12 Tempat Jogging di Jakarta yang Enak Buat Olahraga

Kendala tinggal di kota besar biasanya sulit untuk menemukan tempat untuk berolahraga. Namun saat ini sudah banyak bermunculan tempat jogging di Jakarta yang dapat dengan mudah ditemukan. Meski cukup terbatas, namun lahan yang disediakan bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Tempat jogging di Jakarta tersebut tak terbatas dengan lahan-lahan terbuka seperti taman kota saja, namun ada juga area-area tertentu atau tempat yang memiliki jogging track. Nah, buat Anda yang hobi berolahraga outdoor, terutama jogging pastinya sudah tidak asing dengan tempat-tempat ini.

Mulai dari tempat wisata, area perkantoran, hingga kawasan pantai pun menyediakan jogging track yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Mari kita simak lokasi 12 tempat jogging di Jakarta yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

1. Kebun Binatang Ragunan

Tempat Jogging di Jakarta - Kebun Binatang Ragunan

Area seluas 140 hektar ini memiliki banyak spot untuk berolahraga terutama jogging dan sepeda.

Terletak di Jakarta Selatan, apabila datang pukul 06.00 WIB Anda bisa berolahraga di kawasan Kebun Binatang Ragunan ini. Area seluas 140 hektar ini memiliki banyak spot untuk berolahraga terutama jogging dan sepeda. Ditambah banyaknya pepohonan yang rimbun, sehingga jadi lebih adem.

Saat memasuki Kebun Binatang Ragunan, Anda cukup merogoh kocek Rp 4.000 saja untuk tiket masuknya. Selanjutnya Anda bisa dengan puas jogging sambil menikmati pemandangan flora dan fauna di tempat jogging di Jakarta ini.

2. Monumen Nasional

Tempat Jogging di Jakarta - Monumen Nasional

Di area Monas terdapat track datar yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan lari atau jogging.

Area Monumen Nasional atau Monas kerap dijadikan salah satu tempat jogging di Jakarta. Biasanya akan banyak orang berdatangan di pagi atau sore hari untuk berolahraga. Di area Monas terdapat track datar yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan lari atau jogging.

Selain itu, di Monas juga ada banyak pepohonan yang rindang untuk menambah kesegaran udara di pagi hari. Untuk masuk ke area luar Monas Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun. Namun Anda harus melewati penjaga keamanan terlebih dahulu untuk masuk ke area Monas.

BACA JUGA :  10 Daftar Rumah Sakit di Jakarta Selatan Terbaik dan Spesialisasi

3. Gelora Bung Karno

Tempat Jogging di Jakarta - Gelora Bung Karno

Track datar yang memang didesain untuk area jogging, bersepeda, senam, yoga, dan olahraga lainnya.

Tempat jogging di Jakarta yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, Gelora Bung Karno atau GBK selalu menjadi pilihan utama para pecinta olahraga untuk berolahraga. Lokasinya yang strategis berada di pusat kota, menjadikan GBK tempat yang pas untuk jogging.

Selain lokasinya, di GBK juga ada berbagai fasilitas yang menunjang untuk berolahraga. Track datar yang memang didesain untuk area jogging, bersepeda, senam, yoga, dan olahraga lainnya. Untuk masuk ke GBK Anda juga tidak dikenakan biaya sepeser pun.

4. Taman Suropati

Tempat Jogging di Jakarta - Taman Suropati

Taman yang nyaman sangat cocok dijadikan untuk jogging atau sekadar jalan santai.

Taman yang satu ini sudah tak asing di telinga terutama warga Menteng. Taman Suropati yang berlokasi di Jakarta Pusat memang tak terlalu luas, namun banyaknya pepohonan yang rindang membuat taman ini menjadi salah satu tempat jogging di Jakarta favorit.

Taman yang nyaman sangat cocok dijadikan untuk jogging atau sekadar jalan santai. Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, bisa diajak jalan-jalan di sekitar taman. Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke Taman Suropati, seru bukan?

5. Taman Menteng

Tempat Jogging di Jakarta - Taman Menteng

Di Taman Menteng, ada track datar yang sangat cocok untuk dipakai berlari atau jalan santai.

Selain Taman Suropati, ada satu lagi taman yang biasa dijadikan tempat jogging di Jakarta. Ya, Taman Menteng juga menjadi salah satu spot untuk berolahraga. Di Taman Menteng, ada track datar yang sangat cocok untuk dipakai berlari atau jalan santai.

Apalagi lokasinya berada di tengah kota sehingga sangat mudah ditemukan lokasinya. Selain jadi tempat jogging di Jakarta, Taman Menteng juga kerap jadi tempat nongkrong anak muda dan ada beberapa komunitas yang bisa Anda temukan.

6. Kota Tua

Tempat Jogging di Jakarta - Kota Tua

Di area sekitar Museum Fatahillah ada lahan lapang yang bisa digunakan untuk jogging atau jalan-jalan kecil.

Mungkin nama Kota Tua jarang terdengar sebagai salah satu tempat jogging di Jakarta. Namun, Anda bisa berolahraga di area ini pada pagi hari. Ada banyak orang berdatangan untuk jogging atau bersepeda pada pukul 05.00 – 06.00.

