Keren! Jepang Kini Semakin Ramah Turis Muslim!

By | April 22, 2019

Dengan dipermudahnya visa untuk turis Indonesia ke Jepang, diprediksi akan makin banyak wisatawan muslim. Untuk itu, sejumlah fasilitas dan imbauan untuk turis muslim telah disiapkan.

Manajer Japan National Tourism Organization (JNTO), Kristiana Susanti menjelaskan pada Rabu (4/4/2018), pemerintah Jepang telah memperbanyak destinasi ramah Muslim. Tak hanya itu, kemudahan lainnya adalah papan-papan penunjuk yang sekarang sudah banyak menggunakan huruf latin.

Tokyo Camii, masjid terbesar di Jepang

“Tak seperti dulu, di mana-mana sekarang sudah menggunakan Bahasa Indonesia atau bertuliskan latin. Jangan anggap tidak ramah wisatawan, karena jika ada turis yang terlihat kesulitan maka warga lokal dengan ramah akan mengantar langsung turis ke lokasi tujuan,” kata Kristiana.

Kemudahan itulah yang akan didapat turis muslim jika ke Jepang. Ada pula kemudahan turis muslim lainnya yang sudah disiapkan Pemerintah Jepang dan ini menjadi hal atau perhatian yang sangat serius.

“Sekarang ini ada penambahan fasilitas-fasilitas Muslim di Bandara Narita. Di hotel sudah dianjurkan untuk menambahkan arah kiblat, sudah banyak restoran yang berlabel halal dan cukup tanya ke penjualnya apakah halal atau tidak,” urai Kristiana.

“Jadi, untuk traveler muslim sekarang sangat friendly dan cukup banyak berkembang di berbagai tempat di Jepang,” imbuh dia.

Restoran Tentei di Bandara Narita

Bandara Narita Jepang mulai berbenah bagi turis muslim. Ada sejumlah musala di sana, pertama di Terminal 1 yang ada di sebelum kontrol paspor lantai 5, 5F dan sesudah kontrol paspor di lantai 2, 2F Gate 28.

Musala di Terminal 2 ada di sebelum kontrol paspor lantai 1, 1F. Sesudah kontrol paspor ada di lantai 1, 1F, Gate 70.

Musala di Terminal 3 yang ada di sebelum kontrol paspor lantai 2, 2F. Setelah kontrol paspor ada di lantai 3, 3F, Gate 151.

Semua musala ini dibuka dari pukul 06.00-23.00 waktu setempat. Adapun restoran berlabel halal di Narita Airport ada di setiap terminal.

Restoran halal pertama di Terminal 1 bernama Kineya Mugimaru. Ada di lantai 5 sebelum kontrol paspor, buka dari pukul 07.30-20.30. Restoran halal kedua di Terminal 2 bernama Tentei. Ada di lantai 4 sebelum kontrol paspor dan buka dari pukul 07.30-20.30.

Makanan di Kineya Mugimaru

Restoran halal ketiga di Terminal 3 bernama La Toque. Ada di lantai 4 sebelum kontrol paspor dan buka dari pukul 07.30-20.00.

Menu restoran La Toque:

Untuk panduan turis muslim ke Jepang, lebih lengkap bisa kita temukan di situs Japan Muslim Guide: https://muslim-guide.jp/

Comments

comments