Alun-alun Bawah Tanah Surabaya, Begini Cara Masuknya!

Biasanya, alun-alun sebuah kota berupa lapangan terbuka yang cukup luas. Namun lain halnya dengan alun-alun bawah tanah Surabaya yang hadir dengan konsep berbeda dan kini menjadi salah satu spot yang tidak pernah sepi pengunjung.

Ya, sejak peresmian yang dilakukan bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Alun-alun Surabaya disebut-sebut memiliki keunikan tersendiri. Berpadu dengan Balai Pemuda yang merupakan gedung peninggalan zaman kolonial, desain Alun-alun Surabaya akhirnya viral di media sosial.

Selain bagian outdoor yang Instagramable, keunikan dari Alun-alun Surabaya adalah adanya ruang bawah tanah yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Mau tahu apa saja isi alun-alun bawah tanah Surabaya? Yuk, cek ulasan berikut ini!

Alun-alun Bawah Tanah Surabaya

Salah satu ruang di alun-alun bawah tanah Surabaya bisa untuk menggelar pameran seni.

Alun-alun Surabaya sejatinya merupakan ruang publik yang masih tergolong baru dan dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Ide pembangunannya sendiri digagas pada tahun 2019 oleh Walikota Surabaya waktu itu, yakni Tri Rismaharini.

Tujuan dari pembangunan alun-alun ini agar menjadi ruang publik terbuka yang bisa digunakan oleh masyarakat Surabaya untuk berkumpul, bersosialisasi, dan bermain. Selain itu, Alun-alun Surabaya juga diharapkan sebagai pusat atraksi dan destinasi baru di Kota Pahlawan.

Alun-alun Surabaya memiliki luas sekitar 1,46 hektare, meliputi ruang publik yang ada di kawasan Balai Pemuda, area bawah tanah Jalan Yos Sudarso hingga persil Pemuda 17 yang mencapai 8.570 meter persegi, dan ditambah lagi dengan luas ruang parkir bawah tanah yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi.

BACA JUGA :  Buat Apa Naik Gunung Kalau Cuma Nyampah?

Sejak diresmikan pada 17 Agustus 2020, Alun-alun Surabaya mulai diakses oleh publik secara terbatas mengingat kondisi kala itu dalam masa pandemi Covid-19. Antusiasme warga dan wisatawan begitu tinggi untuk melihat langsung alun-alun bawah tanah Surabaya yang disebut-sebut baru pertama kali ada di Indonesia.

Yang bikin menarik perhatian, terdapat beberapa spot menari di Alun-alun Surabaya, antara lain:

Ruang Terbuka

Alun-alun Bawah Tanah Surabaya, Begini Cara Masuknya!

Kolam berasap yang terdapat di ruang publik cukup menyita perhatian pengunjung.

Agar bisa menjadi tempat berkumpul orang banyak, Alun-alun Surabaya memiliki ruang terbuka yang dibuat rapi, bersih, nyaman, dan aesthetic. Hal ini dilakukan agar masyarakat atau wisatawan yang berkunjung merasa senang dan betah berlama-lama.

Ruang Bawah Tanah

Alun-alun Bawah Tanah Surabaya, Begini Cara Masuknya!

Arena skateboard yang cukup representatif di alun-alun bawah tanah Surabaya.

Tak hanya outdoor, Alun-alun Surabaya juga memiliki ruang bawah tanah atau basement yang membuatnya berbeda dari alun-alun pada umumnya. Di ruang bawah tanah terdapat area yang sering digunakan untuk berbagai acara, seperti pameran seni, panggung pertunjukan, hingga arena skateboard.

Gedung Balai Budaya

Alun-alun Bawah Tanah Surabaya, Begini Cara Masuknya!

Gedung tempo dulu yang kini menjadi Gedung Balai Budaya.

Di bagian outdoor Alun-alun Surabaya terdapat gedung peninggalan zaman kolonial yang kini difungsikan sebagai Gedung Balai Budaya. Gedung ini sering menggelar pertunjukan kebudayaan daerah, terutama dari Jawa Timur.

Lokasi dan Cara Menuju Alun-alun Bawah Tanah Surabaya

Desain ruang bawah tanah yang keren, menjadi spot favorit untuk berpose.

Alun-alun Surabaya berada di Kompleks Balai Pemuda, yang beralamat di Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Karena lokasinya yang strategis, Alun-alun Surabaya sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Kalau ingin berkunjung ke tempat ini dengan menumpang kendaraan umum, Anda bisa naik Suroboyo Bus dari Terminal Purabaya, kemudian turun di Halte Gubernur Suryo. Dari halte tersebut Anda cukup berjalan kaki saja untuk tiba di Alun-alun Surabaya.

