10 Tempat Healing di Jakarta Paling Rekomendasi Di 2024

Padatnya aktivitas harian terkadang bikin kita jenuh. Kalau Anda sudah merasa demikian, maka saatnya merelaksasikan diri agar bisa merasa lebih fresh, dengan mencari tempat healing di Jakarta yang direkomendasikan.

Nah, mencari tempat healing di Jakarta tentu saja tidak sulit. Ada banyak spot menarik yang mungkin tidak terlalu jauh dari tempat Anda yang bisa dikunjungi untuk menghilangkan kejenuhan yang mendera.

Anda sudah punya rencana ke satu atau beberapa tempat healing di Jakarta? Berikut kami pilihkan beberapa tempat menarik yang patut masuk daftar kunjungan Anda.

1. Skywalk Senayan Park

1. Tempat Healing di Jakarta: Skywalk Senayan Park

Lanskap Jakarta dengan deretan gedung pencakar langit bisa dinikmati dari Skywal Senayan Park.

Tempat healing di Jakarta yang satu ini viral di mana-mana. Gambar dan video aktivitas pengunjung di Skywalk Senayan Park menghias berbagai media sosial dan portal berita.

Ya, Anda tak perlu jauh-jauh ke negeri tetangga atau mana pun jika ingin menikmati pemadangan kota dari sebuah skywalk. Cukup datang ke sini, niscaya Anda akan merasakan sensasi di atas ketinggian sambil menikmati gedung-gedung pencakar langit.

Skywalk ini merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Senayan Park yang berlokasi di dekat Gelora Bung Karno (GBK). Meski bisa menggunakan kendaraan pribadi, untuk menuju tempat healing di Jakarta juga sangat gampang dengan kendaraan umum.

Transportasi publik menuju Skywalk Senayan Park

Anda yang terhubung dengan jalur Commuter Line, sangat praktis jika ke kawasan Senayan Park menggunakan transportasi ini. Tinggal turun di stasiun terdekat, yakni Stasiun Palmerah, lalu berjalan kaki sejauh kira-kira 1,7 km. Pilihan lainnya adalah naik ojek online atau menumpang Transjakarta koridor 1B kemudian turun di Halte Taman Ria.

Senayan Park dilewati oleh koridor 1B (Stasiun Palmerah-Tosari). Anda bisa langsung turun di Halte Taman Ria depan Senayan Park.

Halte Transjakarta terdekat lainnya adalah Halte Senayan JCC. Dari Halte Senayan JCC ke Senayan Park bisa berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer. Halte Senayan JCC dilewati beberapa rute Transjakarta, yakni:

  • Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit)
  • 9A (PGC-Grogol)
  • 4A (TU Gas-Grogol)
  • 3F (Kalideres-GBK)
  • 1F (Bundaran Senayan-Stasiun Palmerah)
  • T11 (Bundaran Senayan-Poris)
  • 10H (Blok M-Tanjung Priok)
  • B21 (Bekasi Timur-Grogol).

Alamat:

Jl. Gerbang Pemuda No.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 15.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Gratis untuk Skywalk Level 1
  • Untuk ke Skywalk Level 2 cukup tunjukkan struk belanja minimal Rp50.000

2. Museum MACAN

2. Tempat Healing di Jakarta: Museum MACAN

Pertunjukan seni instalasi selalu dinanti para pengunjung Museum MACAN agar bisa mendapatkan foto yang super keren.

Dengan tampilan yang beda dari museum pada umumnya, Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) ini sangat layak menjadi tempat healing di Jakarta yang masuk rekomendasi. Mulai dari lokasinya yang berada di gedung pencakar langit modern hingga koleksi seninya, Museum MACAN memiliki keunikan tersendiri

Mengusung tema seni kontemporer, Museum MACAN memiliki berbagai koleksi dari dalam dan luar negeri yang menyihir setiap pengunjung yang datang. Keindahan seni yang ditampilkan oleh museum MACAN antara lain lukisan, foto, pertunjukan, dan seni intalasi.

Banyak spot keren di Museum MACAN yang bisa menjadi “obat” pengusir rasa penat. Anda bebas menikmati atau berpose di setiap sudutnya yan unik. Dijamin Anda bakal merasa lebih fresh!

Akses menuju Museum MACAN cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum. Bagi Anda yang hendak mengunjungi tempat healing di Jakarta ini dengan kereta Commuter Line, turun saja di Stasiun Kebayoran.

