SEO Friendly Blog, Tentang Riset Keyword

By | January 10, 2019

Lapakfjbku.com – Hal yang paling mendasar dan paling penting dalam menentukan sukses tidaknya blog anda adalah riset keyword. Keyword yang anda gunakan haruslah keyword yang memiliki banyak pencari di google (paling tidak minimal 1000 pencarian/bulan). Tool yang digunakan bisa Google Adwords tool dan Google Insight. Kedua tool ini sudah lebih dari cukup buat riset keyword :)

Secara umum riset keyword ini bisa dibedakan menjadi 3 macam:

SEO Friendly Blog, Tentang Riset Keyword

SEO Friendly Blog, Tentang Riset Keyword

1. Riset keyword untuk keyword sepanjang masa.

Maksud keyword sepanjang masa ini adalah keyword2 yang selalu ada pencarinya sepanjang tahun. Contoh keyword sepanjang masa adalah: Resep Masakan, Download Software, Download Lagu, Tafsir Mimpi, Foto Artis, Download Blogger Template, Belajar Bahasa Inggris dll. Keyword2 di atas selalu ada pencarinya sepanjang tahun, tidak peduli sedang musim kemarau atau musim penghujan.

2. Riset Keyword untuk Keyword Musiman 

Yang di maksud keyword musiman adalah keyword yang di cari orang hanya pada saat2 tertentu. Contohnya adalah keyword “hadiah valentine” atau “hadiah natal”. Keyword2 di atas tidak akan ada pencarinya pada saat musim lebaran atau musim durian.

Yang termasuk keyword ini juga adalah keyword2 yang berhubungan dengan suatu produk, khususnya produk2 yang mempunyai masa edar tidak lama. Contohnya keyword “review samsung galaxy note” atau “harga BlackBerry gemini”.

Jumlah pencari keyword ini akan sangat tergantung pada kesuksesan dan berapa lama produk tersebut beredar di pasaran. Jika produk tersebut telah kadaluarsa atau hilang dari peredaran, tentunya pencarinya juga akan jauh berkurang. Contoh : sekarang pasti tidak ada satupun manusia di dunia ini yang mencari keyword “review nokia 3315” bukan?.

3. Riset keyword untuk Keyword Trend atau News

Yang termasuk keyword2 ini adalah keyword yang berhubungan dengan Trend atau Berita yang sedang berkembang saat ini. Contoh: “Misteri jatuhnya pesawat MH 17” atau “menghilangnya MH370”

Diantara ke 3 jenis riset keyword, Riset keyword trend atau berita ini paling mudah di banding riset keyword sebelumnya. Jika anda mencari keyword news bahasa inggris anda tinggal menuju ke Google Trends Di sana sudah terpampang keyword yang sedang booming saat ini, tapi keyword tersebut untuk pasar US.

Sedangkan untuk Indonesia belum di fasilitasi. Sebagai alternatifnya biasa saya menggunakan Yahoo News Indonesia Di sana terdapat keyword yang sedang populer pada hari itu yang bisa anda garap. Sayangnya hasil keyword dari yahoo ini tidak se-atraktif Google Trends yang menampilkan keyword terbaru tiap satu jam sekali. Namun hasil dari Yahoo News juga cukup akurat kok.

Nah, semoga bisa berguna, nanti dilanjut lagi di post selanjutnya.. : Membuat SEO Friendly Blog : 3 Jenis Riset Keyword

Comments

comments