7 Taman di Bandung, Buat Nyantai Paling Mendukung

Bukan hanya hawanya yang sejuk dan kuliner khasnya yang lezat, Bandung juga memiliki sejumlah taman yang bisa dijadikan tempat “pelarian” dari rutinitas harian. Ya, taman-taman di Bandung punya segudang fasilitas yang bisa membuat Anda merasa relaks ketika singgah di dalamnya.

Taman memang bisa menjadi alternatif tempat hiburan bermanfaat dan cukup murah. Taman-taman kota umumnya bisa diakses secara gratis oleh warga atau wisatawan yang berasal dari wilayah tersebut. Begitu juga taman di Bandung, banyak yang bisa dikunjungi secara gratis. Kalau pun harus membayar, tentunya tidak memberatkan kantong Anda.

Jika saat ini Anda tengah bertandang ke Bandung dan tidak sabar ingin menghabiskan waktu di taman, silakan Anda pertimbangkan 7 taman di Bandung buat nyantai paling mendukung yang kami rekomendasikan berikut ini:

1. Sang Ikonik Alun-alun Kota Bandung

Taman di Bandung: Sang Ikonik Alun-alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung selalu menjadi magnet bagi para wisatawan.

Berlokasi di jantung kota, Alun-alun Bandung menjadi spot yang sangat ikonik. Taman di Bandung yang paling hits ini memang sangat mendukung untuk tempat bersenda gurau bersama keluarga atau teman-teman.

Di atas hamparan rumput sintetisnya yang indah, kita bebas bersantai. Apalagi menjelang senja, kita akan disuguhi pemandangan langit jingga yang eksotik. Tak ayal banyak warga Bandung yang bersantai sore di sini.

Alun-alun yang sudah berdiri sejak 1810 ini memiliki daya tarik tidak hanya bagi warga Bandung, tapi juga wisatawan yang singgah. Selain leyeh-leyeh di atas rumput sintetis, Anda bisa menikmati deretan bunga yang penuh warna di sekitar lapangan.

Dan untuk menikmati pesona kawasan seluas 4.000 m2 dari ketinggian, Anda bisa naik ke puncak menara Masjid Raya Agung. Cukup membayar Rp10.000, Anda sudah bisa mengakses menara setinggi 81 m ini dengan jam operasional antara pukul 10.00-16.00 WIB. Pemandangan menawan Alun-alun Bandung siap menanti Anda!

Aktivitas lain yang bisa dilakukan selama berada di sini antara lain wisata kuliner. Di sekitar alun-alun, banyak pedagang yang menjajakan sajian khas Bandung, seperti mi kocok, batagor, tahu gejrot, dan banyak lagi.

Puas menyantap camilan khas, Anda bisa mengelilingi taman di Bandung ini menggunakan BANDROS. Kalau kebetulan Anda singgah di sini pada hari Sabtu, jangan lewatkan pasar malam yang digelar di seberang alun-alun.

BACA JUGA :  Info Budget Liburan 5 Negara Di Eropa Selama 15 hari

Alamat :

Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

2. Taman Peta Park, Tempat Santai yang Layak Di Bandung

Taman di Bandung: Peta Park, Tempat Santai yang Layak

Tampilan Peta Park yang Instagenic membuat siapa pun tertarik.

Peta Park merupakan salah satu taman di Bandung yang menyajikan tema spot foto yang keren. Taman kota yang hijau dan bersih ini sangat cocok dikunjungi oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga lansia, yang ingin sekadar refreshing.

Taman-taman hijau yang menghampar luas berpadu dengan air terjun mini membuat Peta Park sangat layak dijadikan tempat untuk melepas kepenatan. Ditambah lagi taman bunga, kolam ikan, serta arena bermain untuk anak-anak, kawasan ini begitu memanjakan pengunjungnya.

Saat malam tiba, gemerlap lampu-lampu di Peta Park menyuguhkan tampilan yang cukup memukau. Taman di Bandung yang satu ini dilengkapi dengan sebuah bangunan dua lantai.