Keluar dari Stasiun Kebayoran, jalan kaki 4 menit menuju halte Pasar Kebayoran Lama, lanjut dengan naik bus Transjakarta koridor 8 (Lebak Bulus-Pasar Baru). Turun di halte Kebon Jeruk, lalu naik angkot merah KWK B03 menuju Museum MACAN.

Sementara itu, jika ingin menumpang bus Transjakarta, ambil jurusan terminal Blok M. Dari situ, lanjutkan perjalanan dengan bus Transjakarta koridor 8 menuju Kebon Jeruk, kemudian sambung dengan angkot KWK B03 menuju Museum MACAN.

Alamat:

AKR Tower

Jl. Perjuangan No.5, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Selasa-Minggu, Pukul 10.00-16.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Dewasa : Rp100.000
  • Pelajar/Mahasiswa/Lansia : Rp90.000
  • Usia 3-12 tahun : Rp80.000
  • Di bawah 3 tahun : Gratis

3. Jakarta Aquarium Safari

3. Tempat Healing di Jakarta: Jakarta Aquarium Safari

Bersama keluarga atau teman, menyaksikan ribuan koleksi hewan laut bikin hati larut dalam kegembiran.

BACA JUGA :  Ini Kuliner Sumedang Wajib Kamu Coba

Penasaran dengan rupa burung penguin yang selama ini cuma bisa dilihat di layar kaca? Datang deh ke Jakarta Aquarium Safari. Anda tidak hanya melihat rupanya saja tapi juga perilaku lucu burung laut yang identik dengan nuansa kutub ini.

Bukan hanya burung penguin, ada ribuan koleksi hewan laut dan hewan langka asal Afrika lainnya yang bisa Anda saksikan di tempat healing di Jakarta yang satu ini. Mulai dari hiu, pari raksasa, meerkat, dan banyak lagi, semua bikin kita jadi happy seketika.

Selain melihat-lihat satwa spesial, ada cukup banyak aktivitas yang membangkitkan mood di Jakarta Aquarium Safari, lho! Anda bisa memberi makan satwa, lunch atau dinner di samping aquarium, hingga menyelam bareng hiu. Seru kan?

Tempat healing di Jakarta yang satu ini berada di kawasan Neo Soho Mall, Jakarta Barat. Sangat mudah menjangkau Jakarta Aquarium Safari, kok! Anda bisa menumpang bus Transjakarta koridor 3F (Kalideres-GBK) dan 9 (Pinang Ranti-Pluit). Pilih turun di Halte S. Parman Podomoro City yang letaknya di depan Neo Soho Mall, Anda tinggal berjalan kaki menuju tempat tujuan.

Alamat:

Jl. Letjen S. Parman No.106, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 10.00-20.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Weekday Regular:
  • Dewasa 500
  • Anak-anak 250
  • Weekday Premium:
  • Dewasa 000
  • Anak-anak 500
  • Weekend Regular:
  • Dewasa 250
  • Anak-anak 500
  • Weekend Premium:
  • Dewasa 750
  • Anak-anak 250

4. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

4. Tempat Healing di Jakarta: Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Tiap sudut Taman Mangrove menyajikan momen yang dramatis.

Kangen dengan nuansa hijau asri di tengah kota? Jangan khawatir karena tempat healing di Jakarta yang satu ini akan menghibur Anda. Ya, Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk merupakan bagian dari kawasan Hutan Angke Kapuk yang dikembangkan sebagai sarana pariwisata alam.

Di sini, Anda ditawarkan pemandangan alami dengan desain kekinian sehingga cocok buat mengambil gambar yang keren. Saat berkeliling hutan misalnya, Anda bisa berpose di atas perahu dengan background hutan Mangrove yang eksotik.

Tak hanya itu, spot-spot keren juga bisa Anda ambil dengan berpose di depan deretan pondok kemah, jembatan gantung, area kantin, dan saat menanam pohon bakau. Ketika senja tiba, semburat jingga berpadu dengan pepohonan hijau menghasilkan panorama menakjubkan. Taman wisata alam ini sangat pas masuk dalam deretan tempat healing di Jakarta.

Akses kendaraan umum menuju tempat aesthetic di Jakarta bisa dengan kereta Commuter Line dan bus Transjakarta. Jika ingin naik kereta Commuter Line, Anda turun di Stasiun Kota, kemudian lanjut dengan bus Transjakarta 1A dengan rute Balai Kota-PIK, turun di halte Yayasan Buddha Tzu Chi.

