Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)

By | November 8, 2018

Hal Wajib Ketika Belajar SEO Adalah Mengenali Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)

Belajar SEO : Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) (sumber gambar : http://lapakfjbku.com//HLIC/cf2cfe73269eb80fe3298283898ea287.gif)

Ada pepatah mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang. Nah, dalam belajar SEO kenal dengan si mesin pencari atau yang juga dikenal dengan nama beken Search Engine adalah hal yang wajib! Jadi mari kita kenali cara kerja si mesin pencari ini, karena selama belajar SEO pasti tidak akan jauh – jauh dari ngubek – ngubek si mesin pencari seperti Google.

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) : Mengerti Tentang Crawling Dan Indexing Si Mesin Pencari

Pertama, bayangkan Internet adalah sebuah jaringan kereta api sebuah kota besar. Anggaplah seperti kota tokyo dengan sistem kereta api yang sangat mutakhirnya. Tentunya yang namanya kereta api selalu behenti di tiap stasiun bukan? Dan pastinya tiap stasiun tadi pasti unik, karena berbeda satu dengan yang lainnya. Stasiun disini bisa di anggap sebuah website dengan berbagai macam konten uniknya.

Sedangkan mesin pencari bisa dianalogikan sebagai sebuah kereta yang akan berhenti di tiap stasiun. Bedanya kereta akan diam ketika berhenti di stasiun, tetapi mesin pencari atau search engine akan melakukan crawling dan mengindex apa aja yang ada di stasiun tadi (bisa dianalogikan dengan meng-index tiap konten website dan kemudian membuat list di dalam databasenya). Cara kerja mesin pencari (Search Engine) untuk meng-index dan crawling tiap website akan berbeda, karena tiap mesin pencari mempunyai algoritma sendiri sendiri.

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) : Memahami Bahwa Struktur Link Website Berfungsi Untuk Mengikat Semua Halaman Bersama-sama

Link adalah suatu yang penting untuk memahami Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine). Melalui link yang mengikat semua halaman ini, robot otomatis mesin pencari yang disebut “crawler“, atau “spider” dapat mencapai miliaran dokumen yang saling berhubungan.

Setelah mesin pencari menemukan tiap halaman ini, mereka selanjutnya menyimpan potongan dari halaman itu (biasanya metadata), yang akan ditampilkan lagi kemudian ketika ada permintaan pencarian. Untuk dapat menyimpan miliaran halaman yang dapat diakses dalam sepersekian detik, mesin pencari seperti Google membangun banyak data center di seluruh dunia.

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) : Mesin Pencari Si Selalu Memberikan Jawaban!

Bagian penting lain yang harus diketahui dari Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) adalah, si mesin pencari ini akan selalu memberi jawaban dari pencarian kita. Atau bisa dikatakan Mesin pencari adalah mesin penjawab. Ketika seseorang mencari sesuatu secara online, Mesin pencari menjelajahi miliaran dokumen yang ada di database mereka, dan kemudian mereka melakukan dua hal.

Pertama, memberikan hasil yang relevan atau berguna sesuai query dan kata kunci pencari. Kedua, peringkat hasil pencarian sesuai manfaat yang dirasakan. Manfaat yang dimaksud ini adalah “relevansi” konten dengan kata kunci si pencari. Dan belajar SEO tentang Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) ini  diperlukan untuk memastikan konten kita berada di daftar pencarian si mesin pencari.

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) : Bagaimana Mesin Pencari Menentukan Sebuah Konten Itu Penting Dan Relevan

Sekarang ini, beberapa mesin pencari besar biasanya menganggap semakin populer website, maka konten, halaman, dokumen, atau informasi yang terkandung di dalamnya adalah penting. Anggapan ini telah terbukti cukup berhasil dalam prakteknya.

Popularitas dan relevansi tidak ditentukan secara manual. Tetapi mesin pencari melakukan “crawling” dengan hati – hati dane kemudian menggunakan perhitungan matematika dan algoritmanya sendiri untuk kemudian mengurutkanya berdasarkan nomor urut (page rank).

Review Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)
Berisi tentang artikel yang membahas Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine) seperti google, yahoo dan yang lainnya
Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)
Date Published: 03/08/2013
Review Artikel Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)
5 / 5 stars

Baca Juga Tulisan Menarik Lainnya :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *