10 Taman di Jakarta Timur Paling Rekomendasi Buat Dikunjungi

Kehadiran taman-taman di Jakarta Timur memberikan sentuhan alami di tengah gedung-gedung bertingkat. Belum lagi kemacetan yang menjadi pemandangan umum nyaris setiap hari. Maka keberadaan taman-taman yang asri cukup membantu meningkatkan kualitas kehidupan di wilayah di Jakarta Timur.

Kita dapat menemukan taman-taman yang asri dan indah di tiap sudut kawasan Jakarta Timur. Yang menarik, taman di Jakarta Timur tidak hanya menjadi hiasan kota belaka, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk berolahraga, refreshing, bahkan kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Ingin merasakan keasrian taman di Jakarta Timur? Kami rekomendasikan 10 taman di Jakarta Timur yang asyik untuk Anda kunjungi. Jangan lupa ajak keluarga atau janjian dengan teman-teman, ya!

1. Taman Waduk Ria Rio

1. Taman di Jakarta Timur: Taman Waduk Ria Rio

Keeksotisan pohon baobab menambah keindahan panorama Taman Waduk Ria Rio.

Menempati area seluas 2,6 hektar, taman di Jakarta Timur ini tidak hanya menyajikan pemandangan waduk yang cukup bersih, tapi juga berbagai fasilitas yang menggembirakan bagi pengunjungnya. Taman Waduk Ria Rio memiliki trek jogging yang nyaman untuk berlari ataupun jalan santai.

Berbagai jenis pohon dapat ditemui di Taman Waduk Ria Rio. Selain untuk keindahan, pepohonan ini mampu mengoptimalkan fungsi taman sebagai daerah tangkapan air dan paru-paru kota. Pohon baobab yang didatangkan dari Afrika ini tentu saja menjadi ikon dan mengundang para pengunjung untuk berswafoto.

Dalam rangkaian penyambutan tahun baru sebelum pandemi Covid-19, salah satu taman di Jakarta Timur ini menyelenggarakan Festival of Light. Semoga kegiatan ini bisa menjadi destinasi yang berkelanjutan di masa yang akan datang karena terbukti mampu menghadirkan hiburan yang seru bagi masyarakat.

Alamat :

Jl. Pulo Mas Utara Blok E No. 1, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

2. Taman Kota Jakarta Garden City

2. Taman di Jakarta Timur: Taman Kota Jakarta Garden City

Figure 2Ruang Terbuka Hijau yang cukup luas di kompleks Jakarta Garden City, Jakarta Timur.

Taman di Jakarta Timur kerap menjadi tujuan orang untuk melakukan aktivitas fisik maupun bersantai. Nah, bagi Anda yang tinggal di sekitar kawasan Cakung, boleh mencoba keseruan beraktivitas di Taman Kota Jakarta Garden City.

Berada di kawasan perumahan Jakarta Garden City, hutan kota seluas dua hektar di ujung bulevar berisi puluhan jenis pohon yang sudah besar. Selain menjadi kawasan konservasi dan resapan air, taman di Jakarta Timur tersebut juga menjadi area rekreasi warga.

Nah jika Anda bertandang ke Taman Kota Jakarta Garden City, sempatkan juga untuk ke taman lainnya yang masih berada di kawasan perumahan ini, yakni Eco Park. Di taman seluas 1,2 hektar ini, warga dapat berolahraga dan lari-lari santai di jogging track sepanjang 400 meter.

BACA JUGA :  Hal Jadul Yang Jarang Ditemui Traveler Jaman Now!

Alamat :

Jl. Jakarta Garden City, Cakung Timur, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

3. Taman Menteng Utama

3. Taman di Jakarta Timur: Taman Menteng Utama

Terletak di kawasan perumahan, Taman Menteng Utama menawarkan fasilitas untuk berolahraga dan santai bersama keluarga.

Ketika mencari taman di Jakarta Timur untuk sekadar melepas penat, tidak berlebihan jika Taman Menteng Utama masuk dalam daftar kunjungan Anda, terlebih bagi Anda yang tinggal di wilayah Ujung Menteng, Cakung.

Taman Menteng Utama merupakan fasilitas publik yang berada di kompleks perumahan Metland Menteng. Meski begitu, taman di Jakarta Timur yang satu ini boleh dikunjungi oleh siapa pun. Tempatnya asri dan cukup sejuk sehingga cocok jika Anda datang pagi hari untuk berolahraga di sini.

Desain taman yang cukup keren membuat Taman Menteng Utama tidak hanya asyik buat olahraga atau santai bersama keluarga, tapi juga foto-foto. Jangan lupa, posting foto-foto terkeren Anda di media sosial!

Alamat :

Jl. Menteng Niaga No.1, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Buka :

Selasa-Minggu, Pukul 06.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Taman Piknik

4. Taman di Jakarta Timur: Taman Piknik

Taman yang asri, cukup asyik untuk bersantai ataupun berolahraga.

Taman Piknik, salah satu taman di Jakarta Timur yang relatif masih baru ini memiliki luas sekitar 1 hektar. Lokasi Taman Piknik terletak berdekatan dengan permukiman warga dan sekitar 1 kilometer dari Jalan Raya Kalimalang. Hal itu menjadi keuntungan bagi warga karena mudah untuk mengakses taman untuk berkegiatan.

Cobalah untuk mengunjunginya, maka Anda akan merasakan suasana asri taman yang ditanami berbagai tanaman. Pohon tabebuya menghias area taman utama sehingga nampak indah.

Tidak jauh dari pintu masuk, ada sebuah kolam yang menambah asri Taman Piknik. Di dalam teman, terdapat tempat duduk yang terbuat dari beton untuk bersantai bagi para pengunjung.

Taman di Jakarta Timur yang satu ini dilengkapi fasilitas publik yang cukup nyaman. Buat Anda yang hobi olahraga lari, terdapat sebuah jogging track yang rata, cukup nyaman untuk Anda gunakan. Tak ketinggalan, fasilitas penting seperti toilet bisa Anda temukan di Taman Piknik.

Alamat :

Jl. Manunggal II, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk :

Gratis

5. Taman Flamboyan

5. Taman di Jakarta Timur: Taman Flamboyan

Pepohonan rindang menghadirkan kesejukan udara di kawasan taman, apalagi di pagi hari.

Bagi Anda yang tinggal di Cilangkap, tidak sulit menemukan taman yang asri untuk melakukan kegiatan fisik, seperti berolahraga. Taman Flamboyan adalah salah satu taman di Jakarta Timur, tepatnya di kawasan Cilangkap yang cukup recommended sebagai tempat berolahraga atau santai.

BACA JUGA :  Gemar Mendaki Plus Pecinta Hello Kitty? Beginilaah Jadinya!

Taman Flamboyan terbilang sangat asri dengan banyaknya pohon-pohon yang “memayungi” taman. Fasilitas yang tersedia di taman ini cukup memadai, antara lain:

  • Arena bermain voli
  • Jogging track
  • Toilet
  • Tempat pembuangan sampah

Alamat :

Jl. Raya Cilangkap, Cilangkap, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur , DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 05.30-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

6. Taman Apung

6. Taman di Jakarta Timur: Taman Apung

Salah satu spot yang cukup seru dan Instagenic dari Taman Apung.

Taman Apung, salah satu taman di Jakarta Timur yang cukup asri dengan pemandangan danau kecil yang menenangkan. Berada di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas ruang terbuka hijau ini bisa akses publik, terutama bagi Anda yang tinggal di wilayah sekitarnya.

Taman Apung masuk dalam program “Taman Maju Bersama” yang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta. Berbagai fasilitas umum pun melengkapi keberadaan taman di Jakarta Timur yang satu ini, mulai dari kursi-kursi untuk duduk santai, area bermain anak, toilet, dan keamanan.

Oh iya, danau kecilnya dilengkapi dengan ikan-ikan sehingga siapapun yang datang ke Taman Apun bisa melakukan aktivitas memberi makan ikan. Tentu saja hal ini bisa membuat anak-anak merasa senang. Silakan berkunjung ke Taman Apung, baik pagi maupun sore hari.

Alamat :

Jakarta Est 3, Kelapa Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Taman Delonix

7. Taman di Jakarta Timur: Taman Delonix

Taman Delonix menyediakan fasilitas lengkap yang menarik, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Satu lagi, taman di Jakarta Timur yang relatif baru hadir sebagai fasilitas publik yang bisa diakses public secara gratis. Ya, namanya Taman Delonix, ruang terbuka hijau yang dibangun oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta ini udah bisa dinikmati warga sejak Januari 2020 lalu.

Berdiri di atas lahan seluas 8.250 meter persegi, Taman Delonix menawarkan fasilitas yang terbilang lengkap. Di sini, Anda bisa lari-lari santai di atas trek yang disediakan khusus untuk jogging. Fasilitas olahraga lainnya adalah lapangan futsal yang cukup representatif.

Ada pula area bermain anak yang dilengkapi permainan uji ketangkasan maupun seluncuran yang dibangun dengan memanfaatkan ban-ban bekas. Di sisi kanan taman, persis di belakang lapangan futsal, Anda akan menjumpai peralatan fitness yang boleh digunakan untuk berolahraga.

Alamat :

Jl. Tipar, Pekayon, Kec. Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

8. Taman Mahoni

8. Taman di Jakarta Timur: Taman Mahoni

Taman Mahoni menjadi sentra hiburan bagi warga di sekitarnya.

Meski jumlahnya belum ideal, keberadaan taman di Jakarta Timur sudah cukup dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terlebih jika taman tersebut berdiri di dekat permukiman penduduk, maka bisa menjadi hiburan tersendiri bagi warga setempat.

BACA JUGA :  Rekomendasi Hotel Di Bali Untuk Bulan Madu Pasangan Baru

Taman Mahoni adalah contoh bagaimana seharusnya sebuah taman hadir di tengah-tengah permukiman. Taman seluas sekitar 1 hektar itu dibangun oleh Pemerintah Kota Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Lokasinya berada di antara rumah-rumah warga sehingga mudah diakses. Suasana teduh dan nyaman begitu terasa saat pengunjung memasuki area Taman Mahoni.

Sama seperti taman-taman di Jakarta Timur lainnya, Taman Mahoni memiliki beragam fasilitas. Mulai dari tempat bermain anak, lahan berumput, pohon-pohon yang rindang, bangku taman, hingga toilet. Beragam pohon yang ditanam di sana, antara lain eucalyptus dan belimbing wuluh.

Alamat :

Jl. Raya PKP, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

9. Taman PPA Blok Paitem

9. Taman di Jakarta Timur: Taman PPA Blok Paitem

Figure 3Taman PPA, cukup representatif untuk bersantai dan berkegiatan fisik.

Salah satu taman di Jakarta Timur ini termasuk program “Taman Maju Bersama”. Berlokasi di Bambu Apus, Taman PPA masuk kategori taman lingkungan yang tidak hanya berfungsi untuk mengontrol lingkungan, tapi mengakomodasi kebutuhan rekreasi masyarakat sekitar terhadap taman pada skala lingkungannya.

Sebagai taman yang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta, maka Taman PPA pun dilengkapi fasilitas yang menambah fungsi taman. Anda akan menemui sarana, seperti lapangan basket, outdoor fitness, kolam, arena bermain anak, toilet, dan penjagaan keamanan.

Alamat :

Blok Paitem, Jl. P.P.A Blok Paitem No. 31, Bambu Apus, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

10. Taman Bambu

10. Taman di Jakarta Timur: Taman Bambu

Taman Bambu berkonsep taman wisata yang bisa diakses oleh warga secara gratis.

Taman Bambu menjadi salah satu taman di Jakarta Timur yang berkonsep wisata alam. Taman yang dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta ini dibangun di atas lahan dengan luas sekitar 3 hektar. Taman yang cukup luas dengan desain yang asri dan sejuk karena banyak pepohonan memenuhi area taman.

Taman Bambu menghadirkan beberapa fasilitas, di antaranya terdapat waduk buatan, pepohonan yang tinggi meneduhkan, lapangan bermain bola atau bulu tangkis untuk anak-anak maupun orang dewasa, sejumlah gazebo sebagai tempat singgah, wahana bermain anak, hingga jogging track.

Pesona keindahan alam yang ditawarkan oleh taman di Jakarta Timur yang satu ini dapat membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama. Tak hanya sekadar bersantai menghabiskan waktu luang, di sini Anda bisa memanfaatkan untuk melakukan kegiatan fisik, baik dengan keluarga maupun komunitas.

Alamat:

Jl. Rw. Binong Blok Jacky No.60 4, RW.3, Bambu Apus, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka:

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com