10 Spot Foto di Surabaya Paling Instagramable

Sebagai kota terbesar kedua di Tanah Air, berlimpah spot foto di Surabaya yang memanjakan warga dan wisatawan yang datang. Semakin hari, Kota Pahlawan kian menarik dengan beragam destinasi wisatanya. Keunikan spot-spot foto di Surabaya pun bertebaran di media sosial.

Selain sebagai kota industri, Surabaya juga dikenal sarat menyimpan sejarah kemerdekaan bangsa. Oleh karena itu, spot foto di Surabaya sebenarnya sangat banyak dengan beragam tema.

Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi spot-spot foto di Surabaya, kami telah pilihkan untuk Anda di sini. Berikut rekomendasi 10 spot foto di Surabaya yang bisa Anda kunjungi:

1. Alun-alun Surabaya

Menjadi ikon baru Kota Surabaya, Alun-alun Surabaya menghadirkan galeri seni dan spot-spot kekinian. (Foto: lenteratoday.com)

Menjadi ikon baru Kota Surabaya, Alun-alun Surabaya menghadirkan galeri seni dan spot-spot kekinian.

Begitu dibuka, Alun-alun Surabaya langsung menyita perhatian khalayak dan menjadi salah satu spot foto di Surabaya yang paling dicari. Kehadiran Alun-alun Surabaya ibarat oase di tengah gurun tandus bagi arek-arek Suroboyo yang memang merindukan adanya tempat berkumpul yang nyaman dan kekinian.

Alun-alun Surabaya diresmikan pada 17 Agustus 2020, bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu destinasi wisata Surabaya yang dulunya bernama Balai Pemuda ini memiliki desain yang Instgramable.

Berpadu dengan gedung peninggalan zaman kolonial, alun-alun ini layak menjadi spot foto di Surabaya yang estetik.

Keunikan dari Alun-alun Surabaya adalah adanya ruang bawah tanah untuk galeri seni dan arena bermain skateboard. Sementara di bagian outdoor juga tersedia spot-spot yang Instagenic. Sambil menikmati karya seni atau bermain skate board, Anda bisa jeprat-jepret di tiap sudut Alun-alun Surabaya.

Alamat :

Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 07.30-21.00

Harga Tiket Masuk:

Gratis

2. Surabaya North Quay

Pemandangan lautan lepas dan kapal pesiar mewah menciptakan spot foto yang layak diunggah ke media sosial. (Foto: jejakpiknik.com)

Pemandangan lautan lepas dan kapal pesiar mewah menciptakan spot foto yang layak diunggah ke media sosial.

Spot foto di Surabaya yang satu ini adalah sebuah terminal di pelabuhan kapal laut. Ya, dikelola oleh PT Pelindo II (Persero), Surabaya North Quay merupakan tempat bersandar kapal pesiar internasional. Dermaga ini kemudian dibenahi supaya dapat menjadi tempat wisata bagi warga Surabaya dan sekitarnya.

Surabaya North Quay berada di lantai 2 dan 3 Terminal Gapura Surya Nusantara. Lautan lepas dengan kapal pesiar mewah yang bersandar di terminal ini, menjadi spot foto di Surabaya yang paling utama. Namun jika sedang tidak ada kapal pesiar yang bersandar, Anda tetap bisa berburu foto di sepanjang kawasan ini.

Selain sebagai salah satu spot foto di Surabaya, terminal kapal pesiar ini bisa menjadi tempat bersantai. Tepatnya di lantai 3, pengunjung dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Jawa Timur.

Lantai tiga ini, dilengkapi dengan rumput sintetis hijau, bean bag, payung parasol, dan kursi kayu. Terletak di roof top, sangat pas bersantai sambil menyaksikan indahnya lautan luas.

BACA JUGA :  Alasan Wisata Pulau Pahawang Lampung Wajib Kunjung!

Alamat :

Perak Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

  • Selasa-Minggu, Pukul 11.30-20.00 WIB
  • Senin Tutup

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket masuk 000
  • Biaya teras tepi laut 000

3. Jalan Tunjungan

Alt Text - 3. Spot Foto di Surabaya- Jalan Tunjungan

Satu lagi spot foto di Surabaya yang menjadi saksi sejarah perjuangan rakyat disuguhkan kepada khalayak. Ya, Jalan Tunjungan, yang diresmikan pada November 2021 lalu, menjadi kawasan wisata kekinian yang keren dan recommended untuk Anda jelajahi.

Jalan Tunjungan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya. Di sepanjang jalan ini, Anda disuguhkan berbagai bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda. Tentu saja bagi Anda yang senang berburu foto vintage, kawasan kota tua yang satu ini masuk dalam daftar spot foto di Surabaya yang wajib Anda kunjungi.

Setelah diresmikan, Jalan Tunjungan berubah menjadi “Tunjungan Romansa”. Setiap malam, di kawasan ini akan ada suguhan kuliner dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya lengkap dengan tampilan hiburan seni dan budaya.

