15 Kuliner Malam Semarang Paling Enak, Favorit Di 2024

Semarang adalah salah satu kota wisata yang memiliki destinasi lengkap. Di kota ini terdapat wisata kota tua, wisata alam, dan tentu saja wisata kuliner. Khusus untuk wisata kuliner di Semarang terbaik di 2024, tersedia pilihan kuliner yang buka dari pagi, malam bahkan hingga dini hari.

Banyak wisata kuliner Semarang yang terkenal dan disukai pelancong. Lumpia adalah salah satu yang jadi ikonnya. Selain itu, masih terdapat kuliner lain yang akan menggoyang lidah seperti wingko, bandeng, gulai manyung, tahu petis, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sedang jalan-jalan di malam hari, tak perlu khawatir bakal kelaparan di Semarang. Sebab, banyak rumah makan dan warung yang buka hingga malam, bahkan dini hari.

Berikut ini rekomendasi 15 kuliner malam Semarang yang perlu dicoba. Soal cita rasa, dijamin memanjakan lidah.

1. Waroeng Semawis

1. Kuliner Malam Semarang: Waroeng Semawis

Kuliner malam Semarang: Gurita bakar jadi salah satu menu populer di Waroeng Semawis.

Waroeng Semawis adalah destinasi kuliner populer di Semarang, khususnya di malam hari. Meskipun namanya Waroeng, jangan bayangkan ini satu warung yang berdiri sendiri. Waroeng Semawis adalah kumpulan kios makanan yang menjajakan aneka makanan khas Semarang.

Sayangnya, lokasi ini hanya buka di akhir pekan, yaitu Sabtu-Minggu. Bila Anda berkunjung di akhir pekan, kuliner malam Semarang ini wajib dikunjungi. Menu paling diburu di lokasi ini adalah gurita bakar dan sate gurita.

Daging gurita yang dilumuri bumbu tradisional, lalu dibakar di atas bara api, akan jadi pemandangan yang membuat air liur menetes. Selain itu Anda juga bisa menikmati hidangan Semarang lain seperti tahu walik yang gurih dan dawet beras durian super segar!

Alamat:

Jl. Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Sabtu-Minggu, 18.00-23.00.

Kisaran harga menu:

Rp50 ribu / orang (untuk makanan dan minuman)

2. Nasi Kucing Pak Gik

2. Kuliner Malam Semarang: Nasi Kucing Pak Gik

Nasi Kucing Pak Gik sudah berdiri sejak 1960-an dan jadi salah satu legenda kuliner Semarang.

Nasi kucing tidak hanya ada di Jogja dan Solo. Di Semarang pun ada warung nasi kucing alias angkringan legendaris. Namanya Angkringan Pak Gik. Warung Nasi Kucing Pak Gik sudah berdiri sejak 1960-an.

Seperti umumnya angkringan, harga kuliner malam Semarang ini terjangkau, mulai Rp1.000. Keistimewaan dari warung ini adalah jenis nasi kucingnya yang beragam. Ada 16 jenis nasi kucing seperti nasi rambak, nasi kuning, nasi rempelo, dan lainnya.

Lauknya tak kalah beragam. Aneka gorengan, bacem, sate, hingga martabak gurih tersedia di angkringan ini. Makan sambil ngobrol sampai dini hari pun tidak masalah, karena angkringan ini buka sampai pukul 04.00.

Alamat:

Jl. Inspeksi, Gabahan, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 21.00-04.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp1.000/ per jenis makanan.

3. Nasi Ayam Bu Wido

3. Kuliner Malam Semarang: Nasi Ayam Bu Wido

Nasi Ayam Bu Wido masih menggunakan pincuk daun pisang untuk penyajian hidangannya.

Pilihan kuliner malam Semarang berikutnya yang bisa Anda pilih saat berkunjung ke Semarang adalah Nasi Ayam Bu Wiso. Bila memesan nasi ayam, Anda akan mendapat seporsi hidangan berisi nasi dengan lauk ayam suwir, krecek, telur dan sayur labu yang disiram dengan kuah opor. Segar, gurih, dan nikmat.

Bila kurang puas dengan menu standar tersebut, Anda bisa menambah aneka lauk seperti sate usus, sate ampela ati, dan sate telur puyuh. Anda juga bisa minta tambahan lauk ayam utuh seperti kepala atau sayap ayam. Dijamin kenyang makan di warung ini.

BACA JUGA :  Saung Ende Serang Tempat Wisata yang Lagi Hits Sekarang

Alamat:

Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 16.30-23.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp3.000 / jenis makanan

4. Nasi Gandul Pak Memet

4. Kuliner Malam Semarang: Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet adalah hidangan khas Jawa Tengah yang wajib dicoba saat berkunjung ke Semarang.

