Cerita Pengalaman Backpacker ke Turki

Saat ada yg bilang masih ada salju di turki pada bulan april ini, saya bukan saja setengah tidak percaya tapi malah sdh tiga perempat tidak percaya. Betapa tidak, skrg adalah musim semi yg bahkan sudah akan mau masuk musim panas bulan juni nanti.

Musim dingin sudah lama berlalu karena akhir februari adalah akhir musim dingin di negara2 sub tropis di utara khatulistiwa. Jadi saya sulit sekali percaya jika masih ada salju di turki.

Tapi ternyata saya salah. Salju benar2 masih ada di uludag, bursa. Bukan hanya sekedar masih ada, tapi juga masih tebal sehingga bahkan masih bisa utk main ski.

Cerita Pengalaman Backpacker ke Turki

Salju di uludag ini berada di kawasan perbukitan yg sebenarnya tidak terlalu jauh dari kota bursa. Keberadaan salju di sini benar2 memporakporandakan semua asumsi saya tentang salju selama ini yakni:

  1. Salju hanya ada di musim dingin saja yakni setiap bulan desember, januari dan februari saja. Ternyata kenyataannya salju masih ada di bulan april.
  2. Saat ada salju maka suhu udara haruslah sekitar 0 derajat krn es mencair pada suhu di atas 0 derajat. Tapi faktanya salju tetap ada walau suhu udara relatif panas. Saya tdk mencatat suhu udara di sini, tapi yg jelas cukup panas saat kita berada di bawah sinar matahari yg terik. Saya bisa bilang cukup panas karena saya sampai lepas jaket bermain di atas salju.

Dengan fenomena di atas, saya benar2 puas main salju kali ini tanpa sarung tangan dan tanpa jaket tebal. Beda sekali dg di sapporo jepang saat main salju bulan februari yg lalu. Dingin begitu menggigit jika kita melepas sarung tangan apalagi jika melepas jaket. Tapi di uludag ini, bukan hanya lepas sarung tangan dan jaket, bahkan saya bisa main luncuran di salju tanpa alat apapun.

BACA JUGA :  Aktivitas Seru Liburan di Tabanan Bali

Cerita Pengalaman Backpacker ke Turki

Langsung main perosotan di salju dg hanya pakai celana panjang dan pakaian yg melekat di badan. Dan begitu sampai di bawah masih bisa berbaring telentang sejenak di salju. Semua yg tidak bisa saya lakukan di sapporo saat itu krn dingin yg sangat menggigit justru bisa dilakukan di uludag ini.

Kereta gantung di sapporo hanya boleh dinaiki oleh mereka yg akan bermain ski. Tapi di sini semua orang boleh naik termasuk anak2. Jadi kamipun naik kereta gantung sampai ke puncak sebuah bukit.

Di puncak ini ada tempat jualan di mana orang bisa memesan makanan dan minuman panas. Di tengah2 ruangan ada pemanas alami yg memancarkan panas dari kayu yg dibakar.

Saya tdk lama di ruangan ini krn pemandangan di luar jauh lebih menggoda utk dinikmati. Jadi makanan dan minuman yg dipesan kami minta utk dibawa keluar saja. Dan seperti yg saya sebutkan di atas, kami bisa menikmati makanan dan minuman di luar. Suhu udara yg terasa hangat di bawah terik matahari sangat kontras dg putihnya salju di mana2 di sekeliling kami.1

Cerita Pengalaman Backpacker ke Turki

Pemandangan dari puncak bukit ini di mana para pemain ski memulai startnya utk meluncur turun sungguh demikian indahnya. Saya melihat puncak2 bukit lain di sekeliling lokasi ini yg juga masih diselubungi salju putih.

Di sebelah bawah terlihat resor2 dan pemondokan yg juga disaput salju di sekelilingnya. Orang2 yg bermain ski silih berganti naik dan turun meluncur dg papan skinya.

Saya sendiri berkali2 meluncur bermain perosotan di atas salju seperti yg saya ceritakan di atas. Sungguh semua ini jadi pengalaman indah yg sangat menyenangkan.

BACA JUGA :  Pasar Tradisional Tempat Beli Oleh Oleh di Bali

Sumber

Comments

comments