Dari Yayasan Buddha Tzu Chi, Anda bisa menuju hutan Mangrove dengan berjalan kaki selama lebih kurang 15-20 menit atau bisa menumpang angkot yang menuju ke lokasi.

Alamat:

Jl. Garden House No.4, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Hari Kerja:

  • Dewasa : Rp30.000
  • Anak-anak : Rp15.000

Hari Sabtu/Minggu/Libur:

  • Dewasa : Rp35.000
  • Anak-anak : Rp20.000

5. Taman Lapangan Banteng

5. Tempat Aesthetic di Jakarta: Taman Lapangan Banteng

Pertunjukan air mancur selalu ditunggu-tunggu masyarakat.

Sebelum menjadi salah satu tempat healing di Jakarta, dulunya Lapangan Banteng terkesan sebagai sebuah lapangan untuk bermain sepak bola dan tempat penyelenggaraan pameran flora dan fauna. Kini masyarakat bisa memanfaatkan Lapangan Banteng bukan sekadar untuk berolahraga, tapi juga menikmati hiburan dan pemandangan yang keren di tiap sudutnya.

Dengan tetap mempertahankan patung Pembebasan Irian Barat yang ikonik, secara umum Lapangan Banteng “disulap” menjadi taman yang menghadirkan spot-spot menarik. Secara fungsi, taman seluas 5,2 hektar ini pun kini menjadi ruang terbuka dan tempat healing di Jakarta yang banyak diburu warga, terutama anak-anak muda.

Keindahan tata letak taman dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berpose ria dan mengunggahnya di media sosial. Apalagi di waktu sore saat matahari terbenam, panorama di Lapangan Banteng sangat Instagramable. Nah di akhir pekan, Anda akan dimanjakan dengan pertunjukan air mancur menari berteknologi tinggi. Keren kan?

Lapangan Banteng dekat dengan Stasiun Juanda dan Stasiun Gambir sehingga bisa ditempuh dengan menumpang kereta Commuter Line. Dari dua stasiun tersebut, lanjut dengan jalan kaki dan Anda akan disambut tugu Pembebasan Irian Barat yang berdiri kokoh.

Selain Commuter Line, tentu saja Anda bisa menumpang bus Transjakarta untuk bisa sampai di tempat aesthetic di Jakarta yang satu ini. Pilihan koridornya, antara lain:

  • 6H (Lebak Bulus-Senen), turun di halte Lapangan Banteng 2.
  • 2A (Pulo Gadung-Kalideres), turun di halte Juanda.
  • 3 (Kalideres-Pasar Baru), turun di halte Juanda.
  • 5C (PGC-Harmoni), turun di halte Juanda.
  • 5H (Ancol-Harmoni), turun di halte Juanda.
BACA JUGA :  Tempat Wisata Air terjun Madakaripura Dekat Gunung Bromo!

Alamat :

Jl. Lapangan Banteng Selatan, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Buka :

Setiap hari, Pukul 05.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk :

Gratis

6. Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki

6. Tempat Healing di Jakarta: Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki

Selain koleksi bacaannya yang asyik, tempatnya juga keren. pas banget buat sarana healing bagi Anda.

Kali ini, kami ajak Anda ke tempat healing di Jakarta bernama Perpustakaan Jakarta yang pengelolaannya di bawah Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Perpustakaan Jakarta termasuk yang mengalami revitalisasi cukup signifikan.

Setelah resmi dibuka pada 7 Juli 2022 lalu, Perpustakaan Jakarta hadir dengan wajah baru yang mengusung konsep nyaman, estetik, dan ramah bagi semua kalangan. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, mulai dari ruang dan spot baca yang Instagramable, bilik privasi, bilik diskusi, ruang inklusi untuk para difabel, hingga ruang podcast.

Koleksi yang dimiliki salah satu tempat healing di Jakarta ini terdapat lebih dari 38.000 judul buku dengan sekitar 190.000 eksemplar yang bisa dibaca. Anda bisa membaca seluruh koleksi dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia secara gratis, lho!

Perpustakaan Jakarta letaknya di Gedung Panjang TIM. Untuk bisa sampai ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan sangat disarankan untuk memanfaatkan transportasi umum, seperti KRL, Transjakarta, dan MRT.