Nasi gandul sebenarnya hidangan khas Pati, Jawa Tengah. Namun, kelezatan nasi ini menyebar ke daerah lain, termasuk Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah. Salah satu rekomendasi nasi gandul di Semarang adalah warung Pak Memet.

Kekhasan nasi gandul ini terletak pada kuahnya yang terasa gurih berempah. Pas sekali disantap di malam hari. Anda juga bisa memilih lauk sendiri seperti kikil, otak sapi, lidah sapi, dan lainnya. Dijamin lidah terus bergoyang sulit berhenti.

Alamat:

Jl. Dr. Cipto No. 12, Bugangan, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, 16.00-22.00

Kisaran harga menu:

Di bawah Rp50 ribu/ per orang (untuk makanan dan minuman).

5. Sate Kambing Pak Untung

5. Kuliner Malam Semarang: Sate Kambing Pak Untung

Sate Kambing Pak Untung terkenal dengan olahan kambing yang tidak meninggalkan aroma prengus di masakannya.

Jawa Tengah adalah gudangnya olahan sate. Semarang tentu termasuk di dalamnya. Bila di lapar dan ingin kulineran malam di Semarang dan ingin makan sate, Anda tinggal datang ke Warung Sate Pak Untung di daerah Jagalan. kuliner malam Semarang ini buka dari sore hingga pukul 12 malam.

Dua masakan paling populer di warung ini adalah tongseng dan sate kambing. Selain menyajikan rasa gurih maksimal, olahan kambing di sini tidak menyisakan aroma prengus sama sekali. Selain dua masakan tersebut, sebaiknya Anda juga mencoba tengkleng yang tak kalah segar dan sedap.

Alamat:

Jl. MT. Haryono No. 273, Jagalan, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 17.00-24.00 WIB

Kisaran harga menu:

Di bawah Rp50.000 / per orang untuk makanan dan minuman.

6. Warung Sedap Malam

6. Kuliner Malam Semarang: Warung Sedap Malam

Warung Sedap Malam bisa jadi pilihan kulineran malam di Semarang yang ringan sekaligus jadi tempat nongkrong asyik.

Ingin cari makan tapi tidak terlalu berat seperti roti bakar, pisang bakar, atau mi instan di Semarang? Warung Sedap Malam bisa jadi pilihannya. Warung ini terkenal sebagai tempat nongkrong favorit bagi para mahasiswa.

Sedap malam banyak disuka mahasiswa, karena lokasinya strategis dengan harga terjangkau. Menu utamanya adalah mi instan dengan aneka topping dan roti bakar yang dengan beragam isi. Pas dijadikan untuk tempat nongkrong dalam waktu lama, sebab warung ini buku hingga pukul 03.00.

Alamat:

Jl. Ngesrep Tim. V, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 17.00-03.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp20.000-Rp40.000/orang untuk makanan dan minuman.

7. Warung Makan 86

7. Kuliner Malam Semarang: Warung Makan 86

Mau kulineran malam di Semarang, coba Warung Makan 86 yang menyajikan menu rumahan dengan cita rasa Jawa Tengahan dengan harga terjangkau.

Kangen menu rumahan saat berkunjung ke Semarang? Warung Makan 86 bisa jadi pilihan untuk kuliner malam di Semarang. Warung makan ini menyajikan menu rumahan lengkap ala warteg. Bila Anda kangen menu rumahan, langsung saja datang ke warung yang terletak di daerah Kalibanteng.

Harganya sangat terjangkau, karena Anda bisa memperoleh nasi rames dengan harga mulai dari Rp10.000 saja. Aneka lauk seperti ayam, telur, daging, mi ala Jawa Tengah tersedia di warung ini. Soal rasa tak perlu diragukan. Itulah alasan mengapa warung ini selalu ramai.

Sebagai penutup, minuman hangat seperti STMJ bisa jadi pilihan tepat. Kamu juga bisa makan menu penutup seperti ketan susu yang manis dan lembut.

BACA JUGA :  Resep Bakso Mercon Dengan Kuah Untuk Jualan

Alamat:

Jl. Abdulrahman Saleh, Kalibanteng Kidul, Semarang, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Senin-Minggu, pukul 17.00-02.00 WIB.

Kisaran harga menu:

Mulai Rp5.000/ per hidangan

8. Es Puter Cong Lik

8. Kuliner Malam Semarang: Es Puter Cong Lik

Es puter jadi kudapan yang pas untuk menemani bersantai di daerah pesisir seperti Semarang.

Semarang adalah kota pesisir. Malam hari pun, terkadang cuaca tetap hangat. Untuk menemani malam di Semarang, cobalah untuk mengudap semangkuk es puter di Kedai Es Puter Conglik. Es puter adalah sejenis es krim dengan proses pembuatan tradisional.

Ada berbagai varian rasa seperti cokelat, durian, kelapa muda dan alpukat. Isian es puter di kedai ini sangat beragam yaitu kolang kaling, mutiara dan potongan roti. Jangan kaget, bila selesai mengudap satu mangkuk, Anda ingin tambah lagi.

Rekomendasi es puter di kedai ini adalah dengan topping durian. Dijamin nagih, sebab durian daerah dataran tinggi Semarang termasuk salah satu varian durian terbaik di Indonesia.

Alamat:

Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 11, Karangkidul, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 18.00-22.00

Kisaran harga menu:

Rp20.000-Rp40.000/ per orang

9. Nasi Goreng Babat Hengky

9. Kuliner Malam Semarang: Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi goreng babat jadi hidangan unik dan seru saat kuliner malam di Kota Semarang yang tak mudah dilupa.

Nasi goreng adalah hidangan yang ada di kota manapun Di Semarang Anda juga dengan mudah mendapatkan menu nasi goreng. Namun, bila ingin kuliner malam di Semarang dan mencoba nasi goreng dengan tampilan dan rasa yang unik, coba makan di Nasi Goreng babat Hengky.

Warung ini menyediakan nasi goreng dengan isian babat yang proses menggorengnya masih memakai kayu bakar. Tentu saja aroma bakaran akan menambah unik rasa nasi gorengnya. Perpaduan rasa gurih dan manis dari nasi goreng babat membuat Anda ingin kembali suatu saat.

Alamat:

Jl. Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Pukul 17.00- 23.00 WIB

Kisaran harga menu:

Di bawah Rp50.000/ per orang

10. Nasi Gandul Pak Subur

10. Kuliner Malam Semarang: Nasi Gandul Pak Subur

Mau kuliner malam di Semarang, coba juga Nasi Gandul Pak Subur memiliki penampilan dan cita rasa yang menggoda selera.

Satu lagi pilihan kuliner malam di Semarang yang menyajikan hidangan nasi gandul, yaitu Nasi Gandul Pak Subur. Warung tenda ini menyajikan menu nasi gandul dengan aneka jeroan. Pas dikudap untuk makan malam setelah jalan-jalan di Kota Semarang.

Kuahnya terasa gurih dengan irisan daging sapi yang menggoda. Untuk menambah kelezatan hidangan, mintalah lauk seperti lidah, limpa, babat atau kikil. Dijamin, mengunyah akan jadi pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Ambil juga aneka kerupuk seperti kerupuk terung atau emping manis untuk sensasi kriuk yang asyik.

Alamat:

Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 39, Karangkidul, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Pukul 17.00- 22.30 WIB

Kisaran harga menu:

Harga mulai Rp3.000 / per jenis hidangan

11. Pisang Plenet Pak Yuli

11. Kuliner Malam Semarang: Pisang Plenet Pak Yuli

Pisang Plenet Pak Yuli adalah sajian ringan yang pas untuk kulineran malam di Semarang.

Pisang bakar adalah salah satu jenis hidangan yang pas untuk dikudap di malam hari. Bila Anda menyukai hidangan ini, kuliner malam Semarang ada warung Pisang Plenet Pak Yuli. Nama planet sendiri memiliki arti yang serupa dengan penyet atau geprek.

Pisang akan ditumbuk atau dibuat pipih, setelah itu akan dibakar dan ditaburkan toping berupa cokelat dan keju. Soal rasa, sudah terbayangkan kombinasi pisang, cokelat, dan keju? Sudah pasti lezat.

Alamat:

Jl. Gajahmada No. 13, Kembangsari, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 17.00-24.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp6.000/ per porsi

12. Lumpia 24 Jam

12. Kuliner Malam Semarang: Lunpia 24 Jam

Ingin kuliner malam Semarang makan lumpia di tengah malam? Lunpia Semarang 24 Jam adalah jawabannya.

Ada yang bilang, tak lengkap rasanya ke Semarang tanpa makan lumpia. Wajar sih, lumpia memang sudah jadi ikon kota ini. Bila Anda ingin kuliner malam Semarang mengudap lumpia, Anda bisa menyambangi toko Lunpia Semarang 24 Jam.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Tanjung Bloam Lombok Utara

Rasakan renyahnya rebung berpadu telur yang disiram dengan saus khas lumpia di kedai ini. Tidak hanya lumpia goreng, ada pula lumpia basah yang bisa kamu coba. Selain yang sudah jadi, kamu pun bisa membeli lumpia beku sebagai oleh-oleh.

