6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

By | June 26, 2019

Lapakfjbku.com – Beberapa Taman Nasional di Indonesia ternyata tak hanya dijadikan tempat konservasi flora, fauna saja. Tetapi beberapa tempat ada yang juga dijadikan sebagai tempat rekreasi. Hebatnya lagi, Enam taman nasional di Indonesia ini ternyata juga menjadi situs warisan dunia lho. Keren bukan? Nah! Ini dia 6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia!

1. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Alam Biosfer. Taman nasional ini berada di Aceh dan menjadi habitat banyak flora fauna endemik Sumatera. Salah satu fauna endemik yang paling terkenal adalah orangutan Sumatera atau Pongo abelii. Selain itu, turis juga bisa melihat badak Sumatera dan harimau Sumatera jika beruntung. Berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, traveler bisa masuk ke beberapa lokasi, seperti Gurah, Bohorok, Kluet dan Sekundur. Namun jika memang pecinta alam sejati, jangan lewatkan mendaki Gunung Leuser dengan ketinggian 3.404 mdpl.

2. Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi

6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Kerinci Seblat yang berada di 4 provinsi, Sumbar, Jambi, Bengkulu dan Sumsel ini jadi tempat terbaik untuk traveler yang ingin mengamati suara burung rangkong. Bukan cuma itu, traveler yang ke sini juga bisa mendengar suara tawa histeris dan misterius khas burung gading. Saat ini, ada beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi traveler, seperti Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Goa Napal Licin dan Kasah, Grao Solar dan Rawa Ladeh Panjang. Jika ingin melihat bunga raflesia dan bunga bangkai, traveler bisa berkunjung ke Letter W.

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung

6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan perwakilan dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan yang terdiri dari tipe vegetasi hutan mangrove, hutan pantai sampai pegunungan di Sumatera. Inilah salah satu taman nasional yang menjadi habitat beruang madu. Biasanya, traveler yang datang senang untuk bermain di Danau Menjukut. Bentuknya mirip seperti kolam renang dan berada tak jauh dari garis pantai. Inilah danau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kalau yang senang menjelajah hutan, bisa masuk ke kawasan Kubu Perahu. Ada air terjun yang siap menyegarkan liburan traveler.

4. Taman Nasional Ujung Kulon

6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

Berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di Banten, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) terkenal sebagai habitat badak Jawa yang sudah langka. Pada tahun 1991, TNUK ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO. Datang ke Taman Nasional Ujung Kulon, wisatawan tak hanya bisa trekking membelah hutan mangrove, tapi juga berkunjung ke deretan pantai bersihnya. Selain itu, TNUK juga memiliki pulau dengan keindahan alam yang masih terjaga, Pulau Peucang namanya. Puas bermain dari TNUK, jangan biarkan pulang tanpa membawa buah tangan. Taman nasional ini memiliki oleh-oleh khas yakni pahatan badak batik.

5. Taman Nasional Komodo

6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Komodo terbagi atas tiga buah pulau besar dan 26 pulau kecil lainnya, seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Kondisi alam yang kering dengan savana luas menjadi keindahan tersendiri. Yang paling membedakan Taman Nasional Komodo dengan yang lain adalah keberadaan reptil purba, Komodo. Keberadaannya bisa banyak traveler temukan di Pulau Rinca. Taman Nasional Komodo pun telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia dan Cagar Biosfer oleh UNESCO. Selain itu, Taman Nasional Komodo juga memiliki alam bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang dan ikan aneka warna siap memuaskan mata traveler.

6. Taman Nasional Lorentz, Papua

6 Taman Nasional Indonesia Yang Juga Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Melihat keindahan alam tersebut, Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO dan Warisan Alam ASEAN oleh negara-negara ASEAN. Datang ke sana, pelancong bisa menemukan berbagai keanekaragaman hayati lengkap dengan keanekaragaman budaya. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman suku Nduga, Dani Barat, Amungme, Sempan dan Asmat.

Comments

comments