Jika menggunakan KRL (Commuter Line), Anda turun di Stasiun Cikini. Jarak dari Stasiun Cikini ke TIM hanya sekitar 2 km sehingga Anda bisa cukup berjalan kaki atau menyewa ojek online.

Kawasan TIM dilewati oleh Transjakarta Reguler Non BRT koridor 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini) dan Koridor 6H (Lebak Bulus-Senen). Selain itu, TIM juga dilewati Mikrotrans JAK10A (Gondangdia-Cikini via Salemba Raya). Anda tinggal mencari halte transit yang dilewati oleh koridor-koridor tersebut.

Sementara kalau menumpang MRT, Anda turun di Stasiun Bundaran HI. Dari situ, Anda bisa mengorder taksi, ojek, atau mengakses Transjakarta yang melewati kawasan TIM (Non BRT 5H dan 6H).

Sebelum berkunjung ke Perpustakaan Jakarta, disarankan untuk melakukan reservasi di perpustakaan.jakarta.go.id. Di laman tersebut, Anda juga bisa melakukan pendaftaran sebagai anggota.

Alamat:

Kompleks Taman Ismail Marzuki

Jl. Cikini Raya No. 73, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

  • Senin-Kamis Pukul 09:00-17:00 WIB
  • Jumat-Minggu Pukul 09.00-20.00 WIB
  • Tutup pada hari libur nasional dan cuti bersama

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Museum of Jakarta

7. Tempat Healing di Jakarta: Museum of Jakarta

MoJA, museum kekinian dengan beragam aktivitas untuk berekspresi.

Ingin ke tempat healing di Jakarta yang tidak biasa lainnya? Arahkan tujuan Anda menuju Museum of Jakarta (MoJA). Ya, museum tidak selalu terkesan kuno dan menyajikan koleksi benda sejarah. Di MoJA, justru tersaji ornamen dan koleksi seni kekinian.

Perpaduan karya seni di MoJA menjadikannya tempat favorit bagi generasi milenial yang hobi membuat konten untuk akun media sosialnya. Ya, tujuan utama tempat healing di Jakarta yang satu ini memang sebagai wahana untuk mengekspresikan diri.

Tidak kurang dari 14 spot menawan dengan berbagai konsep bisa Anda temui di MoJA. Warna-warni ornamen yang menghias tiap ruangan akan menambah keceriaan ketika berada di sini. Serunya lagi, Anda bisa mengenakan sepatu roda atau sepatu biasa.

MoJA berlokasi di GBK Senayan yang membuat aksesnya sangat mudah dijangkau dari manapun. Selain kendaraan pribadi, tentu menumpang bus Transjakarta dan MRT menjadi pilihan yang seru tanpa harus pusing memikirkan parkir kendaraan.

Jika memilih naik bus Transjakarta, pilih yang terintegrasi dengan koridor 1 (Blok M-Kota). Anda bisa turun di tiga halte, yakni Halte Polda Metro Jaya, Halte GBK, dan Halte Bundaran Senayan. Dari ketiga halte tersebut, Anda tinggal jalan kaki menuju Kompleks GBK.

Sementara apabila menggunakan MRT, Anda bisa turun di Stasiun Senayan, lalu jalan kaki menuju kompleks GBK. Mudah kan?

Alamat:

Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno

Jl. Gerbang Pemuda No.1, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 11.00-19.30 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Weekday 000
  • Weekend 000

8. Tebet Eco Park

8. Tempat Healing di Jakarta: Tebet Eco Park

Terdapat banyak area untuk bergerak secara fisik di Tebet Eco Park. Spotnya pun keren dan Instagramable.

Tebet Eco Park bukan sekadar taman bermain tapi juga disebut-sebut menjadi salah satu tempat healing di Jakarta. Sebelum mulai dilakukan revitalisasi pada tahun lalu, ruang terbuka hijau ini bernama Taman Honda. Progres selama revitalisasi yang diperlihatkan pihak pengelola membuat masyarakat antusias menantikan kehadiran Tebet Eco Park.

BACA JUGA :  7 Tempat Menikmati Live Music di Bali

Tebet Eco Park mengadopsi visi connecting people with nature, yakni dibangun untuk mengembalikan fungsi taman secara ekologi, menjadi sarana interaksi, edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat. Berdiri di atas lahan seluas 7 hektar, cikal bakal tempat healing di Jakarta ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan.

