarkan pemandangan alam berupa perkebunan teh. Pepohonan teh yang berjajar seluas 100 hektar tersebut menyajikan panorama alam yang super ciamik.

Tentu saja ini menjadi semacam magnet bagi wisatawan yang gemar berburu tempat-tempat berpose yang layak posting di media sosial. Panenjoan merupakan bahasa Sunda yang artinya penglihatan. Maksudnya, dari tempat wisata Purwakarta ini kita bisa memandang alam yang luas tanpa ada penghalang.

Dulunya, kawasan Bukit Panenjoan berupa lahan tandus yang kemudian diolah menjadi lahan hijau sehingga nampak seperti sekarang ini. Ditambah lagi dengan adanya jembatan bambu berdesain unik dan spot-spot foto yang keren, wisata Purwakarta yang satu ini sukses menjaring banyak pengunjung.

Letak Bukit Panenjoan berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Purwakarta. Bukit ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Purwakarta menuju ke arah Wanayasa. Ikuti petunjuk yang tersedia untuk sampai ke Kampung Cinangka.

Alamat:

Jl. Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Kp. Cinangka, Desa Sindang Panon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

BACA JUGA :  Liburan Ke Bandung? Lakukan Hal Ini Saja!

Buka:

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp5.000

3. Parang Gombong

Wisata Purwakarta: Parang Gombong

Wisatawan banyak yang touring dan camping di Parang Gombong.

Jika ke Purwakarta, jangan lupa memasukkan Parang Gombong ke dalam daftar destinasi wisata. Wisata Purwakarta yang satu ini berupa bendungan dengan pemandangan lahan rerumputan bak karpet hijau di tepian danau yang menyatu dengan Waduk Jatiluhur.

Soal spot-spot menarik? Wah jangan khawatir. Sepanjang mata memandang, Anda akan terkesima dibuatnya. Datanglah sore hari, nikmati suasana matahari terbenam yang semburat jingganya menerpa danau dan hamparan rumput. Menakjubkan!

Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata Purwakarta ini dengan cara touring kendaraan bermotor sekaligus berkemah. Fasilitas di Parang Gombong cukup memadai, mulai dari toilet umum, musala, hingga jajaran warung makan yang buka 24 jam.

Area camping Parang Gombong terletak di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu dapat berkendara selama sekitar 45 menit dari pusat kota Purwakarta menuju arah Jatiluhur.

Dari Jakarta atau Bandung, dapat menuju Tol Cipularang kemudian keluar di pintu Tol Jatiluhur. Ketika bertemu pertigaan jalan, beloklah ke arah kiri sampai pasar Bunder Jatiluhur. Dari situ, belok kanan dan mengikuti jalan yang ada melaju ke Jl. IR. H. Juanda hingga tiba di PT Indosat Jatiluhur. Lanjutkan perjalanan sampai melewati Jembatan Waduk Jatiluhur. Lokasi gerbang masuk Parang Gombong berada di sebelah kiri jalan.

Alamat :

Desa Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp10.000 jika ingin berkemah.

4. Cikao Park

Wisata Purwakarta: Cikao Park

Berenang di kolam yang bernuansa pantai menjadi satu aktivitas yang seru dilakukan di Cikao Park.

Lengkapi liburan Anda ke tempat wisata Purwakarta dengan mengunjungi Cikao Park. Kawasan wisata Purwakarta ini terbagi menjadi beberapa bagian, yakni Waterpark, Taman Satwa, Rumah Ilusi, Lampion Garden, dan lainnya. Karena banyak wahananya, Cikao Park sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Beragam aktivitas dan wahana bisa dimainkan di tempat wisata Purwakarta ini, seperti berenang di taman air, berenang dengan nuansa pantai, bermain di kolam busa, mengenal berbagai satwa, berkunjung ke rumah hobbit, dan berpose di taman lampion.

Selain itu, Cikao Park juga menyediakan wahana lain, seperti ATV, bebek air, mini roller coaster, dan “pantai” ber pasir putih sambal memandangi alam sekitar yang asri dan sejuk.

Di Cikao Park, Anda bisa berwisata kuliner khas Purwakarta, seperti sate maranggi dan lain sebagainya. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Purwakarta ini juga tergolong lengkap, mulai dari area parkir yang cukup luas, musala, toilet, tempat makan, saung, kolam pemandian beragam ukuran, hingga penginapan.

Tidak sulit untuk mencapai Cikao Park. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Purwakarta, hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit dengan jarak 5 km. Sementara bagi Anda yang datang dari arah Jakarta atau Bandung bisa melalui jalan Tol Cipularang lalu keluar di pintu Tol Jatiluhur. Selepas itu, ikuti petunjuk arah menuju kawasan industri Cikao.

Alamat :

Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta , Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk :

Rp20.000

5. Hidden Valleyhills

Wisata Purwakarta: Hidden Valleyhills

Dari Hidden Valley Hills, Anda dapat menikmati pemandangan yang memanjakan mata.

