Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido

By | February 14, 2020

Cerita sedikit pengalaman liburan ke Hokkaido kami. Sudah banyak yg share pasti. Sekedar berbagi 3 hari mengunjungi Hokkaido yg amat berkesan sekali membuat saya berkesimpulan, Jepang itu bukan cuma Tokyo, Osaka, Kyoto dll ada tempat yg sangat layak utk dikunjungi yaitu Hokkaido.

Mungkin semua sudah tahu Hokkaido itu paling pas dinikmati saat winter, apalagi kalau bertepatan dg snow festival. Oleh karena itu sayapun sesuaikan tiket pesawat yg sudah saya beli hampir setahun lalu itu dg jadwal snow festival. Kami, berdua saja dg anak saya (awalnya bertiga tapi satu batal) pergi ke Hokkaido selama 4 hari tp efektif cuma 3 hari saja.

Perjalanan ini sangat nyantai, dari awal tidak mau terlalu ngoyo pergi ke tempat2 dekat saja. Sudah sampai Hokkaido aja sudah sangat senang  Maklum ke jepang sudah berkali2 tapi baru kali ini ke Hokkaido hehe…

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido – Hari pertama (1 Februari)

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido

Naik pesawat dari Tokyo mendarat di New Chitose Airport sekitar jam 3 sore. Senaaang sekali melihat jendela pesawat terlihat salju. Lalu naik JR rapid train menuju kota Sapporo. Lanjut menuju apartemen yg kami sewa dari Airbnb. Senang dan bahagia berlanjut karena apartemen yg kami sewa jauh melebihi ekspektasi. Luas, nyaman, bersih, fasilitas lengkap dan….buka jendela terlihat taman bermain yg penuh salju
❤️❤️❤️❄️❄️❄️❄️❄️
Seperti di negeri dongeng…..
Setelah meletakkan koper, lanjut pergi belanja ke minimarket terdekat beli cemilan dan bahan makanan utk makan malam.

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido – Hari kedua (2 Februari)

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido

Hari ini kami pergi ke Shiroi Koibito sebuah taman hiburan yg unik. Shiroi Koibito itu sebenarnya adalah snack terkenal yang berasal dari Hokkaido dan menjadi favorit orang2 Jepang. Jadi disini kita bisa melihat cara pembuatan snack tersebut.

Ada toko jual souvenir, kue2, coklat, selain restoran, cafe dan toko jual es krim & minuman coklat. Suasana sangat menyenangkan, dikelilingi bangunan2 antik dan sesekali ada parade karakter. Akses kesini sangat gampang, naik subway jalur Tozai stasiun Miyanosawa jalan santai 7 menit sampai.

Lepas dari sana, menuju Mount Moiwa, sebuah gunung/bukit yg diperuntukkan untuk menikmati pemandangan kota Sapporo. Kami sampai disana sore menjelang malam, ramai sekali, rupanya pengunjung kebanyakan datang saat malam hari.

Menuju kesini naik tram ke stasiun Ropeway Iriguchi, dari sana ada free shuttle bus menuju Mt moiwa. Karena kesinilah saya jadi tahu ternyata Sapporo punya alternatif transportasi lain selain subway, dan cukup murah ¥200 jauh dekat.

Sebelum pulang kami mampir ke ramen halal di dekat stasiun Susukino, Horyu Ramen. Ketemu orang Indonesia dan Malaysia disini, ngantri panjang.

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido – Hari ketiga (3 Februari)

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido

One day trip to Otaru. Ya, ke Hokkaido kudu wajib mengunjungi kota kecil ini. Otaru terletak 80 km atau sekitar 30 menit naik JR rapid train dari Sapporo. Hari itu sepanjang hari hujan salju lebat. Sampai di stasiun Otaru, mampir dulu ke tourist information center utk ambil peta. Duduk2 dulu sambil ancang2 kemana dulu enaknya sambil menunggu hujan berhenti.

Tapi rupanya hujan tak akan berhenti, jadi kami serbu saja hujan2an menembus jalanan kota Otaru yg seluruhnya tertutup salju. Kebetulan pas lapar, mampirlah ke KFC sambil duduk2 lagi menghangatkan diri. Lanjut hujan2an lagi cari area indoor biar ga kedinginan, ketemu Otaru Music Box Museum, lama juga disini semua pernak pernik music box didengerin 😅 Lucu2 sih…..

Lanjut ke sebuah toko lain yg juga menjual barang2 unik. Berjalan lagi menembus hujan salju.. Sampai di Otaru Canal. Speechless bangeeeettt disini.. Cantik sekali kanal ini. Mungkin suasana mendukung, di pinggir sungai penuh salju dg bangunan bekas gudang di sepanjang kanal dg temaram lampu berwarna oranye, diselingi hujan salju.

Komplit. Foto2, dadah2 sama yg naik perahu walau gak kenal. Sebenarnya pingin jg naik cruise tp waktu gak memungkinkan apalagi hujan lebat. Mau berlama2 di sekitar kanal tp super dingin dan hujan tambah lebat, akhirnya masuk ke sebuah restoran sushi di dekat kanal buat ngangetin badan sekaligus makan sushi.

Di sebelah restoran ada toko souvenir lihat2 bentar lanjut ke kanal lagi. Otaru canal ini jd tambah cantik lagi saat sore menjelang malam saat lampu2 mulai menyala. Malam hari kami pulang dg menembus badai, angin dan salju.. Tapi jadinya berkesan banget.

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido – Hari keempat (4 Februari)

Cerita Pengalaman Liburan ke Hokkaido

Hari ini yang ditunggu2, hari pertama snow festival 😍

Kami check out dari apartemen, titip koper di stasiun Sapporo, lanjut jalan2 melihat snow festival di Odori park. Wow… Girang banget akhirnya bisa melihat festival musim dingin terbesar di Jepang. Ramaiiii sekali… Takjub melihat bangunan megah terbuat dari salju dan patung2 besar yg lucu2.

Sapporo Snow Festival tahun ini berlangsung tgl 4-11 Februari 2020 dipentaskan di tiga situs : Odori, Susukino dan Tsu Dome. Situs utama adalah Situs Odori di taman Odori sepanjang 1,5 km yang terletak di pusat kota Sapporo.

Patung2 salju besar dan megah ada di area ini. Situs Susukino memamerkan patung2 berukuran kecil, sekitar seratus patung es. Sedangkan situs Tsu Dome terletak di luar kota merupakan arena permainan salju untuk keluarga.

Kami cukup puas mengunjungi Odori dan Susukino saja, karena malam itu harus kembali ke bandara. Ohya lagi2 karena diterpa hujan salju lebat, ga bisa berlama2 menikmati festival, jadinya cari tempat anget yaitu Sapporo TV Tower dan OMG…. Baguuuuuus banget pemandangannya terutama melihat pemandangan kota Sapporo area Odori park tempat berlangsungnya snow festival. Speechless lagi.

Hokkaido memang beda ya… Pulang dari sana, dalam hati pingin kembali lagi. Pingin ke kota2 lain di Hokkaido yg konon katanya bagus2 juga pemandangannya.

Saran buat yg ingin menikmati snow festival, cukup 1-2 hari saja di hari2 pertama atau mungkin hari terakhir karena saat festival apa2 menjadi mahal. Airbnb kami saja awalnya murah, tp harga melonjak naik saat masuk hari pertama snow festival. Jadi sehari saja sudah cukup sih menikmati snow festival.

Sumber

Comments

comments