7 Taman di Depok yang Nyaman, Cocok Buat Santai di Akhir Pekan

Beragam taman di Depok menjanjikan tempat berkumpul di akhir pekan yang bisa Anda pertimbangkan. Ya, Depok dikenal sebagai salah satu kota penyangga ibu kota negara yang menjadi favorit sebagai tempat tinggal.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari ibu kota membuat Depok juga tumbuh dan berkembang seiring waktu. Dan di antara yang paling menonjol adalah banyak bermunculan taman-taman kota di Depok yang memanjakan tidak hanya warganya, tapi juga bagi mereka yang memilih beranjangsana ke Depok.

Keasrian dan kesejukan taman di Depok sejauh ini bisa diandalkan sebagai pengobat rasa lelah akibat rutinitas. Sambil menikmati udara yang segar, Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di taman.

Mulai dari arena olahraga, tempat bermain anak, perpustakaan, kolam pemancingan, hingga jaringan wi-fi yang tersedia. Yuk, cek taman di Depok yang paling hits berikut ini!

1. Taman Alun-alun Kota Depok, Wajib “Ditengok”

Anak-anak hingga orang dewasa bermain di arena outdoor gym Alun-alun Depok.

Begitu dibuka secara resmi pada awal tahun 2020 lalu, Alun-alun Kota Depok langsung “ditengok” oleh masyarakat yang ingin sekadar refreshing di akhir pekan. Taman di Depok yang juga berfungsi sebagai landmark ini bagai magnet yang menarik perhatian warga Depok untuk menjajal berbagai fasilitas dan sarana yang tersedia di sini.

Menempati lahan seluas hampir 4 hektar, Alun-alun Kota Depok memiliki fasilitas yang tergolong lengkap dan unik. Pemerintah setempat mengklaim bahwa alun-alun ini merupakan ruang terbuka hijau terpadu yang dapat diakses oleh warga secara gratis.

Berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung antara lain greenhouse, lapangan futsal, lapangan basket, jalur sepeda BMX, outdoor gym, dan arena skateboard.

Selain itu, masih ada menara pandang, tempat parker sepeda, co-working space, bus shelter, jembatan utama, kolam retensi berikut dermaganya, taman lansia, tmaman anak-Anak, gedung pendopo, gallery, dinding mural, taman sculpture, serta amphitheater. Wah, lengkap banget!

Berbagai fasilitas yang ada sudah barang tentu sangat memanjakan, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Belum lagi para pegiat komunitas, ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas ataupun berlatih.

Pepohonan rindang yang memenuhi sebagian alun-alun menjadi filter agar udara tetap terasa segar dan sejuk. Jadi, untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman, taman di Depok ini tentu sangat cocok!

Alamat :

Jl. Boulevard Grand Depok City No.25, Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

2. Taman Bunga Wiladatika

Taman di Depok: Ajak Keluarga ke Taman Bunga Wiladatika

Desain bunga dan elemen lain yang menghadirkan kecantikan Taman Bunga Wiladatika.

BACA JUGA :  Main Ke Bandung? Kamu Bisa Mampir Ke Tempat Ini!

Taman di Depok yang satu ini rasanya wajib masuk list agenda liburan akhir pekan Anda bersama keluarga. Ya, Taman Bunga Wiladatika yang membentang seluas 15 hektar ini memiliki koleksi pepohonan tinggi yang cukup banyak sehingga menghadirkan hawa sejuk yang menentramkan.

Lapangan berumput yang terhampar berpadu dengan tata letak beragam jenis bunga yang cantik membuat pengunjung nyaman selama berada di sini. Beberapa fasilitas yang akan Anda temui di taman rekreasi yang mulai berdiri sejak 1980 ini, di antaranya adalah lapangan tenis, area outbound, area bermain anak, becak mini, serta kolam renang.

Air mancur di salah satu bagian taman yang beraksi sepanjang hari makin melengkapi keindahan Taman Bunga Wiladatika.

Untuk berlibur ke salah satu taman di Depok ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuk dan tiket wahana dijual secara terpisah sehingga tidak memberatkan pengunjung. Harga wahananya pun relatif terjangkau. Kolam renang misalnya, dengan harga tiket sebesar Rp25.000, kita bisa berenang atau bermain air sepuasnya.

