Tips Menjadi Penulis Freelance

By | September 16, 2018

Lapakfjbku.com  – Sebagai seorang penulis lepas atau freelance, Anda tentunya menggantungkan diri pada pekerjaan menulis yang bisa datang dari surat kabar, majalah, atau lainnya. Tantangan menjadi penulis freelance adalah ketika Anda tidak mendapat kepastian soal gaji, bila dibandingkan dengan pekerja kantoran atau ketika Anda bekerja di media massa.

Tips Menjadi Penulis Freelance

Namun jika Anda mengharapkan waktu yang fleksibel, menjadi penulis freelance merupakan sebuah pilihan yang menggiurkan. Agar Anda bisa bekerja sebagai penulis freelance dan mendapatkan banyak pekerjaan, ikuti tips berikut seperti dirangkum dari laman Workawesome.

1. Jadi blogger tamu

Buatlah nama Anda terkenal, setidaknya di kalangan penulis, dengan menjadi blogger tamu di salah satu blog atau situs tertentu. Setiap blog atau situs punya peraturan tertentu mengenai honor yang dibayarkan, bahkan untuk situs ternama bisa jadi Anda tidak dibayar namun biodata lengkap Anda ditulis.

Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan kemampuan menulis, melebarkan jaringan kerja di bidang tersebut, sekaligus membuat nama Anda lebih dikenal. Tulisan Anda pun bisa menjadi bagian dari portofolio Anda, yang nantinya memudahkan Anda untuk menemukan pekerjaan.

2. Jangan bergantung pada lowongan kerja

Anda mungkin terus mencari lowongan kerja yang membutuhkan penulis freelance. Tapi jangan gantungkan pencarian kerja Anda pada hal tersebut. Cara lainnya, Anda bisa langsung menghubungi media massa atau media publikasi yang mungkin memerlukan penulis freelance tapi tidak membuat iklan lowongan kerja.

3. Buatlah situs sendiri

Sebagai penulis freelance, Anda harus memperkenalkan tulisan Anda ke semua orang. Cara termudah adalah membuat situs sendiri atau bisa juga berupa blog. Masukkan setiap tulisan yang pernah Anda buat, sertakan juga nomor kontak Anda agar orang yang membutuhkan penulis freelance dapat langsung menghubungi Anda.

4. Kelola media sosial

Jangan lupa juga untuk mengelola media sosial Anda dengan baik. Apakah itu Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Instagram, dan lain sebagainya. Anggap saja media sosial sebagai sarana promosi sebagai cara Anda untuk melakukan branding.

5. Terus lakukan networking

Apabila Anda pernah mendapat pekerjaan tetap, tentunya akan lebih baik. Gunakan ini sebagai cara untuk membangun jaringan kerja atau networking. Bahkan setelah Anda memutuskan untuk menjadi freelancer dan tidak lagi bekerja kantoran, terus melakukan networking adalah kunci keberhasilan Anda sebagai penulis freelance.

6. Jadilah ahli di bidang Anda

Akan lebih baik jika Anda fokus pada satu bidang yang menjadi keahlian Anda. Misalnya, Anda lebih suka menulis feature tentang kehidupan sosial manusia, tulisan mendalam tentang traveling, dan lain sebagainya.

Comments

comments