Dari lantai dua, Anda bisa menyaksikan langit sore yang memancarkan cahaya matahari senja sambil menikmati berbagai sajian khas yang dijual di food court. Menatap kota Bandung di ruangan terbuka ini bisa membantu mengembalikan mood setelah lelah seminggu bekerja atau kuliah.

Alamat :

Jl. Peta No.229, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

Buka :

Selasa-Minggu, Pukul 07.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk :

Rp15.000

3. TSensasi Aliran Sungai di Taman Teras Cikapundung

Taman di Bandung: Sensasi Aliran Sungai di Taman Teras Cikapundung

Berada di atas sungai, desain Teras Cikapundung memang unik.

Sejak resmi beroperasi pada tahun 2016, Teras Cikapundung langsung menyedot perhatian warga Bandung. Ya, taman di Bandung yang menempati sebagian hutan kota Babakan Siliwangi ini menghadirkan sensasi berbeda dari taman lain yang ada di Bandung.

Teras Cikapundung dibangun di atas sungai Cikapundung yang airnya mengalir dari Bandung Utara hingga Bandung Selatan, membelah kota Bandung. Dahulu, Taman Cikapundung pernah menjadi tempat berkumpulnya insan-insan kreatif. Setelah itu, taman tidak terurus dan dibiarkan terbengkalai sampai terkesan kumuh.

Namun kini, Teras Cikapundung berubah wujud menjadi tempat wisata terbuka untuk umum dengan konsep ekologi dan urban. Dilengkapi dengan kolam ikan dan lampu-lampu, Teras Cikapundung sangat cantik dikunjungi pada malam hari, apalagi saat atraksi air mancur menari berlangsung.

Untuk masuk ke Teras Cikapundung tidak dikenakan biaya tiket. Anda hanya akan membayar tiket jika ingin merasakan wahana yang tersedia di sini, seperti rafting mengarungi sungai Cikapundung.

Waktu terbaik berkunjung ke taman di Bandung ini adalah sore hingga malam hari. Namun jika ingin mencoba aktivitas rafting, sebaiknya Anda datang pagi atau siang hari.

Alamat :

Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat

BACA JUGA :  5 Gelato Terenak Di Bali, Favorit Kamu Yang Mana?

Buka :

  • Senin-Kamis, Pukul 10.00-22.00 WIB
  • Sabtu-Minggu, Pukul 06.00-20.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Taman Balai Kota Bandung yang Penuh Cerita

Taman di Bandung: Taman Balai Kota yang Penuh Cerita

Di dalam Taman Balai Kota terdapat taman-taman tematik yang juga menarik untuk dijadikan tempat bersantai.

Tak hanya menjadi kantor pemerintahan, Balai Kota Bandung juga memiliki taman yang luas dan dilengkapi fasilitas yang cukup nyaman untuk melepas penat. Taman Balai Kota merupakan bagian dari gedung pemerintahan Balai Kota Bandung yang bisa diakses secara gratis oleh siapa pun.

Mengingat tidak ada jam operasional resmi, sebaiknya Anda menyesuaikan waktu kunjungan ke salah satu taman di Bandung ini dengan mempertimbangkan jam kerja.

Taman Balai Kota memiliki dua taman tematik, yakni Taman Badak dan Taman Dewi Sartika. Selain jogging track, taman ini kerap menjadi tujuan wisata tempat berfoto ria. Mulai dari kolam air, tempat bermain anak, taman labirin, gembok cinta, hingga “terminal” untuk bus BANDROS.

Yang paling seru dilakukan di Taman Balai Kota adalah mencoba untuk mengitari taman labirin untuk mencari jalan keluar. Selain itu, banyak pengunjung yang bertanda ke taman di Bandung yang satu ini untuk berburu foto.

Apalagi tidak jauh dari Taman Balai Kota terdapat Taman Vanda yang menampilkan atraksi air mancur menari. Sementara untuk Anda yang membawa anak-anak, bisa bermain di playground sepuasnya.

Alamat :

Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

5. Asyiknya Keliling di Taman Cibeunying

Taman di Bandung: Asyiknya Keliling di Taman Cibeunying

Sambil bersantai di Taman Cibeunying, bisa menyantap jajanan khas atau belanja tanaman hias.

Taman Cibeunying sudah lama berdiri dan memiliki sejarah yang panjang. Salah satu taman di Bandung ini merupakan peninggalan pemerintahan Belanda. Pada zaman kolonial, taman ini bernama Tjibeuning Plantsoen, sebuah hutan kota sebagai bagian dari jalur hijau yang memanjang dari Taman Cilaki hingga Taman Bengawan.

Seiring waktu, Taman Cibeunying bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Tahun 1980, Taman Cibeunying resmi diubah menjadi pusat tanaman hias di tengah kota Bandung.

Pepohonan hutan yang tumbuh rimbun di sekitar taman usianya sudah mencapai ribuan tahun. Dan secara alami menaungi puluhan kios-kios green house para pedagang yang menjajakan beragam jenis bunga dan tanaman hias. Tanaman anggrek dan palem menjadi tanaman primadona yang dijual di kawasan ini.

Sejak mengalami revitalisasi, banyak warga Bandung yang memanfaatkan Taman Cibeunying sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Taman di Bandung ini memang terbilang nyaman dengan bangku-bangku yang tersedia, cocok untuk bersantai atau duduk sambil bercengkerama.

BACA JUGA :  Fakta Unik Mengenai Greenland

Alamat :

Jl. Tm. Cibeunying Selatan, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, Pukul 04.00-23.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

6. Taman Cikapayang, Bikin Mabuk Kepayang

Taman di Bandung: Taman Cikapayang, Bikin Mabuk Kepayang

Keindahan Taman Cikapayang membuatnya banyak dikunjungi orang.

Satu lagi taman di Bandung yang tergolong taman tematik ikut meramaikan ibu kota Jawa Barat ini. Ya, nama Taman Cikapayang cukup terkenal di kalangan warga Bandung. Taman yang diresmikan tepat dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2017, tersebut terletak tepat di persimpangan Jalan Ir. H. Juanda atau yang lebih dikenal dengan Jalan Dago.

Sebelum direvitalisasi, Taman Cikapayang terkesan kumuh dan gelap. Kini, semuanya berubah menjadi terang dan jauh lebih indah. Di tengah suasana yang nyaman dan asri karena rimbunnya pepohonan, keberadaan air mancur serta amphitheater berkapasitas hingga 300 orang menjadi pelengkap yang keren di taman ini.

Desain taman di Bandung yang memiliki trademark tulisan DAGO ini mengakomodasi kebutuhan beragam komunitas masyarakat yang tumbuh di Bandung. Berbagai kegiatan publik, termasuk aktivitas dari para komunitas kreatif, kesenian, atau kebudayaan bisa dilakukan di taman ini.

Alamat :

Jl. Ir. H. Juanda No.79, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Berkunjung ke Alun-alun Ujung Berung

Taman di Bandung: Berkunjung ke Alun-alun Ujung Berung

Warga menghabiskan waktu di Alun-alun Ujung Berung.

Alun-alun Ujung Berung makin melengkapi kehadiran taman-taman di Bandung yang layak dijadikan tempat untuk rekreasi. Layaknya taman kota lainnya, di sini juga dipenuhi dengan tanaman hijau dan bunga-bunga, serta bangku-bangku yang disediakan bagi pengunjung untuk duduk-duduk santai sambil menikmati suasana taman.

Di tengah alun-alun terhampar lapangan yang dikelilingi oleh lintasan lari. Jadi bagi Anda yang ingin berolahraga, Anda bisa memanfaatkan fasilitas di alun-alun ini untuk jogging. Berbagai fasilitas lain yang terdapat di taman seluas 4.000 m2 ini, antara lain kolam ikan serta gazebo yang dibuat dalam posisi yang cukup tinggi.

Dari gazebo ini, Anda bisa menikmati pemandangan sekeliling alun-alun dari atas. Asyik, bukan? Jika mampir ke salah satu taman di Bandung ini, Anda tidak perlu takut merasa lapar. Di sekeliling alun-alun terdapat banyak pedagang kaki lima menjual makanan dan minuman. Tinggal Anda pilih yang sesuai selera, lalu nikmati di taman sembari ngobrol.

Alamat:

Jl. Cigending No.3, Cigending, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat

Buka:

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com