Alamat :

Jl. Tunjungan, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Dipo Lokomotif Sidotopo

Tumpukan lokomotif yang sudah usang malah menjadi spot foto yang Instagenic. (Foto: direktoripariwisata.id)

Tumpukan lokomotif yang sudah usang malah menjadi spot foto yang Instagenic.

Dipo Lokomotif Sidotopo ini dulunya merupakan Stasiun Sidotopo. Setelah tidak lagi terpakai, kawasan ini menjadi salah satu spot foto di Surabaya yang bernilai aesthetic. Ya, tumpukan lokomotif yang tidak lagi terpakai malah menghasilkan panorama yang unik dan menarik sebagai objek foto.

Foto-foto berlatar susunan lokomotif di Sidotopo kemudian mewarnai jagad media sosial. Setelah viral, makin banyak yang penasaran untuk memotret langsung ke Dipo Lokomotif Sidotopo. Selain individu, beberapa komunitas juga memburu foto-foto di kawasan ini.

Sayangnya, Dipo Lokomotif Sidotopo bukanlah objek wisata yang bebas dikunjungi masyarakat umum. Namun jika Anda tertarik mendatangi spot foto di Surabaya yang satu ini, Anda cukup meminta izin terlebih dulu kepada petugas PT KAI.

Alamat :

Jl. Sidotopo Lor No.2, Simokerto, Kec. Simokerto, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

  • Senin-Kamis, Pukul 08.00-17.00 WIB
  • Jumat, Pukul 08.00-16.30 WIB
  • Sabtu, Pukul 08.00-13.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

5. Taman Pelangi Surabaya

Gemerlap warna-warni air mancur menghasilkan panorama yang indah dan Instagramable. (Foto: tagar.id)

Gemerlap warna-warni air mancur menghasilkan panorama yang indah dan Instagramable.

Taman Pelangi dengan atraksi turisnya menjadi salah satu spot foto di Surabaya yang keren dan tidak boleh terlewat jika kebetulan Anda singgah di Kota Pahlawan.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini memiliki daya tarik utama berupa 31 tiang yang disusun dalam pola lengkung menyerupai ruas daun. Masing-masing tiang mengeluarkan air yang membentuk kolam di bawahnya.

Konsep Taman Pelangi terbilang unik dan tidak biasa. Di siang hari, taman ini berfungsi sebagai penyejuk udara kota, sedangkan pada malam hari menghibur masyarakat dengan air mancur yang berwarna-warni. Desain taman yang indah sekaligus menjadi tempat untuk menguji kemampuan fotografi Anda.

Untuk hasil foto terbaik, disarankan untuk mendatangi Taman Pelangi, antara pukul 17.00 – 21.00 WIB. Saat beranjak senja, tiang-tiang air mancur akan menyala dan memainkan gradasi warna mirip pelangi yang terlihat begitu indah untuk difoto. Tak heran jika taman ini merupakan salah satu spot foto di Surabaya yang menjadi favorit warga.

BACA JUGA :  9 Mall di Bandung yang Paling Nyaman, Paling Kekinian

Alamat :

Jl. Ahmad Yani No.138, Kec. Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

6. Jalan Gula

Pesona klasik Jalan Gula menggoda khalayak untuk menebarkannya di media sosial. (Foto: id.pinterest.com)

Pesona klasik Jalan Gula menggoda khalayak untuk menebarkannya di media sosial.

Tema vintage seolah tidak tenggelam oleh zaman. Selalu menjadi objek foto yang menarik. Nah, salah satu spot foto di Surabaya yang tengah digandrungi kawula muda adalah Jalan Gula, yang menawarkan kondisi tempo dulu. Terletak sekitar 200 meter dari Jembatan Merah yang legendaris, Jalan Gula boleh dibilang masih bagian dari kawasan kota tua Surabaya.

Berhias bangunan-bangunan klasik, sepanjang di sepanjang Jalan Gula merupakan titik-titik yang sangat menggoda untuk dijadikan bahan konten media sosial. Anda bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi tiap sudut spot foto di Surabaya yang satu ini.

Terdapat gang sempit yang “diapit” gedung-gedung tua, menjadi spot paling diminati oleh wisatawan untuk berpose. Dinding-dinding bangunannya yang nampak tua, memperlihatkan susunan bata merah yang malah menciptakan nuansa klasik yang menarik.

Alamat :

Jl. Gula, Desa Bongkaran, Kec. Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Kenjeran Park Surabaya

Figure Pantai Kenjeran di kala senja, hasilkan foto yang Instagenic. (Foto: hargatiket.net)

Figure Pantai Kenjeran di kala senja, hasilkan foto yang Instagenic.

Kenjeran Park, spot foto di Surabaya yang satu ini sudah menjadi destinasi liburan pilihan keluarga. Pasalnya, banyak wahana yang bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa, misalnya pacuan kuda, Atlantis Land, go kart, dan water park. Selain itu, masih ada Klenteng dengan patung naga, Pagoda Tian Ti, juga Taman Suroboyo.