BACA JUGA :  5 Tempat Belajar Surfing di Bali

Sementara, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, posisi Alun-alun Surabaya berada di persimpangan jalan antara Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Yos Sudarso. Ini adalah rute dari berbagai titik yang dapat menjadi panduan bagi Anda:

  • Dari Stasiun Surabaya Kota
  • Dari Stasiun Surabaya Kota, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Pahlawan.
  • Lurus terus hingga melewati Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, dan Jalan Gubernur Suryo.
  • Belok kiri ke arah Jalan Yos Sudarso, Anda sudah tiba di Alun-alun Surabaya.
  • Dari Stasiun Gubeng
  • Dari Stasiun Gubeng, menuju ke arah Jalan Pemuda.
  • Lurus terus melalui Jalan Pemuda.
  • Belok kanan ke arah Jalan Yos Sudarso.
  • Lurus saja terus hingga nanti Anda menemukan Alun-alun Surabaya.
  • Dari Bandara Juanda
  • Dari Bandara Juanda, menuju ke Jalan Raya Bandara Juanda.
  • Belok kiri ke arah Jalan Letjen S. Parman/Jalan Raya Surabaya-Malang.
  • Telusuri Jalan Letjen S. Parman sampai Anda tiba di Jalan Ahmad Yani.
  • Lurus terus di Jalan Ahmad Yani, lanjut ke Jalan Wonokromo, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Basuki Rahmat.
  • Belok kanan ke Jalan Gubernur Suryo, letak Alun-alun Surabaya berada di dekat Jalan Yos Sudarso.
  • Dari Terminal Bungurasih
  • Dari Terminal Bungurasih, arahkan kendaraan ke Jalan Letjen Sutoyo, kemudian belok kiri ke Jalan Raya Waru.
  • Di Bundaran Waru, arahkan ke Jalan Ahmad Yani.
  • Telusuri terus Jalan Ahmad Yani hingga sampai di Jalan Basuki Rahmat.
  • Belok kanan ke Jalan Gubernur Suryo, letak Alun-alun Surabaya berada di dekat Jalan Yos Sudarso

Cara Masuk Ke Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Cara Masuk Ke Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Formulir pemesanan untuk masuk ke alun-alun bawah tanah Surabaya. (Foto: Kompas.com)

Jadwal buka Alun-alun Surabaya mulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Untuk Anda yang ingin memasuki basement dianjurkan memesan tiket secara online terlebih dahulu. Tenang saja, walaupun harus memesan tiket lewat online, Anda tetap tidak dipungut biaya alias gratis.

BACA JUGA :  10 Tempat Buka Puasa di Bekasi Ini Wajib Dikunjungi

Selain memesan tiket via online, Anda sebaiknya juga mengecek sisa kuota yang tersedia pada jam yang diinginkan. Hal ini karena kuota pengunjung Alun-alun Surabaya dibatasi maksimal 100 orang dalam 30 menit untuk satu kali kunjungan.

Berikut cara untuk memesan tiket online ke Alun-alun Surabaya:

  • Buka tautan https://tiketwisata.surabaya.go.id, lalu pilih “Basement Alun Alun Surabaya”.
  • Klik pesan tiket pada hari dan jam yang diinginkan.
  • Anda diminta mengisi formulir pemesanan tiket wisata “Basement Alun Alun Surabaya” sesuai hari dan jam yang diinginkan.
  • Anda diminta mencantumkan data berupa kewarganegaraan, NIK, nama lengkap, nomor ponsel, dan jumlah orang dalam rombongan.
  • Klik “pesan tiket”.
  • Setelahnya, Anda diharapkan untuk mengunduh atau melakukan tangkapan layar (screenshot) bukti telah melakukan pendaftaran.
  • Pada hari kunjungan, Anda datang ke lokasi sesuai jadwal yang tertera pada tiket.
  • Anda wajib memperlihatkan bukti pendaftaran kepada petugas untuk dipindai (scan).
  • Anda wajib datang sesuai jam kunjungan.

Sebagai informasi, apabila jadwal yang tertera pada tiket Anda adalah pukul 09.00-09.30 WIB, maka tiket tidak bisa dipindai sebelum pukul 09.00 WIB dan setelah pukul 09.30 WIB.

Apabila Anda terlambat datang, maka harus memesan tiket lagi dengan memilih jadwal selanjutnya.

Panduan Cek Kuota Kunjungan Alun-alun Bawah Tanah Surabaya:

Nah, demikianlah pembahasan mengenai alun-alun bawah tanah Surabaya berikut tujuan pembangunan, fasilitas umum yang tersedia, tiket masuk, jam operasional, lokasi, dan akses menuju ke sana. Semoga bisa membantu Anda…!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com