BACA JUGA :  8 Hal Yang Terjadi Pada Waktu Kuliah

Di area sekitar Museum Fatahillah ada lahan lapang yang bisa digunakan untuk jogging atau jalan-jalan kecil. Nah, uniknya setelah jogging Anda bisa sekalian berwisata di area sekitar Kota Tua sambil menikmati kuliner khas Jakarta.

7. Ancol Loop

Tempat Jogging di Jakarta - Ancol Loop

Desiran ombak membuat pikiran jadi lebih tenang dan hati lebih adem saat jogging.

Siapa bilang di Ancol hanya ada pantai, di area Ancol Anda bisa lari pagi atau lari sore sambil menikmati pemandangan laut. Desiran ombak membuat pikiran jadi lebih tenang dan hati lebih adem saat jogging. Anggap saja Anda sedang jogging di Bali sambil menikmati panorama pantai.

Titik awal lintasan lari Ancol Loop dimulai dari depan parkir A Pantai Indah, lalu berputar ke arah barat Lodan Raya, berbelok timur menelusuri lintasan sepanjang Pantai Carnaval dan berakhir kembali di Pantai Indah. Tiket masuk untuk ke area ini dikenakan Rp 25.000 – Rp 30.000 saja.

8. Epicentrum Kuningan

Tempat Jogging di Jakarta - Epicentrum Kuningan

Di sekitar lintasan lari ada danau sepanjang jalan tersebut yang menambah cantik pemandangan saat Anda berlari.

Meski berada di kawasan perkantoran, Epicentrum Kuningan justru memiliki jogging track dan bisa dijadikan salah satu tempat jogging di Jakarta. Waktu terbaik untuk berolahraga di area ini adalah pagi hari dimana belum banyak orang perkantoran yang berdatangan di kawasan ini.

Kelebihan kawasan Epicentrum ini adalah pemandangan kota besar yang bersih dan modern. Di sekitar lintasan lari ada danau sepanjang jalan tersebut yang menambah cantik pemandangan saat Anda berlari. Apabila Anda bekerja di sekitar Kuningan, sepulang kerja Anda bisa berolahraga di area ini.

9. Taman Ayodya

Tempat Jogging di Jakarta - Taman Ayodya

Taman ini juga memiliki jogging track yang cukup panjang seluar 1.700 meter.

Taman Ayodya terletak tidak jauh dari pusat perbelanjaan Blok M, Jakarta Selatan. Taman ini memiliki desain seperti teater atau panggung terbuka. Taman Ayodya juga hadir dengan danau buatan yang luasnya hingga mencapai 1.500 meter.

Taman ini juga memiliki jogging track yang cukup panjang seluar 1.700 meter. Sehingga Taman Ayodya ini cocok untuk Anda yang ingin jogging pada pagi atau sore hari. Setelah jogging Anda bisa menikmati aneka kuliner yang tersebar di area Taman Ayodya.

BACA JUGA :  Stadion Manahan Solo, Stadion GBK Mini di Pusat Kota Surakarta

10. Banjir Kanal Timur

Tempat Jogging di Jakarta - Banjir Kanal Timur

Di sini juga ada beberapa alat olahraga dan beberapa pos parkir untuk sepeda.

Tempat jogging di Jakarta yang tergolong baru terletak di jalur sepanjang jalan Duren Sawit, Cipinang, Jakarta Timur. Kawasan ini merupakan area Banjir Kanal Timur yang disulap menjadi jogging track dengan panjang lintasan 1,4 km.

Di sini juga ada beberapa alat olahraga dan beberapa pos parkir untuk sepeda. Area jogging di BKT ini juga menyediakan jalur refleksi dan tempat duduk yang nyaman untuk beristirahat setelah lelah berolahraga.

11. Car Free Day Sudirman

Tempat Jogging di Jakarta - Car Free Day Sudirman

Di area ini ada banyak warga Jakarta yang berbondong-bondong untuk berolahraga mulai dari jogging hingga bersepeda.

Car Free Day adalah sebuah program bebas mobil di Jakarta yang rutin dilakukan tiap hari Minggu. Area bebas mobil di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin ini dilakukan pada pukul 06.00 – 11.00 WIB.

Di area ini ada banyak warga Jakarta yang berbondong-bondong untuk berolahraga mulai dari jogging hingga bersepeda. Namun Anda hanya bisa menjadikan area CFD ini sebagai tempat jogging di Jakarta sesuai aturan jamnya saja.

12. Taman Cattleya

Tempat Jogging di Jakarta - Taman Cattleya

Taman ini juga tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga sangat cocok untuk Anda yang masih takut dengan keramaian di situasi pandemi.

Banyak orang Jakarta yang tak tahu kalau di kawasan Tomang ada taman yang bisa dijadikan tempat jogging di Jakarta. Ya, namanya Taman Cattleya atau Taman Tomang yang berlokasi di Jakarta Barat. Di taman ini ada danau buatan yang indah dan menyejukkan mata.

Anda bisa mengelilingi danau melalui jalur pejalan kaki. Pasalnya jalannya cukup nyaman untuk jogging atau berjalan-jalan kecil. Taman ini juga tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga sangat cocok untuk Anda yang masih takut dengan keramaian di situasi pandemi.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com