Alamat :

Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Depok, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-16.00 WIB

Harga Tiket Masuk :

Rp10.000

3. Taman Godong Ijo Depok

Taman di Depok: Enjoy di Taman Godong Ijo

Hijau, sejuk, dan segar menyelemuti kawasan Taman Godongijo. Pantas dinobatkan sebagai Amazing Garden se-Asia Tenggara.

Pernah dengar nama Taman Rekreasi Godongijo? Salah satu taman di Depok ini memiliki rancangan konsep hutan kota. Berdiri sejak tahun 1998, Taman Godongijo yang secara harfiah diartikan sebagai taman daun (godong) berwarna hijau (ijo) menawarkan nuansa kesejukan yang akan membantu Anda meraih rasa tenang.

Di taman seluas 2,5 hektar ini, bermacam aktivitas bisa dilakoni bersama keluarga. Yang menjadi andalan di sini adalah wisata edukasi bagi anak-anak yang menyajikan pengalaman belajar melukis, belajar membatik, belajar kesenian tradisional, dan belajar memasak.

Sementara bagi orang dewasa bisa melakukan kegiatan memancing atau kongkow di kafe yang bahan-bahan baku kulinernya bersifat organik. Fasilitas lain yang akan Anda jumpai di sini adalah arena outbound, tempat bermain anak, mini zoo, serta gedung aula untuk keperluan acara resmi seperti resepsi pernikahan.

Berkat mengusung konsep hutan di tengah suasana perkotaan, taman di Depok yang satu ini pernah dinobatkan sebagai Amazing Garden se-Asia Tenggara, lho! Wah, penasaran nggak, sih?

Tenang saja, untuk masuk ke kawasan Godongijo tidak dipungut biaya, kok. Anda hanya mengeluarkan uang untuk mengikuti kelas edukasi, memancing, ataupun makan di kafe/restoran.

Alamat :

Jl. Cinangka Raya KM 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, kota Depok, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, Pukul 09.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Taman Lembah Mawar

Taman di Depok: Bikin Unggahan Viral di Taman Lembah Mawar

Anak-anak nampak sangat senang memanfaatkan arena bermain yang terdapat di Taman Lembah Mawar.

Taman Lembah Mawar menjadi alternatif favorit warga Depok untuk mengurai rasa penat akibat rutinitas harian. Pasalnya, banyak spot Instagramable yang ditawarkan salah satu taman di Depok ini.

BACA JUGA :  9 Mall di Solo Terbesar, Buat Wisata Belanja dan Kongkow Bareng Keluarga

Pada akhir pekan misalnya, pengunjung yang datang bisa membludak, mulai dari piknik, bermain di arena permainan anak, jogging, nge-gym, senam, hingga berswafoto. Saat tiba di lokasi, Anda akan menyaksikan pemandangan hijau dan suasana yang asri.

Setidaknya terdapat tiga spot foto menarik di sini, yakni mural bermotif naga, kura-kura, dan lukisan kupu-kupu. Jangan ragu untuk selfie atau berpose di area mural, lalu unggah ke media sosial. Boleh jadi, unggahan Anda akan viral!

Pepohonan dan berbagai macam tanaman di Taman Lembah Mawar memberikan suasana sejuk dan nyaman bagi warga yang bertandang. Sementara fasilitas yang disediakan oleh pengelola taman di Depok yang satu ini antara lain ayunan, jungkat-jungkit, alat gym, tempat parkir sepeda, tempat sampah, dan toilet.

Di tengah taman terdapat danau yang dimanfaatkan oleh warga setempat untuk memelihara beberapa jenis ikan air tawar. Keren juga, ya?

Alamat :

Jl. Mawar Raya, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, kota Depok, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

5. Tamah Mekar Sari Depok

Taman di Depok: Tamah Mekar Sari, Bikin Hati Berseri

Taman Mekarsari adalah salah satu taman di Depok yang memberikan fasilitas yang memadai bagi warga yang ingin piknik dengan cara murah tapi asyik.

Mendengar namanya, taman ini bukanlah Taman Buah Mekarsari yang ada di Cileungsi, Bogor, melainkan sebuah taman yang terletak di Kelurahan Mekarsari, Kota Depok. Boleh jadi taman di Depok ini masih cukup asing ditelinga kita karena memang relatif terbilang masih baru.