Dengan banyaknya wahana, Anda tidak hanya menikmati pemandangan pantai sebagai satu-satunya tujuan wisata di Kenjeran Park. Banyak wahana sudah barang tentu juga banyak spot menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda.

Nuansa makin dramatis berkat pepohonan rindang yang mengelilingi kawasan Kenjeran Park. Belum lagi ranting-ranting pohon yang menjuntai hingga menyentuh jalan, seolah membentuk lorong panjang dengan dedaunan yang berserakan. Tak ayal, kawasan ini langsung viral sebagai salah satu spot foto di Surabaya yang aesthetic.

Alamat :

Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Kenjeran Park : Rp15.000 (dua orang dan parkir satu motor)
  • Water Park : Rp10.000 (weekday)

: Rp15.000 (weekend)

  • Atlantis Land : Rp100.000 (weekday)

: Rp125.000 (weekend)

8. Kampung Bulak Surabaya

Bak di luar negeri, Kampung Bulak nampak indah dengan warna-warni ceria. (Foto: sewabussurabaya.com)

Bak di luar negeri, Kampung Bulak nampak indah dengan warna-warni ceria.

Kampung Bulak, spot foto di Surabaya yang kini tengah hits dan viral di media sosial. Ya, kampung dengan rumah-rumah yang dindingnya dicat warna-warni ini terletak di Kenjeran. Dulu, Kampung Bulak terkesan kumuh, tapi kemudian “disulap” menjadi kampung penuh warna-warni nan ceria.

BACA JUGA :  Pantai Pulau Pandanan Banyuwangi Khusus Untuk Wanita?

Kampung Bulak yang tampil nyentrik menjadi incaran wisatawan, sekadar untuk berfoto dan posting di media sosial. Tentu saja hal ini mendapat sambutan dari warga Kampung Bulak yang merasa perekonomiannya ikut terangkat sejak banyak wisatawan yang berkunjung.

Buat Anda yang memang berencana liburan ke Kota Pahlawan, jangan lewatkan spot foto di Surabaya yang satu ini. Dijamin, Anda akan terkesan dengan keceriaan Kampung Warna-warni Bulak.

Alamat :

Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp2.000

9. Monumen Jalesveva Jayamahe

Figure 1Saat ada event, kawasan Monjaya selalu diserbu oleh warga Kota Surabaya. (Foto: tni.mil.id)

Figure 1Saat ada event, kawasan Monjaya selalu diserbu oleh warga Kota Surabaya.

Tak hanya tempat-tempat wisata kebanyakan, spot foto di Surabaya yang cukup menarik lainnya adalah Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya). Terletak di kawasan Markas TNI Angkatan Laut (AL), Monjaya menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kota Surabaya.

Secara keseluruhan, Monjaya berukuran tinggi sekitar 60 meter. Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, Monjaya bisa menjadi latar belakang foto Anda yang super keren. Asyiknya lagi, karena terletak di kompleks TNI AL, maka Anda pun bisa sekaligus menyaksikan kapal perang milik TNI AL.

Selain Monjaya dan kapal perang, di dermaga TNI AL ini Anda bisa mendapatkan spot-spot foto aesthetic berlatar lautan lepas dan sunset di kala senja. Mengingat Anda sedang berada di kawasan penting, maka pastikan Anda mematahui peraturan yang berlaku selama mengabadikan spot-spot Instagramable di sini.

Alamat :

Armada Timur Ujung, Kec. Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Senin-Jumat, Pukul 07.00-15.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

10. Hutan Bambu Keputih

Pohon bambu yang berjajar rapi membentuk lorong yang estetik dalam jepretan kamera. (Foto: travelspromo.com)

Pohon bambu yang berjajar rapi membentuk lorong yang estetik dalam jepretan kamera.

Jangan bayangkan spot foto di Surabaya yang satu ini berada di pedesaan. Kebun Bambu Keputih terletak di sebelah timur Kota Surabaya dan menjadi semacam hutan kota yang menghadirkan nuansa hijau nan asri. Karena sudah viral, cukup banyak orang yang menjadikan kawasan hutan bambu ini sebagai tempat berburu foto keren.

Tidak tanggung-tanggung, Kebun Bambu Keputih berdiri di atas lahan seluas 40 hektar. sangat luas, mengingatkan pada hutan bambu di Jepang, Sagano Bamboo Forest. Bambu-bambu di kawasan perkebunan ini berjajar rapi dengan dahan yang menjuntai seakan membentuk sebuah lorong panjang. Ketika Anda berdiri di “lorong” tersebut, siluet yang tercipta di layar kamera nampak estetik sekali.

Sssttt… kabarnya, masih belum terlalu banyak yang mengetahui keberadaan spot foto di Surabaya yang satu ini. Dengan begitu, Anda bisa cukup leluasa berlama-lama di kawasan Hutan Bambu Keputih sambil berpose sepuas hati. Menarik, bukan?

Alamat :

Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com