Di samping terdapat taman-taman tematik dan playground lengkap dengan gardu pandangnya, Tebet Eco Park memiliki infinitity link bridge. Jembatan ikonik berwarna orange mencolok ini menghubungkan sisi selatan dan utara taman yang “terbelah” oleh Jalan Tebet Timur Raya.

Untuk bisa sampai di Tebet Eco Park, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Jika pilihannya adalah naik bus Transjakarta, Anda bisa menumpang bus Transjakarta koridor 9 lalu turun di Halte Pancoran Tugu. Dari situ, Anda menumpang Mikrotrans JAK 18 dan turun di Tebet Eco Park.

Anda bisa juga menumpang kereta Commuter Line dengan turun di Stasiun Tebet. Dari stasiun ini, sambung dengan Mikrotrans JAK 18 atau Mikrolet M34 hingga tiba di Tebet Eco Park.

Alamat:

Jl. Tebet Timur Raya No.10, Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 06:00-21:00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

9. Ancol

Banyak wahana seru di Dufan yang akan bikin Anda teriak sebebas-bebasnya.

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan wahana rekreasi Dunia Fantasi atau yang biasa disebut Dufan? Ya, kawasan di dalam Ancol ini bisa menjadi tempat healing di Jakarta yang cukup “mujarab”. Dibangun pada tahun 1985, Dufan menjadi tempat rekreasi yang legendaris.

Dufan memiliki luas area 21 ha yang menampung lebih dari 30 wahana dan atraksi wisata. Di Dufan, kita bisa merasakan sensasi berjalan-jalan berkeliling dunia dan beberapa kawasan bertema fantasi. Cocok banget untuk melepas penat setelah tenggelam dalam kesibukan.

Menariknya, setiap kawasan di Dunia Fantasi mencakup beragam wahana wisata. Tempat healing di Jakarta yang satu ini menyajikan wahana yang bisa disesuaikan dengan selera dan juga uji nyali. Ada yang memicu pengunjung untuk berfantasi serta ada pula yang sangat ekstrem.

Untuk tiba di Dufan, Anda bisa naik KRL (Commuter Line) dan Transjakarta. Cara ke Dufan dengan KRL adalah dengan turun di Stasiun Kampung Bandan. Setelah itu, Anda sambung dengan ojek online dengan jarak tempuh sekitar 7 menit saja.

Transportasi umum yang lebih mudah adalah dengan menumpang Transjakarta. Tersedia beberapa rute Transjakarta, antara lain:

  • Koridor 5: Kampung Melayu-Ancol
  • Koridor 5D: PGC-Ancol
  • Koridor 5E: Kampung Rambutan-Ancol
  • Koridor 5H: Harmoni-Ancol

Alamat:

Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 10.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai Rp175.000 sampai Rp325.000

10. Taman Waduk Ria Rio

10. Tempat Healing di Jakarta: Taman Waduk Ria Rio

Taman Waduk Ria Rio bukan sekadar untuk beraktivitas fisik, tapi juga bisa menjadi background foto yang keren.

Menempati area seluas 2,6 hektar, panorama Taman Kota Waduk Ria Rio menjadikannya satu di antara sekian banyak tempat healing di Jakarta. Tak hanya memiliki danau yang sedap dipandang tapi juga trek jogging yang cukup representatif.

Berbagai jenis pohon yang ditemui di Taman Waduk Ria Rio menciptakan keindahan tersendiri, selain membuat suasana menjadi hijau asri. Dan yang paling ikonik adalah kehadiran pohon baobab yang didatangkan dari Afrika.

Yang ditunggu-tunggu dari Taman Waduk Ria Rio adalah penyelenggaraan event, seperti Festival of Lights dalam rangka menyambut tahun baru. Pada momen tersebut, taman ini tampil penuh cahaya dan sangat Instagramable. Tak salah jika Taman Waduk Ria Rio menjadi salah satu tempat healing di Jakarta yang perlu Anda kunjungi.

Menuju Taman Waduk Ria Rio bisa dengan menumpang bus Transjakarta koridor 2 (Pulo Gadung – Harmoni Central) turun di halte Cempaka Timur lalu Anda tinggal jalan kaki saja. Selain itu, Taman Waduk Ria Rio juga dilalui bus Transjakarta koridor 10 (PGC 2 – Tanjung Priok). Dari koridor ini Anda turun di Halte Cempaka Putih kemudian jalan kaki menuju Taman Waduk Ria Rio.

Alamat :

Jl. Pulo Mas Utara Blok E No. 1, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com