9 Tempat Piknik di Bandung yang Pas buat Healing di 2024

​Sebagai daerah yang terletak di dataran tinggi, Bandung memiliki banyak tempat piknik yang eksotik dan menjanjikan suasana liburan yang berkesan. Seperti kita ketahui, rutinitas sehari-hari acap kali membuat kita jenuh, lelah, dan stress. Nah, tempat piknik di Bandung mungkin bisa menjadi “obat” yang cocok untuk mengusir kepenatan Anda.

Aktivitas berlibur tentu menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan ketika memasuki bulan-bulan tertentu, seperti libur hari raya dan sekolah. Atau bisa juga mengambil cuti kerja beberapa hari untuk me-recharge kondisi tubuh. Yang pasti, ada keseruan tersendiri tatkala bersama keluarga atau teman-teman pergi berlibur.

Karena banyak sekali tempat piknik di Bandung yang membuat kita bingung untuk memilihnya, inilah 9 rekomendasi tempat piknik di Bandung yang bisa Anda coba untuk healing:

1. Pagerwangi Dome

1. Tempat Piknik di Bandung: Pagerwangi Dome

Pagerwangi Dome, tempat piknik di Bandung yang tersembunyi namun pas buat buat acara liburan keluarga.

Pagerwangi Dome kini menjadi salah satu tempat piknik di Bandung yang tengah hits. Dibanding destinasi wisata sejenis, tempat rekreasi ini tergolong masih banyak yang belum mengetahui. Di perjalanan menuju ke sini pun minim petunjuk. Ternyata hal itu menjadi strategi dari pengelola.

Jika ingin mengunjungi tempat piknik di Bandung yang satu ini, Anda disarankan untuk booking lebih dulu. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa dibatasi sehingga kenyamanan selama piknik tetap terjaga.

Pagerwangi Dome terbilang cukup luas sehingga banyak spot yang bisa digunakan untuk menggelar tikar ataupun tenda untuk camping. Anda dan keluarga bebas menghabiskan waktu seharian atau beberapa malam guna melepas stres. Oh iya, di sini juga terdapat perpustakaan dan festival kebudayaan yang digelar oleh komunitas setempat. Seru, deh!

Alamat :

Jl. Sukanagara, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka:

Setiap hari, Pukul 07.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

2. Forest Walk Babakan Siliwangi

2. Tempat Piknik di Bandung: Forest Walk Babakan Siliwangi

Kawasan yang luas dan dipenuhi pepohonan yang rimbun, Babakan Siliwangi memberikan kesegaran di tengah hiruk pikuk Kota Bandung.

Sebagai hutan kota, tempat piknik di Bandung ini rasanya cocok dijadikan “pelarian” untuk mencari ketenangan. Di tengah hiruk pikuk Kota Bandung yang semakin ramai, Forest Walk Babakan Siliwangi atau biasa disebut Baksil ibarat oase yang memberikan kesejukan.

Forest Walk Babakan Siliwangi merupakan hutan kota yang menyuguhkan panorama dan suasana alam yang hijau nan asri. Baksil pun menjadi salah satu tempat piknik di Bandung yang jarang sepi pengunjung.

Dengan luas 3,8 hektar, hutan kota ini dilengkapi jembatan kayu yang saling tersambung satu sama lain sebagai pijakan untuk menyusuri tiap sudutnya. Selain area yang luas, Baksil juga memiliki fasilitas lengkap yang akan membuat Anda betah berlama-lama.

Mulai dari tempat duduk yang nyaman, danau kecil, pohon rindang, aneka bunga cantik, hingga tangga bertingkat untuk melihat kejauhan. Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sini, antara lain jalan santai, jogging, berfoto, atau sekadar ngobrol santai melepas kepenatan.

BACA JUGA :  10 Mall Di Malang Dari Terbesar Ke Yang Terlengkap

Alamat :

Jl. Tamansari No.90, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

3. Trans Studio Bandung

3. Tempat Piknik di Bandung: Trans Studio Bandung

Trans Studio menawarkan wahana permainan yang seru, mulai dari ramah anak hingga yang memacu adrenalin.

