Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

By | April 23, 2019
Rate this post

Setelah sebelumnya aku udah sharing cerita ke Korea, sekarang aku mau kasih tau pengalaman aku apply Visa Kunjungan/ Turis ke Korea Selatan. Buat yang nanya aku urus sendiri atau pake travel, semua trip ini aku urus sendiri (well berdua temenku sih). Jadi mulai dari beli tiket promo Garuda di GATF, urus Visa sampai ke penyusunan itinerary, kita urus sendiri.

 

 

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Jadi gimana sih cara ngisi formulirnya? Sejujurnya ini visa pertama aku, jadi aku mau sharing pengalaman aja ya gansist. Secara pas aku baca ini sih layaknya formulir biasa ya gansist. Setelah diisi semuanya, jangan lupa ditempel fotonya. Ohya lampirkan juga semua dokumen yang udah disiapkan. Cek lagi jangan sampai ada yang kelewatan ya.

Udah siap semua, langsung aja ke Embassy of The Republic of Korea-Consular Section yang lokasinya ada di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950, Indonesia. Posisinya ada di sebelah RS Medistra, di pinggir jalan banget. Nggak perlu buat janji atau daftar online, langsung aja datang dengan bawa semua dokumen ya gansist.

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Ohya biayanya, aku kutip dari webnya langsung:
Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 544.000,-
Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000,-
Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 952.000,-
Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Biayanya dibayar cash, tunai, nggak bisa debit apalagi pake kartu kredit. Jadi kalo bisa bawa uang pas biar nggak ribet atau kalo kembalian pun mereka juga ada kok.

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Pas masuk ntar kita ditanya satpam, bilang aja mau urus visa, nanti kita bakal diarahin deh ke tempat untuk pengurusan visa. Ohya jangan lupa bawa KTP untuk pemeriksaan di pintu ya. Terus pas udah di ruangan gitu, nanti bakalan dikasih nomor antrean. Ohya sebelum lupa, pengajuan aplikasi visa itu dimulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 11.30 ya. Waktu itu sih aku dateng sekitar jam setengah 10 dan selesai jam 10an karena nggak antre banget. Jadi untuk yang apply mandiri dan yang agen travel itu dibedain, nggak lama kok. Pas dipanggil, serahin deh dokumen terus kalo udah oke, akan dikasih bukti bayar yang harus dibawa saat pengambilan visa gansist.

PS: Aku datengnya sendiri tapi bawa dokumen temen aku, boleh sekalian (tapi nggak tau berapa orang maksimalnya) karena sebenernya prosesnya hanya nyerahin dokumen aja, asal semuanya lengkap ya.

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Sementara buat proses pengambilan visa akan dimulai pukul 13.30 sampai 16.30. Tapi aku datang sekitar jam 4an gitu biar nggak begitu ngantre hehehe emoticon-thumbsup Proses pembuatan visanya itu 6 hari kerja dihitung 1 hari kerja setelah penyerahan dokumen, nggak termasuk libur nasional dan libur nasional Korea. Jadi amannya sih kita apply kira-kira 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan kita karena masa berlaku single visa itu kan maksimal 90 hari.

Ohya kita bisa cek juga loh status visa kita di sini, tinggal isi nomor paspor dan nama (tapi nama keluarganya di depan ya gan, misalnya nama Lia Susanto jadi ngetiknya SUSANTO LIA) ini nih menurut aku part yang paling bikin deg-degan, nggak kebayang kalo ditolak. Tapi selama dokumen lengkap dan niat kita baik, potensi approvenya semakin tinggi emoticon-Big Grin

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

ALHAMDULILLAH VISA APPROVE!! AH rasanya ingin loncat-loncat kegirangan karena Korea udah tinggal selangkah lagi. Di tanggal pengambilannya, tinggal taro aja bukti bayar yang waktu apply itu dikasih. Nanti nama kita bakalan dipanggil dan langsung ketempel deh tuh visa Korea Selatan di paspor!

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Jadi intinya gan, kalo emang mau urus visa mandiri alias urus sendiri itu juga mudah banget kok. Asalkan semua dokumen lengkap dan sesuai, kalo bingung isi formnya, tanya aja ke temen/ saudara yang udah pernah, atau tanya aku juga boleh banget. Terus banyak-banyak doa deh, insya Allah bisa approve kok visanya. Jadi lebih hemat daripada urus dengan agen travel, uangnya bisa buat belanja

Pengalaman Cara Buat Visa Korea Selatan Sendiri Tanpa Travel

Sekian sharing gimana sih cara membuat visa Korea secara mandiri tanpa travel gansist, semoga bermanfaat buat gansist yang punya rencana jalan-jalan ke Korea Selatan yaaa. Boleh banget kalo mau nanya-nanya bisa email ke[email protected]

Comments

comments