Kapan Sih Waktu Perpanjang Paspor Yang Pas??

Kapan sih sebenarnya waktu perpanjang paspor yang pas??

Tidak berbeda dengan surat izin mengemudi, paspor juga memiliki masa berlakunya. Rata-rata paspor berlaku hingga 5 tahun lamanya.

Berbeda dengan surat izin mengemudi yang bisa diperpanjang saat hari jatuh tempo.

Traveler harus mengetahui waktu terbaik perpanjang paspor agar tidak menjadi hambatan di kemudian hari.

Jadi, Kapan Sih Waktu Perpanjang Paspor Yang Pas Itu??

Berdasarkan peraturan imigrasi, waktu yang tepat untuk perpanjang paspor adalah enam bulan sebelum masa berlakunya habis. Ternyata bukan tanpa alasan ketentuan itu ditetapkan.

Masalahnya beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan hanya menerima paspor yang masih aktif dalam jangka waktu enam bulan sebelum masa berlakunya berakhir.

Tanggung Jawab Maskapai Terhadap Paspor Expired

Jika pada akhirnya masa berlaku paspor itu habis, justru maskapai penerbanganlah yang bertanggung jawab untuk mengembalikan penumpang yang paspornya habis itu, kembali ke negara asalnya. Tentu saja tidak ada maskapai penerbangan yang ingin menaggung resiko seperti ini.

Aturan baku di beberapa negara juga sangat ketat untuk urusan kedaluwarsa paspor. Contohnya seperti di Amerika dan India, wisatawan yang datang harus memegang pospor yang masih berlaku minimal untuk satu tahun kedepan.

Beberapa hal kecil yang juga tampaknya harus jadi perhatian penting adalah pastikan bahwa halaman paspor setidaknya menyisakan tiga halaman lagi saat akan diperpanjang.

Waktu Terbaik Perpanjang Paspor

Jadi ada dua indikator yang paling aman waktu tepat perpanjang paspor. Pertama dari kurun waktu enam bulan sebelum kedaluwarsa dan ketika paspor sudah tinggal bersisa tiga hingga empat halaman kosong, meskipun masa kedaluwarsanya belum akan habis.

BACA JUGA :  5 Efek Buruk Smartphone Bagi Kesehatan

Saat ini akan lebih memudahkan untuk menggunakan paspor elektronik yang sudah ditanamkan chip. Harga pengurusan paspor elektronik memang terpaut jauh dibandingkan dengan paspor biasa.

Namun di masa mendatang paspor elektronik ini akan lebih banyak digunakan di beberapa negara maju. Jadi, kapan sudah tahu kan kapan waktu terbaik untuk perpanjang paspor?

Comments

comments