Wisata Puthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

Puthuk Setumbu mungkin belum begitu banyak yang mengenal, namun sejatinya destinasi yang baru mulai terkenal ini adalah salah satu alternatif untuk berburu sunrise di Jawa Tengah selain dengan menyapa matahari terbit di Candi Borobudur yang fenomenal.

Punthuk Setumbu ini adalah sebuah bukit yang berada di berketinggian sekitar 400 meter di sebelah Barat Daya Candi Borobudur.

Entah sejak kapan nama Puthuk Setumbu ini mulai ramai diperbincangkan, hingga sekarang ini menjadi salah satu destinasi alternatif di Magelang, Jawa Tengah yang harus dikunjungi selain Candi Borobudur.

Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, sekitar beberapa ratus meter dari sana. Sedangkan lokasi tepatnya sendiri berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kec Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Tempat ini juga terkenal sebagai Nirwana Sunrise yang ada di wilayah Borobudur. Karena dari sana, teman – teman traveler bisa melihat sunrise yang sangat menakjubkan.

Bahkan kalau sedang beruntung, teman – teman traveler bisa melihat matahari pagi yang muncul perlahan dan bersinar dengan halus di antara Gunung Merapi dan Merbabu.

Wisata Puthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

Puthuk setumbu

Meskipun Puthuk Setumbu ini berada di Magelang, namun uniknya paket perjalanan dan pengunjung yang datang ke tempat ini banyak berasal dari Yogyakarta. Dari Yogyakarta Puthuk Setumbu bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Tentunya selain ituteman – teman traveler yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu harus membayar retribusi sebesar Rp 30.000 / orang.

Untuk mencapai Puthuk Setumbu, penanda utamanya adalah Candi Boroudur. Tenang saja, menemukannya bukanlah perkara yang sulit sebab sudah ada petunjuk arah menuju Puthuk Setumbu. Gampangnya, dari depan Taman Wisata Candi Borobudur cari jalan yang menuju Hotel Manohara, kemudian lurus saja terus ke arah perbukitan Menoreh.

BACA JUGA :  Wisata Tebing Cadas Gantung Majalengka

Nah, tidak jauh dari situ akan ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Iya, Puthuk Setumbu berada tidak jauh dari situ, di pertigaan tadi belok kanan saja mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

Wisata Puthuk Setumbu Cukup Populer

Puthuk setumbu

Usahakan datang di waktu pagi hari sebelum Matahari terbit agar moment sunris di Puthuk Setumbu tidak terlewatkan. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00, lalu teman – teman traveler bisa menuju ke lokasi pos sekitar jam 05:30 pagi. Itu akan lebih baik dan memperbesar kesempatan melihat moment sunrise yang indah. Karena siluet Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dengan dikerubuti kabut tipis.

Puthuk Setumbu

Berapa Harga Tiket Masuk Ke Puthuk Setumbu?
Tiket masuk : Rp. 30.000,-

Comments

comments