10 Tempat Jogging di Surabaya yang Bikin Semangat Olahraga

Untuk memfasilitasi kegemaran masyarakat ber-jogging, tersedia cukup banyak tempat jogging di Surabaya. Ya, aktivitas jogging rasanya menjadi pilihan olahraga hampir semua orang di mana pun berada, tak terkecuali warga Surabaya. Jika tidak mungkin dilakukan tiap hari, setidaknya akhir pekan menjadi waktu yang pas untuk jogging.

Kadang kala kita merasa bosan dengan tempat jogging yang hanya berupa lintasan lari di sebuah stadium atau arena olahraga tertentu. Nah, kita bisa menemukan tempat jogging di Surabaya yang menarik dengan pemandangan sekitar yang membangkitkan semangat.

Ingin menjajal tempat jogging di Surabaya untuk mengisi akhir pekan Anda? Kami rangkumkan tempat jogging di Surabaya yang bisa Anda pertimbangkan sebagai sarana berolahraga sebagai berikut:

1. Alun-alun Surabaya

Menjadi ikon baru Kota Surabaya, Alun-alun Surabaya asyik untuk jogging dan menikmati gelaran kesenian. (Foto: surabaya.ayoindonesia.com)

Menjadi ikon baru Kota Surabaya, Alun-alun Surabaya asyik untuk jogging dan menikmati gelaran kesenian.

Tempat jogging di Surabaya yang cukup menyita perhatian baru-baru ini adalah Alun-alun Surabaya. Ya sudah cukup lama Alun-alun Surabaya dirindukan kehadirannya oleh masyarakat. Sebagai kota besar, tentu kurang afdhol jika kota sebesar Surabaya tidak memiliki alun-alun.

Alun-alun Surabaya diresmikan pada 17 Agustus 2020, bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu destinasi wisata Surabaya yang dulunya bernama Balai Pemuda ini memiliki desain yang kekinian.

Berpadu dengan gedung peninggalan zaman kolonial, tempat jogging di Surabaya yang satu ini memiliki penampilan yang estetik. Keunikan dari Alun-alun Surabaya adalah adanya ruang bawah tanah untuk galeri seni dan arena bermain skateboard.

Alamat :

Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 07.30-21.00

Harga Tiket Masuk:

Gratis

2. Lapangan KONI Jatim

Dari anak-anak hingga dewasa bisa merasakan sensasi jogging track di Lapangan KONI Jatim. (Foto: infopublik.id)

Dari anak-anak hingga dewasa bisa merasakan sensasi jogging track di Lapangan KONI Jatim.

Ingin mencoba tempat jogging di Surabaya yang memiliki lintasan lari profesional? Datang saja ke Lapangan KONI Jatim. Di lapangan yang sudah cukup dikenal ini, Anda tidak hanya menemukan jogging track, tapi juga beberapa arena olahraga, seperti tempat pull up, bak pasir lompat jauh, wall climbing, kolam renang dan lapangan bulutangkis.

Panjang jogging track di Lapangan KONI Jatim sesuai standar internasional, yakni 400m. Dengan begitu, Anda bisa puas berlari mengelilingi lapangan sambal mencatat “rekor” pribadi. Oiya, tempat jogging di Surabaya yang satu ini juga digunakan oleh komunitas panahan dan gulat untuk berlatih. Anda boleh daftar sebagai member, kok!

Lapangan KONI menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan Anda saat berolahraga. Mulai dari toilet yang bersih, kursi-kursi untuk santai, tempat ibadah, hingga area parkir yang cukup luas. Tidak heran bila lapangan KONI menjadi salah satu tempat jogging di Surabaya yang banyak dikunjungi anak-anak hingga dewasa.

BACA JUGA :  Tahukah kamu tentang sejarah dan filosofi toga?

Alamat :

Jl. Raya Kertajaya Indah No.4, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 04.30-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

3. Taman Bungkul

Baik siang maupun malam, Taman Bungkul nampak indah. (Foto: liputan6.com)

Baik siang maupun malam, Taman Bungkul nampak indah.

Taman Bungkul sangat identik dengan kota Pahlawan dan merupakan salah satu tempat jogging di Surabaya yang menjadi favorit masyarakat. Di taman seluas 900 meter persegi ini, Anda bisa melakukan jogging kemudian bersantai sambil menikmati keindahan taman.

Taman Bungkul mengusung tema minimalis modern yang dilengkapi berbagai fasilitas publik. Sebut saja skate park, kolam air mancur, jogging track, arena bermain anak, serta panggung pertunjukan seni berukuran kecil.