Trans Studio Bandung disebut-sebut sebagai tempat piknik di Bandung yang menyajikan taman bermain dalam ruangan terbesar di Indonesia. Buat Anda yang berencana menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi Kota Bandung, tak ada salahnya memasukkan Trans Studio sebagai destinasi wisata yang patut disambangi.

Tidak kurang dari 20 wahana permainan yang seru tersedia di Trans Studio Bandung. Tempat piknik di Bandung ini memiliki tiga kawasan permainan yang berbeda yakni Studio Central, The Lost City dan Magic Corner.

Ketiganya memiliki bermacam wahana permainan yang menarik, unik, lagi memacu adrenalin. Masing-masing kawasan wahana memiliki zona permainan yang berbeda-beda.

Di Magic Corner misalnya, ada wahana Dunia Lain, Negeri Raksasa, Dragon Riders, atau Black Heart’s Pirate Ship. Sementara itu, di Studio Central tersedia Giant Swing, Science Center, Yamaha Racing Center dan Vertigo. Di The Lost City, Anda bisa mencoba Sky Pirates, Jelajah, Amphitheater dan Kong Climb. Semuanya seru, lho!

Alamat :

Jl. Gatot Subroto No.289A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Harga tiket masuk Trans Studio Bandung pada weekday (senin-jumat) adalah Rp 200.000 per orang. Sedangkan, harga tiket Trans Studio Bandung pada weekend dan liburan adalah Rp 300.000 per orang.

4. Glamping Lakeside Rancabali

4. Tempat Piknik di Bandung: Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali, tempat piknik di Bandung yang menghadirkan sensasi panorama alam yang indah dan bersantap kuliner yang seru.

Ingin menikmati tempat piknik di Bandung yang menyajikan kapal Pinisi berlayar wilayah pegunungan? Ya, replika kapal Pinisi yang merupakan sebuah restoran hanyalah satu destinasi wisata yang bisa dinikmati di Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey, Bandung.

Glamping Lakeside Rancabali adalah kawasan wisata penginapan berkonsep glamourous camping yang menyajikan kemegahan suasana alam, pemandangan Situ Patenggang yang indah, serta hamparan kebun teh yang tidak berujung.

Menginap di Glamping Lakeside Rancabali memungkinkan Anda lebih puas memanjakan diri dalam nuansa keindahan dan ketenangan alam. Selain menikmati keindahan danau dan kebun teh, tempat piknik di Bandung yang satu ini menyediakan aktivitas lain, seperti offroadpaintball, hingga wisata petik stroberi.

Alamat :

Jl. Raya Ciwidey Situ Patenggang Km. 39, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 09.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp15.000-Rp100.000

5. Ranca Upas

5. Tempat Piknik di Bandung: Ranca Upas

Destinasi wisata alam di Ranca Upas yang begitu mempesona dan menangkan.

Tempat piknik di Bandung yang menyajikan pesona alam memang tiada habisnya untuk dieksplorasi. Kali ini, arahkan tujuan wisata Anda ke Kampung Cai, Ranca Upas, di wilayah Bandung Selatan. Bandung Selatan memang dikenal sebagai wilayah pegunungan yang sejuk dan memiliki pemandangan yang keren.

BACA JUGA :  Cerita Pengalaman Bulan Madu Di Bali

Berjarak sekitar 2 jam dari Kota Bandung, Ranca Upas menawarkan pengalaman berwisata yang menyenangkan menjadi aktivitas healing yang pas. Di kawasan seluas sekitar 200 hektar, Anda leluasa menggelar tikar atau tenda sambil menikmati keindahan alam bersama keluarga maupun teman-teman.

Selain kawasan kemah favorit di Bandung,  Ranca Upas juga menjadi area penangkaran hewan rusa. Di sini, Anda bisa bercanda dengan ratusan rusa yang dilepas secara liar. Tak hanya itu, tempat piknik di Bandung yang satu ini menawarkan aktivitas berendam di air panas, outbond, bermain di waterboom, dan banyak lagi. Benar-benar tempat healing yang pas!

