Panduan Belajar SEO Untuk Pemula!

By | May 23, 2019

Belajar SEO Yang Mudah Untuk Pemula!

Langkah selanjutnya setelah sebuah website atau blog jadi adalah mempromosikannya agar banyak dibaca orang. Sayang sekali bukan? Kalau setelah website atau blog tadi capek – capek di buat, tetapi ternyata yang berkunjung ke blog cuma sedikit sekali. Salah satu cara untuk membuat website atau blog mudah ditemukan ketika dicari orang di google adalah dengan melakukan optimisasi SEO (Search Enggine Optimization).

Baiklah! Apa itu SEO? Apakah belajar SEO itu sulit? Bagaimana urutan belajar SEO yang baik dan benar? Pertanyaan bagus! Tetapi sebelum saya jawab, ada baiknya untuk membaca setiap tulisan setelah ini sampai habis! Karena setelah ini akan ada banyak sekali tulisan tentang SEO berdasarkan hasil belajar saya di intenet selama ini. Mungkin masih akan kurang disana sini, tetapi semoga berguna untuk yang pemula mau belajar SEO dengan sungguh – sungguh!

Panduan Belajar SEO Untuk Pemula!

Mari belajar SEO untuk website yang lebih optimal

Secara umum, dasar untuk belajar SEO bagi pemula, minimal harus memahami tentang 10 bagian utama dari SEO seperti dibawah ini :

  1. Belajar SEO : Memahami bagaimana mesin pencari seperti Google bekerja
  2. Belajar SEO : Memahami bagaimana interaksi antara pengguna internet (kita) berinteraksi dengan mesin pencari seperti Google
  3. Belajar SEO : Memahami kenapa marketing atau pemasaran dengan mesin pencari seperti google itu sangat penting.
  4. Belajar SEO : Memahami bagaimana sebuah website yang ramah dengan mesin pencari.
  5. Belajar SEO : Memahami pentingnya riset keyword atau kata kunci
  6. Belajar SEO : Memahami kenapa kontent dan user experience mempengaruhi rangking website di mesin pencari.
  7. Belajar SEO : Memahami tentang membuat populer link di sebuah website dan link building.
  8. Belajar SEO : Memahami hal yang berkaitan dengan mesin pencari.
  9. Belajar SEO : Memahami mitos dan kesalahpahaman tentang mesin pencari
  10. Belajar SEO : Memahami ukuran sukses dalam optimisasi SEO
Panduan Belajar SEO Untuk Pemula!

Banyak jalan untuk belajar SEO

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

Sebelum Belajar SEO lebih detail, harus di mengerti dahulu apa itu SEO. Nah, apa itu SEO? Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan SEO adalah praktek(disebut ilmu juga bisa sih) untuk meningkatkan dan mempromosikan website. Tujuan akhirnya tidak lain untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dari dari mesin pencari seperti Google, Yahoo Search, dan Bing Search. Ada banyak sekali aspek dalam SEO, mulai dari kata-kata di halaman website, sampai dengan bagaimana cara website lain terhubung ke website Anda di internet (biasanya dikenal dengan link building). Kadang yang namanya SEO hanyalah memastikan bahwa website Anda sudah terstruktur sesuai yang bisa dibaca dengan baik oleh mensin pencari seperti Google, Yahoo Search, dan Bing Search. Search Engine Optimization juga bukan hanya tentang “mesin pencari” saja, tetapi juga tentang membuat website anda Anda bisa lebih baik bagi pengguna.

Kenapa Website Saya Perlu Yang Namanya SEO?

Seperti yang kita ketahui, mayoritas lalu lintas data internet banyak dimonopoli oleh mesin pencari utama seperti Google, Bing dan Yahoo!. Meskipun sosial media seperti facebook, twitter dan lainya juga merupakan sumber traffic (lalu -lintas) yang menghasilkan kunjungan ke website Anda. Sekarang ini mesin pencari adalah metode utama navigasi untuk sebagian besar pengguna Internet (Termasuk Saya). Hal ini berlaku untuk website jenis apapun. Entah website anda menyediakan konten, layanan, produk, informasi atau hanya tulisan “hello World” saja.*saya sarankan jangan dibuat online dulu kalau website anda masih berisi “hello world” atau masih “lorem ipsum dolor”*

Mesin pencari seperti Google dan kawan – kawanya begitu unik. Mereka akan selalu menyediakan traffic yang relevan terhadap website anda (tidak ngasal atau salah sasaran). Mesin pencari adalah jalan raya bebas hambatan yang bisa membuat hal itu terjadi. Jika website Anda tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari, atau konten Anda tidak dapat dimasukkan ke dalam database mereka, maka anda kehilangan kesempatan untuk menempatkan website anda di hasil pencarian miliaran penguna internet dunia. Karena itu, belajar SEO itu tidak rugi, apalagi jika ingin membuat website anda populer.

Mengapa Mesin Pencari Tidak Bisa Menemukan Website Saya Tanpa SEO?

Mesin pencari itu sebenarnya pintar, namun mereka masih membutuhkan bantuan. Mesin pencari besar seperti Google selalu berupaya untuk memperbaiki teknologi mereka untuk proses indexing, juga pembuatan katalog lebih mendalam guna memberikan hasil yang lebih baik kepada pengguna. Namun, ada batasan bagaimana mesin pencari dapat beroperasi. Sedangkan dengan SEO yang tepat dan bagus dapat mendatangkan ribuan pengunjung dari mesin pencari. Tapi ingat SEO yang salah juga dapat menyembunyikan atau bahkan mengubur situs Anda jauh di dalam hasil pencarian mesin pencari, di mana visibilitas pencarian adalah minimal, atau hampir nol dan tidak terlihat sama sekali.

Selain membuat konten yang tersedia di website anda untuk mesin pencari, SEO juga membantu meningkatkan peringkat(rangking website atau page rank) sehingga konten anda akan ditempatkan di tempat dimana pencari akan lebih mudah menemukannya (lebih dikenal dengan halaman satu, atau page one). Yah, sekarang ini dunia internet menjadi semakin kompetitif, dan website yang melakukan SEO dengan baiik akan memiliki keuntungan lebih besar.

Bisakah Saya Belajar SEO Sendiri?

Dunia SEO sebenarnya sangat kompleks, namun kebanyakan orang bisa dengan mudah belajar SEO, terutama untuk dapat memahami dasar-dasar SEO. Saya percaya, bahkan sejumlah kecil pengetahuan dapat membuat perbedaan besar. Di internet, sebagian besar, pengetahuan tentang SEO disediakan dengan grati, termasuk tulisan Panduan Belajar SEO Untuk Pemula! ini.

Semuanya tergantung pada komitmen waktu, kemauan untuk belajar, dan kompleksitas dari website anda. Pastinya disitu ada niat, pasti ada juga  jalan keluarnya. Yang jelas, tidak ada yang namanya belajar SEO instan! Ingat! Bahkan sesuatu yang simple sepert bikin mie instant saja harus nunggu 3 menit untuk matang, apalagi belajar SEO!?

Comments

comments