Hidden Valley Hills merupakan salah satu obyek wisata Purwakarta yang dapat dijadikan destinasi liburan bagi Anda dan keluarga. Hidden Valley Hills menyuguhkan pesona alam yang menawan dan suasana asri pegunungan yang sangat cocok untuk beristirahat dari hiruk pikuk perkotaan dan rutinitas.

Hidden Valley Hills dibangun karena terinspirasi dari adanya tugu Belanda Kuno yang bertuliskan 1898 M di sini. Terletak di ketinggian 333 mdpl, kawasan wisata Purwakarta ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona serta suasana yang sejuk khas pegunungan yang menenangkan.

Pemandangan di Hidden Valley Hills memang sangat memanjakan mata. Tapi bukan hanya itu yang ditawarkan tempat wisata Purwakarta ini, lho! Terdapat sebuah resort atau penginapan dengan berbagai tipe kamar yang nyaman untuk Anda bermalam di sini.

BACA JUGA :  Rekomendasi Tempat Belanja Di Jogja, Tempat Wisata Belanja Yogyakarta!

Selain itu, berbagai spot menarik bisa dimanfaatkan untuk mengisi feed akun Instagram Anda. Puas berburu foto, silakan menceburkan diri ke kolam renang yang sejuk dan menyegarkan.

Hidden Valley Hills berjarak kurang lebih 16 km dari pusat Kota Purwakarta dan memakan waktu sekitar 40 menit. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, arahkan menuju ke Plered atau ke Cianting.

Setelah sampai ke pertigaan Cianting, Anda tinggal mengarahkan kendaraan masuk ke dalam gang, dan tibalah Anda di tempat wisata Purwakarta yang keren ini.

Alamat :

Desa Cibodas, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Rp35.000

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Wisata Purwakarta: Taman Air Mancur Sri Baduga

Atraksi menarik dari Taman Air Mancur Sri Baduga selalu dinanti para wisatawan.

Taman Air Mancur Sri Baduga kini menjadi salah satu tempat wisata Purwakarta yang diunggulkan. Awalnya, taman ini dikenal dengan sebutan Situ Buleud. Alkisah pada zaman dahulu, Situ Buleud merupakan kubangan besar tempat berendam badak.

Untuk mengenang hal itu, Pemkab Purwakarta membangun patung badak di pertigaan depan Taman Air Mancur Sri Baduga.

Atraksi air menari yang dihiasi dengan warna-warni lampu merupakan andalan dari Taman Air Mancur Sri Baduga. Lokasinya yang cukup dekat dengan alun-alun Purwakarta, tempat wisata Purwakarta ini selalu ramai oleh wisatawan, baik lokal maupun yang datang dari Jakarta dan Bandung.

Tak hanya air mancur, taman seluas sekitar 4 ha ini menawarkan beragam aktivitas lain. Pengunjung boleh duduk bersantai di sekitar kawasan Taman Sri Baduga sembari menikmati aneka kuliner khas di sekitar taman, semisal sate maranggi.

Di pagi hari, kompleks wisata Purwakarta ini bisa digunakan sebagai arena olahraga, seperti jogging dan senam. Datanglah sepagi mungkin karena Anda akan dapat bonus menyaksikan pesona matahari terbit dari taman ini.

Akses menuju Taman Air Mancur Sri Baduga sangatlah gampang. Para wisatawan yang datang dari luar Purwakarta bisa melalui jalan Tol Cipularang. Gerbang tol terdekat dari kawasan wisata Purwakarta ini adalah gerbang Tol Ciganea.

Setelah itu ambil arah sebelah kiri menuju pusat Kabupaten Purwakarta. Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga berada di seberang sebelah kanan Pendopo Kabupaten Purwakarta.

Alamat :

Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari

Pukul 06.00-09.00 WIB dan Pukul 17.30-21.00 WIB

Pertunjukan air mancur hanya hari Sabtu, Pukul 19.30-selesai.

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Gunung Parang

Wisata Purwakarta: Gunung Parang

Pendakian gunung Parang via jalur ferrata, sungguh menantang.

Anda tengah mencari destinasi gunung dengan jalur pendakian yang unik? Yuk, cobain naik gunung Parang. Gunung yang menjadi destinasi wisata Purwakarta ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak pendaki dan pemanjat tebing penasaran untuk menaklukkannya.

Gunung berketinggian 930 mdpl ini menjadi gunung batu andesit tertinggi di Indonesia sekaligus lokasi wisata panjat tebing tertinggi kedua di Asia. Gunung Parang memiliki tiga puncak berbeda, yakni Tower I, Tower II, dan Tower III, dengan karakteristik yang berbeda sebagai jalur panjat tebing dan pendakian. Daya tarik inilah yang membuat wisata Purwakarta yang satu ini menjadi arena panjat tebing favorit para pendaki.

