Membuat SEO Friendly Blog : 3 Jenis Riset Keyword

By | August 9, 2019

Lapakfjbku.com – Hal yang paling mendasar dan paling penting dalam menentukan sukses tidaknya blog anda adalah riset keyword. Keyword yang anda gunakan haruslah keyword yang memiliki banyak pencari di google (paling tidak minimal 1000 pencarian/bulan).  Nah, sekarang waktunya menjelaskan 3 jenis riset keyword yang penting untuk membuat SEO friendly blog ini.

Sebelum baca ini, ada baiknya membaca tulisan sebelumnya : SEO Friendly Blog, Tentang Riset Keyword

Membuat SEO Friendly Blog : 3 Jenis Riset Keyword

Membuat SEO Friendly Blog : 3 Jenis Riset Keyword

1. Tentang Riset Keyword Sepanjang Masa

Oke kita langsung menuju pembahasan pertama tentang riset keyword sepanjang masa. Tool yang kita gunakan adalah Google Keyword Tool kepunyaan Google Adwords. Silahkan login ke akun adwords kalian, kalau misalkan belum punya silahkan daftar dulu, toh juga gratis. Kemudian masuk ke menu: Alat dan Analisis >> Alat Bantu Kata Kunci.

Misal saya ngambil kata kunci utama: Jantung.

Masukan kata “jantung” dikolom “kata atau frasa” 
Pilih “lokasi” “Bahasa” dan “perangkat”. Karena target kita adalah pasar lokal, maka untuk bahasa dan perangkat pilih saja Indonesia. Sedangkan perangkat pilih saja “desktop dan laptop”. 

Kemudian beralih ke menu2 disebelah kiri, pada pilihan “jenis pencocokan” silahkan dipilih “[persis]”. jangan memilih yang “melebar”, karena hasil pencariannya tidak menunjukkan jumlah yang sebenarnya.

Kemudian Klik “telusuri”

Setelah itu akan muncul daftar kata kunci yang berhubungan dengan kata jantung. 

Klik “ide kata kunci” untuk menampilkan kata kunci berdasarkan jumlah pencarian, bukan berdasarkan kategori.

kemudian klik “penelusuran bulanan lokal”  untuk mengurutkan jumlah pencari kata kunci tersebut dari yang paling tinggi menuju ke yang lebih rendah.
Jika sudah diurtkan berdasarkan jumlah pencarian lokal, sekarang waktunya memilih kata kunci yang hendak dipakai.

Pada contoh kata kunci jantung diatas, hasil pencarian terbanyak setelah kata kunci jantung adalah “penyakit jantung”. kata kunci seperti ini layak anda ambil karena jumlah pencarian lokalnya mencapai 8100 kali. Artinya jika anda menggarap kata kunci ini, kemudian blog anda bisa menempati posisi pertama hasil pencarian google, berarti paling tidak anda bisa mendapatkan pengunjung sekitar 60% x 8100 = 4860 pengunjung per bulan. Jika dihitung perhari anda bisa mendapatkan pengunjung sekitar 162 orang, itu hanya untuk satu kata kunci. 

Namun sebelum memutuskan kata kunci mana yang hendak ente ambil, silahkan masuk ke google.co.id, dan masukan kata kunci “penyakit jantung”. dan lihat jumlah saingan dari kata kunci tersebut. banyak master yang mengatakan bahwa salah satu cara mengukur tingkat kesulitan persaingan di halaman pertama adalah dengan cara melihat pagerank dari masing2 blog yang telah eksis di halaman pertama.

Apabila nilai pagerank blog peringkat 1 – 10 dijumlahkan dan lalu dibagi sepuluh, didapatlah pagerank rata2. Jka hasilnya kurang dari 2 berarti tingkat persaingannya mudah. jika lebih dari itu berarti lebih susah. Saya sendiri tidak terlalu menganut metode itu, kalo ane hanya melihat title, description dan permalink dari masing2 blog yang muncul di halaman pertama. Jika kebanyakan hasil pencarian yang masuk halaman pertama adalah “halaman dalam” dari blog (misal www .kesehatan.com/cara-mengobati-penyakit-jantung) maka halaman2 seperti ini bisa lebih mudah dikalahkan daripada “halaman index” misal: www .penyakitjantung.com

Jika anda hendak mengambil kata kunci tersebut menjadi nama domain anda, anda bisa mengambil kata kunci yang saingannya dibawah 10 juta, atau dibawah 5 juta jika anda masih pemula. Atau jika anda rasa saingan anda banyak “halaman dalam” seperti contoh diatas, anda ambil aja kata kunci tersebut walaupun saingannya lebih dari 10 juta. segera cek domain keyword tersebut, apakah masih tersedia atau tidak. Jika sainganya diatas 10 juta usahakan mengambil domain ekstensi .com, .net atau .org. Kalau ambil .info akan membutuhkan usaha lebih untuk bisa nangkring dihalaman pertama. 

Setelah keyword utamanya dijadikan nama domain, keyword2 lain hasil research di google adwords yang berada dibawah2 nya bisa anda gunakan sebagai keyword didalam postingan anda. jadi misalkan anda mengambil kata kunci utama “penyakit jantung”, jadikan keyword tersebut sebagai nama domain anda, misal: Penyakitjantung.com, Penyakitjantung.net atau Penyakitjantung.org (kebetulan domain pada contoh kali ini, domainnya udah diambil orang semua). kemudian keyword2 lainnya yang pencariannya lebih sedikit (gejala penyakit jantung, jantung koroner, penyakit jantung koroner, gagal jantung, kesehatan jantung dll) jadikan sebagai keyword didalam postingan. Satu postingan satu keyword.

2. Riset Keyword Musiman

Langkah riset keyword ini sama dengan langkah riset untuk keyword sepanjang masa. Namun ada langkah selanjutnya yang harus anda kerjakan. misalkan dari langkah pertama di atas anda memilih kata kunci “review samsung galaxy” silahkan anda menuju ke Google Insights, kemudian masukan kata kunci tersebut kedalam form yang di sediakan.

Silahkan lakukan pengaturan seperti pada gambar pertama. Grafik yang muncul seperti pada gambar menunjukan trend pencarian keyword tersebut (panah warna merah). Jika grafiknya semakin naik berarti trend pencariannya juga semakin banyak dan begitu juga sebaliknya.

Melalui langkah ini anda juga bisa mendapatkan tambahan keyword baru dari hasil pencarian Google Insights seperti yang terlihat pada gambar 2, pada bagian Top searches dan Rising searches. 

3. Riset Keyword untuk keyword Trends atau Berita

Riset keyword ini paling mudah di banding riset keyword sebelumnya. Jika anda mencari keyword news bahasa inggris anda tinggal menuju ke Google Trends Di sana sudah terpampang keyword yang sedang booming saat ini, tapi keyword tersebut untuk pasar US. Sedangkan untuk Indonesia belum di fasilitasi. Sebagai alternatifnya biasa saya menggunakan Yahoo News Indonesia Di sana terdapat keyword yang sedang populer pada hari itu yang bisa anda garap.

Sayangnya hasil keyword dari yahoo ini tidak seatraktif Google Trends yang menampilkan keyword terbaru tiap satu jam sekali. Namun hasil dari Yahoo News juga cukup akurat kok.  Untuk mendapatkan keyword yang lebih variatif anda bisa menggabungkan ketiga teknik diatas. Silahkan maksimalkan kreatifitas anda masing2.  Mungkin cukup segitu untuk penjelasan research keywordnya, semoga berguna :)

Comments

comments