Letaknya yang strategis membuat tempat jogging di Surabaya yang satu ini biasa dijadikan titik awal sebuah event olahraga seperti bersepeda. Seluruh area Taman Bungkul memang nampak indah dan asyik untuk berolahraga dan kumpul bersama keluarga atau teman.

Terdapat banyak spot yang keren untuk dijadikan latar belakang berbagai pose foto Anda. Jangan lupa unggah ke media sosial Anda!

Alamat :

Jl. Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Masjid Nasional Al-Akbar

Kawasan Masjid Nasional Al-Akbar yang luas menjadi salah satu tempat jogging favorit masyarakat. (foto: pinterest.com)

Kawasan Masjid Nasional Al-Akbar yang luas menjadi salah satu tempat jogging favorit masyarakat.

Tempat jogging di Surabaya yang satu ini berada di kompleks Masjid Nasional Al-Akbar. Masjid Nasional Al-Akbar merupakan masjid kebanggaan arek-arek Suroboyo dan menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Istiqlal di Jakarta. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 11,2 hektar. Sangat luas, bukan?

Di kawasan masjid agung ini, masyarakat biasa melakukan jogging mengelilingi masjid. Beberapa kali keliling masjid, dijamin peluh sudah membasahi pakaian, saking luasnya area sekitar yang dijadikan salah satu tempat jogging di Surabaya ini. Desain masjid begitu indah sehingga banyak yang berpose dengan latar belakang masjid.

Selepas jogging atau beraktivitas fisik lainnya, Anda bisa mengisi perut atau melepas dahaga. Pasalnya, di kawasan masjid banyak pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kudapan. Selain kuliner, ada juga penjual pakaian, kerudung, aksesori, bahkan peralatan rumah tangga.

Alamat :

Jl. Mesjid Agung Tim. No.1, Pagesangan, Kec. Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

5. Taman Harmoni Keputih

Penambahan jogging track melayang di Taman Harmoni Keputih menambah keindahan taman. (Foto: jatimnet.com)

Penambahan jogging track melayang di Taman Harmoni Keputih menambah keindahan taman.

Taman Harmoni Keputih menjadi salah satu tempat jogging di Surabaya yang sangat unik. Pasalnya, Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya telah menambahkan fasilitas berupa jogging track melayang. Jogging track ini bentuknya beragam, ada yang landau dan ada pula yang menanjak.

BACA JUGA :  Ini Dia 10 Pesan Rahasia Unik Dalam Game GTA V

Konsep jogging track melayang di taman Harmoni Keputih memiliki material yang berbeda dengan lainnya, yakni material stamp pattern yang berpola bunga. Selain jogging track unik, taman ini dilengkapi juga dengan amfiteater terbuka untuk pertunjukan seni ataupun kegiatan lainnya.

Kalau melihat sejarahnya, siapa sangka Taman Harmoni Keputih ini awalnya adalah TPA (Tempat Pembuangan Akhir)? Kawasan tersebut kemudian disulap menjadi taman yang cantik. Bunga-bunga cantik yang dibentuk dengan sangat indah mewarnai salah satu tempat jogging di Surabaya ini.

Alamat :

Jl. Keputih Tegal Tim. II No.249, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

6. Kampus Unesa Ketintang

Asyiknya jogging sambil mengelilingi danau Unesa Ketintang. (Foto: id.foursquare.com)

Asyiknya jogging sambil mengelilingi danau Unesa Ketintang.

Kali ini, yuk kita coba tempat jogging di Surabaya yang berada di area kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Ketintang. Kampus ini memiliki danau yang asri dan terdapat banyak ikan. Aktivitas memberi makan ikan paling disukai oleh masyarakat yang berkunjung ke sini.

Di sekitar danau Unesa Ketintang dibangun taman-taman yang sangat cocok untuk jalan-jalan, jogging, hingga foto-foto. Datanglah pagi-pagi, Anda akan ditemani cuitan-cuitan burung yang saling bersahutan. Ditambah rindangnya pepohon di sekitar danau, bisa menjadi booster saat Anda ber-jogging.

Alamat :

Jl. Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Taman Cahaya

Taman Cahaya, salah satu taman favorit di Surabaya Barat, lengkap dengan fasilitas olahraga. (foto: ikilhojatim.com)

Taman Cahaya, salah satu taman favorit di Surabaya Barat, lengkap dengan fasilitas olahraga.

Alasan Taman Cahaya dipilih sebagai tempat jogging di Surabaya yang representatif adalah adanya jogging track yang cukup panjang. Hal ini membuat para pelari merasa cukup puas berolahraga. Luasnya taman dengan udara segar membuat siapa saja yang datang ke sini akan merasa betah.

Menjadi salah satu taman terbaik di kota Pahlawan, Taman Cahaya selalu ramai dikunjungi pada sore hari. Luas Taman Cahaya mencapai 1,5 hektar sehingga membuat taman ini dapat menampung banyak pengunjung. Tak heran jika kemudian menjadi salah satu tempat jogging di Surabaya bagian barat yang paling digemari masyarakat.

Fasilitas di Taman Cahaya sangat lengkap, mulai dari jogging track, lapangan futsal, lapangan basket, hingga taman bermain anak. Selain fasilitas hiburan yang lengkap, di taman ini juga disediakan toilet dan sarana untuk beribadah seperti musala.

Alamat :

Jl. Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

8. Lapangan THOR

Jogging di Lapangan THOR yang berstandar internasional dapat memompa semangat. (Foto: karikatur.com)

Jogging di Lapangan THOR yang berstandar internasional dapat memompa semangat.

Ingin merasakan tempat jogging di Surabaya dengan standar profesional yang diakui oleh badan internasional? Datang saja ke Lapangan THOR, yang kini menjadi salah satu kebanggaan arek-arek Suroboyo. Lapangan THOR adalah ruang publik yang mudah dijangkau oleh siapapun secara gratis dan memiliki standar internasional.

BACA JUGA :  13 Tata Tertib di Rumah yang Bisa Anda Terapkan pada Keluarga

Menengok sejarahnya, lapangan seluas 1.483,56 meter persegi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, lapangan ini difokuskan sebagai lapangan sepakbola dan menjadi markas klub sepakbola yang bernama THOR, singkatan dari Tot Heil Onze Ribben, yang artinya Salam untuk Tulang Rusuk Kita.

Lapangan THOR kemudian mengalami renovasi besar-besaran dan menjadi sarana olahraga atletik yang mendapat pengakuan dari Federasi Atletik Internasional (International Association of Athletics Federation/ IAAF). Tempat jogging di Surabaya yang bisa digunakan secara gratis ini dilengkapi dengan tribun yang nyaman dan mampu menampung hingga 1.118 orang.

Alamat :

Jl. Patmosusastro No.74a, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 05.00-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

9. Kebun Binatang Surabaya

Trek jogging yang unik di KBS, patut dicoba pada akhir pekan. (Foto: primaradio.co.id)

Trek jogging yang unik di KBS, patut dicoba pada akhir pekan.

Wahana baru Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi salah satu tempat jogging di Surabaya yang keren. Ya, setahun belakangan ini, jogging track di sarana konservasi satwa tersebut telah resmi beroperasi. Jogging track tersebut diharapkan bisa menjadi pilihan warga untuk berolahraga sekaligus berekreasi pada akhir pekan.

Dibukanya arena jogging track di kawasan KBS menghadirkan pengalaman baru bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan dengan jogging. Saat memasuki wahana jogging track sepanjang 250 meter tersebut, Anda akan disambut oleh berbagai satwa KBS yang beraktivitas sejak pagi.

Mulai dari lantunan suara ayam ketawa, kicau burung, hingga suara nyaring siamang. Serasa jogging di alam rimba!

Selain bisa merasakan rindangnya pepohonan dan riuhnya satwa, di sepanjang trek jogging pengunjung dapat melihat koleksi langka flora yang dimiliki KBS. Salah satunya adalah pohon cannonball, pohon asal Amerika Selatan yang berbuah cukup besar menyerupai meriam.

Alamat :

Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-16.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp15.000

10. Jalan Basuki Rahmat

Tempat jogging di Surabaya ini menjadi cukup unik karena dikelilingi gedung-gedung bertingkat. (foto: Utomodeck.com)

Tempat jogging di Surabaya ini menjadi cukup unik karena dikelilingi gedung-gedung bertingkat.

Sebagai jalan protokol yang terletak di pusat kota, Jalan Basuki Rahmat termasuk tempat jogging di Surabaya yang menjadi pilihan warga Kota Pahlawan. Apalagi semenjak pandemi COVID-19, ramai orang melintas di jalan ini, baik dengan berjalan, lari-lari santai maupun bersepeda.

Tempat jogging di Surabaya ini menjadi cukup unik karena dikelilingi gedung-gedung bertingkat. Biasanya, jalan yang dilewati para pecinta olahraga dimulai dari patung karapan sapi, kemudian putar balik di depan Tunjungan Plaza. Jogging dengan pemandangan gedung pencakar langit tentu menghadirkan sensasi tersendiri, bukan?

Alamat :

Jl. Basuki Rahmat, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com