Setibanya di puncak gunung Parang, Anda seketika lupa dengan rasa lelah. Dari atas puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari lanskap Kota Purwakarta yang memukau, permukiman warga, hingga “penampakan” sungai Citarum, Waduk Jatiluhur, serta gunung-gunung batu andesit lain, seperti gunung Bongkok dan gunung Lembu yang melengkapi panorama wisata Purwakarta.

Selain panjat tebing, gunung Parang juga menawarkan aktivitas menantang bernama Tyrolean traversea, yaitu aktivitas menyeberang antarpuncak dengan menggunakan seutas tali. Di antara dua puncak wisata Purwakarta ini, Anda bisa membentangkan hammock pada tali untuk menikmati pesona alam dari ketinggian. Seru kan?

BACA JUGA :  Wisata Air Terjun Curug Kembar Baturraden

Untuk bisa mencapai gunung Parang, Anda yang berangkat dari Jakarta atau Bandung bisa berangkat lewat Tol Cipularang menuju Purwakarta. Pilih keluar di pintu Tol Jatiluhur, kemudian arahkan kendaraan menuju Plered. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju Cilalawi dengan mengikuti petunjuk jalan hingga tiba di basecamp gunung Parang.

Alamat :

Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

  • Via Jalur Ferrata:
  • Ketinggian 100 m adalah Rp100.000/orang
  • Ketinggian 300 m adalah Rp150.000/orang
  • Ketinggian 700 m adalah Rp465.000/orang
  • Via Jalur Taraje adalah Rp10.000/orang

8. Desa Sajuta Batu

Wisata Purwakarta: Desa Sajuta Batu

Skylodge tertinggi di dunia ada di Desa Sajuta Batu, Purwakarta.

Datanglah ke Desa Sajuta Batu, tempat wisata Purwakarta yang satu ini menawarkan wahana nomor 1 di dunia, yakni skylodge, sebuah pondokan atau tempat menginap seperti kapsul yang seolah-olah berada di langit.

Desa Sajuta Batu menawarkan destinasi wisata batu-batu andesit yang bentuk dan ukurannya cukup beragam, dari yang kecil hingga andesit sebesar Gunung Parang. Selain itu, di tempat wisata Purwakarta ini, Anda juga diajak untuk menikmati panormana hijau yang menakjubkan.

Pegunungan menjulang tinggi menambah keindahan dari wisata tersebut. Di sini, Anda bisa puas mengambil foto dengan pemandangan yang tak pernah Anda saksikan sebelumnya. Selain itu, Anda bisa mencoba wahana flying fox dan offroad serta aktivitas berkemah dan memancing.

Bagi Anda yang berasal dari Jakarta atau Bandung dan ingin menuju Desa Sajuta Batu Purwakarta, pilihan jalurnya bisa melalui jalan Tol Purbaleunyi atau Tol Cipularang, lalu keluar di pintu gerbang Tol Ciganea.

Setelah itu, ambil jalur menuju arah Pasar Plered lalu arahkan kendaraan menuju Ciakar yang berada di Kecamatan Tegalwaru. Jalan menuju Desa Sajuta Batu bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Alamat :

Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

9. Waduk Jatiluhur

Wisata Purwakarta: Waduk Jatiluhur

Eksotika Waduk Jatiluhur di kala senja.

Belum “sah” rasanya jika ke Purwakarta tapi tidak “menengok” Waduk Jatiluhur. Di antara sekian banyak destinasi wisata Purwakarta, Waduk Jatiluhur boleh dibilang yang cukup legendaris. Bendungan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini mulai dibangun pada tahun 1957 oleh perusahaan konstruksi asal Prancis dengan kemampuan mengaliri air ke persawahan hingga seluas 242 ribu hektar. Wow…!

Uniknya lagi, Waduk Jatiluhur memiliki bangunan yang berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan air yang diberi nama pelimpah Morning Glory—bentuknya mirip bunga terompet.

Tahukah Anda kalau tipe pelimpah di dam ini merupakan yang terbesar di dunia? Ya, hanya ada dua tipe pelimmpah jenis ini, satunya lagi kepunyaan Amerika Serikat, dan yang ada di kawasan wisata Purwakarta yang satu ini merupakan yang terbesar di dunia.

Nah, di tempat wisata Purwakarta ini, Anda tidak hanya menemui sebuah waduk yang luas bak lautan, tapi juga spot-spot wisata kekinian dan Instagenic.

Selain pemandangannya yang banyak dibandingkan dengan keindahan alam Skotlandia, di Waduk Jatiluhur juga terdapat waterpark, camping ground, budidaya ikan, dan Istora Resort & Café, sebuah penginapan dan tempat makan dengan view yang langsung menghadap ke perairan waduk.

Letak Waduk Jatilihur berjarak 11 km dari pusat Kota Purwakarta dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Bila Anda datang dari arah Jakarta atau Bandung, bisa melalui jalan Tol Cipularang lalu keluar di Gerbang Tol Jatiluhur untuk mencapai wisata Purwakarta Waduk Jatiluhur.

Alamat:

Kecamatan Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Weekday : Rp15.000
  • Weekend : Rp20.000

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com