Pembangunannya sendiri baru selesai awal tahun 2018 lalu. Cukup wajar jika belum banyak yang ngeh dengan keberadaannya. Taman Mekarsari di Depok merupakan taman ramah anak yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum didalamnya.

Mulai sarana refleksi, lapangan badminton, area bermain anak, dan masih banyak lagi. Setiap sore, taman ini selalu ramai dengan anak-anak yang memanfaatkan alat-alat permainan, seperti perosotan dan ayunan.

Nuansa hijau begitu terasa di Taman Mekarsari berkat pepohonan yang ditanam di sekeliling taman. Di bagian lain, taman di Depok ini juga dilengkapi lapangan futsal sehingga kerap dijadikan ajang latihan warga setempat.

Beberapa spot foto menarik bisa menjadi latar bagi pengunjung yang ingin selfie. Nah, coba datang malam hari untuk melihat efek lampu yang menghiasi taman sehingga nampak lebih mempesona.

Alamat :

Jl. Bunga Raya No.22, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, Pukul 05.00-20.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

6. Taman Merdeka Depok

Taman di Depok : Bebas Bermain di Taman Merdeka

Mengajak anak ke Taman Merdeka di akhir pekan sebagai alternatif liburan.

Di antara sekian banyak fasilitas umum, taman kota sering kali menjadi pilihan mudah untuk rekreasi atau menghabiskan waktu pada hari libur. Begitu pun dengan Taman Merdeka. Taman di Depok ini biasa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, rekreasi akhir pekan, atau sekadar bersantai melepas diri dari kesibukan harian.

BACA JUGA :  Destinasi Wisata Ini Cocok Untuk Relaksasi!

Taman Merdeka memiliki beberapa sarana olahraga yang cukup memadai. Antara lain lapangan voli, basket, futsal, serta area outdoor gym. Tiap pagi dan sore, taman ini jadi tempat beraktivitas anggota komunitas street work out. Sementara di sudut lain taman juga sering dimanfaatkan sebagai tempat bermain skateboard oleh anak-anak muda.

Seperti layaknya taman kota lainnya, Taman Merdeka juga dilengkapi area bermain untuk anak-anak. Di sini tersedia arena bermain yang luas beserta aneka wahana yang menarik, seperti ayunan, jungkat-jungkit, atau seluncuran. Asyiknya lagi, taman di Depok yang satu ini tidak memberlakukan tarif tiket masuk.

Pengunjung bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun. Yang penting, tetap menjaga kebersihan dan kerapihan taman, ya…!

Alamat :

Jl. Merdeka No.1, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Taman Lembah Gurame

Taman di Depok: Taman Lembah Gurame

Fasilitas yang lengkap dan mengakomodasi hobi anak muda membuat Taman Lembah Gurame selalu ramai.

Taman Lembah Gurame merupakan ruang terbuka hijau yang ramai dengan kegiatan menarik di dalamnya. Membaca namanya, tentu Anda langsung paham bahwa taman ini memang dipenuhi ikan gurame. Ya, taman di Depok ini memiliki danau yang dijadikan media untuk memelihara ikan gurame.

Selain itu, beberapa fasilitas yang tersedia dan menjadi alasan anak-anak dan remaja berdatangan ke sini, antara lain wahana bermain anak, jogging track, dan lapangan futsal. Selain itu, masih ada lagi area fitness, gazebo, serta danau buatan.

Suasana yang ditawarkan Taman Gurame terasa sejuk dan menenangkan, efek dari pohon-pohon nan hijau yang beraneka ragam dan banyak jumlahnya. Selain itu, ada juga beberapa tanaman unik yang bisa menjadi ajang edukasi bagi anak-anak agar lebih dekat dengan alam.

Menempati lahan seluas 3 hektar, taman di Depok yang satu ini cukup sering digunakan sebagai sarana olahraga, kegaiatan sosial budaya, gathering komunitas. pentas seni, dan lain sebagainya.

Luar biasanya lagi, Taman Lembah Gurame kental dengan nuansa edukasi berkat fasilitas Kolecer, Kotak Literasi Cerdas. Perpustakaan jalanan yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini menyediakan ragam buku bacaan anak yang boleh dimanfaatkan selama berada di taman.

Alamat:

Jl. Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat

Buka:

Setiap hari, Pukul 06.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com