Ditambah dengan taburan bawang merah, bawang putih serta daun bawang, rasa lumpia selalu istimewa di lidah.

 Alamat:

Jl. Pemuda No.30, Pandansari, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Bukan 24 jam

Kisaran harga menu:

Rp12.000 / per potong

13. Tahu Petis Prasojo

13. Kuliner Malam Semarang: Tahu Petis Prasojo

Kuliner malam di semarang, coba Petis Semarang dengan cita rasa istimewa, pas dipadukan dengan tahu pong ala Jawa Tengah.

Sebagai kota pesisir, Semarang adalah sentra produsen petis. Bila ingin mencicipi petis Semarang, datanglah ke Tahu Petis Prasojo. Warung yang lokasinya di sekitar Simpang Lima ini adalah salah satu legenda jajanan Semarang. Sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Tahu Petis Prasojo rasanya gurih dan bakal membuatmu ingin kembali lagi dan lagi. Isian petis yang terbuat dari udang dan bumbu-bumbu tambahan akan membuat mulut tak ingin berhenti mengunyah. Tahu Petis Prasojo juga tersedia dalam kemasan untuk dijadikan oleh-oleh.

Selain tahu petis, kamu juga dapat mencicipi menu-menu lainnya. Tahu berontak, tahu isi atau tahu susur adalah jenis-jenis kudapan yang tersedia di warung ini. Jangan lewatkan juga untuk mengudap rolade yang empuk dan gurih.

Alamat:

Pleburan, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari pukul 15.00-01.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp2.000 / per potong

14. Bakso Doa Ibu

14. Kuliner Malam Semarang: Bakso Doa Ibu

Bakso jeroan di warung Bakso Doa Ibu akan memberikan sensasi gurih yang tak mudah didapat di tempat lain.

Pecinta bakso, pasti akan mencari menu ini ke mana pun berkunjung. Bila Anda sedang berkunjung ke Semarang dan ingin makan bakso, datang saja ke Bakso Doa Ibu. Bakso dengan isi jeroan, menjadi ciri dari kuliner malam Semarang ini dan menjadi alasan diburu pengunjung.

Ukuran baksonya yang besar menjadi daya tarik lain dari bakso di tempat ini. Di tambah harga yang terjangkau, siapa yang tak ingin mencicipi bakso di tempat ini. Soal rasa, tentu terjamin, karena banyak pelanggan yang kembali ke warung bakso ini.

Menyeruput kuah bakso terasa makin asyik karena kamu bisa minta penjual menambahkan jeroan semisal iso babat ke dalam mangkukmu. Gurihnya kuah berpadu dengan daging bakso membuat malam berjalan dengan sempurna.

Alamat:

Jl. Sompok Baru No. 57, Peterongan, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Selasa-Minggu, buka 24 jam. Senin pukul 11.30-22.00.

Kisaran harga menu:

Di bawah Rp20.000-Rp30.000 / per orang (untuk makanan dan minuman)

15. Nasi Liwet Bu Widodo

15. Kuliner Malam Semarang: Nasi Liwet Bu Widodo

Nasi Liwet Bu Widodo menyajikan nasi empuk dengan ayam yang bumbunya meresap sampai lapisan terdalam.

Nasi liwet tidak hanya ada di Solo. Di Semarang, Anda juga bisa menemukan menu khas Jawa ini. Bila Anda menginginkan menyantap nasi liwet di malam hari, datang saja ke Nasi Liwet Bu Widodo.

Lokasinya berada di kawasan Simpang Lima menjadi jantung Kota Semarang. Warung yang sudah berdiri sejak 30 tahun lalu ini tetap selalu dipenuhi pengunjung. Sepiring nasi gurih dengan siraman sayur labu, kerecek, dan ayam suwir adalah sebuah hidangan super nikmat.

Bila belum puas, Anda bisa menambah ayam potong seperti paha atau dada. Masih belum puas? Minta tambahan lauk lain seperti sate telur puyuh. Dijamin mulut tak mau berhenti mengunyah. Nikmatnya maksimal!

Alamat:

Jl. Simpang Lima, Karangkidul, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional:

Setiap hari, 17.00 WIB – 24.00 WIB

Kisaran harga menu:

Rp30.000-Rp50.000 / per orang (untuk makanan dan minuman)

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com