Alamat :

Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Rp25.000

6. Nara Park Bandung

6. Tempat Piknik di Bandung: Nara Park

Tempatnya luas dan Instagramable, Nara Park sangat pas buat acara piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Satu lagi tempat piknik di Bandung yang berkonsep one stop leisure, yakni Nara Park. Tempat ini terdiri dari restoran, lounge, kedai kopi, dan taman untuk duduk santai juga tempat bermain anak.

Di samping wisata kuliner, di Nara Park Anda bisa mengikut berbagai kegiatan, seperti melukis wajah, yoga, dan wushu. Untuk anak-anak, tersedia area Peek A Boo sebagai taman bermain yang cukup luas untuk berlari-lari dan lain sebagainya.

Tempat piknik di Bandung yang satu ini memang menawarkan destinasi kuliner kekinian. Namun begitu, Anda pun bisa melakukan aktivitas, seperti berinteraksi dengan hewan-hewan lucu yang ada di Nara Park, seperti rusa, kuda poni, kura-kura, landak, dan kelinci, hingga berpose di sudut-sudut yang Instagramable.

Alamat :

Jl. Rancabentang No.28, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 07.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Tidak dikenakan biaya tiket masuk, namun parkir mobil dikenakan tariff Rp10.000. Harga makanan dan minuman di Nara Park Bandung berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 150.000 per porsi. Beberapa menu yang populer diantaranya adalah Sop Buntut (Rp 145.000), Gurame Sauce Padang (Rp 135.000), Gurame Kremes (Rp 135.000), Iga Bakar Kuah Soto (Rp 125.000), dan Tumis (harga tidak tersedia). Untuk minuman, harga mulai dari Rp 25.000.

7. Orchid Forest Cikole

7. Tempat Piknik di Bandung: Orchid Forest Cikole

Tempat piknik di Bandung yang kekinian, Orchid Forest Cikole menawarkan spot-spot keren yang Instagrambale.

Kalau ada tempat piknik di Bandung yang didaulat sebagai destinasi wisata paling Instagramable, maka jawabnya adalah Orchid Forest Cikole. Tak heran bila kawasan wisata alam yang terletak di Lembang ini kerap menjadi buruan banyak wisatawan.

Orchid Forest Cikole merupakan perpaduan Taman Konservasi Anggrek terbesar di Indonesia dengan hutan pinus seluas 12 hektar. Selain dapat menikmati keindahan beragam bunga anggrek, Anda dapat menyaksikan gagahnya pohon pinus yang berjejer dengan hawa sejuk yang menyapa ramah.

Daya tarik Orchid Forest Cikole lain, di antaranya Woodbridge (jembatan kayu) yang membentang di kawasan ini. Pada sore hari, suasana tambah romantis dengan lampu-lampu yang menyala di sepanjang jembatan.

BACA JUGA :  10 Mall di Tangerang Terbesar, Terlengkap, dan Pas Buat Kulineran

Ada pula Orchid Castle, kastil mini dengan beragam permainan untuk anak-anak. Tentu masih banyak lagi wahana lain yang bisa dinikmati di salah tempat piknik di Bandung yang keren ini. Ayo, kunjungi!

Alamat :

Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 09.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp40.000

8. Upside Down World

8. Tempat Piknik di Bandung: Upside Down World

Upside Down World, tempat piknik di Bandung yang kekinian, cocok buat melepas stres.

Tempat piknik di Bandung ini tergolong yang cukup unik dan kekinian banget. Beroperasi sejak 2016, Upside Down World berhasil menarik tidak hanya masyarakat Bandung tapi juga dari daerah lain, terutama Jakarta. Hadir dengan konsep rumah terbalik, Upside Down World memberikan sensasi pengalaman berlibur yang berbeda dari biasanya.

Di tempat ini, Anda akan mendapati ruangan-ruangan seperti di rumah dengan semua furnitur yang diletakkan secara terbalik. Anda akan merasa seolah-olah tengah berpijak di langit-langit sebuah ruangan. Seluruh ruangan yang terdapat di Upside Down World tertata rapi dan bagus meski dalam kondisi terbalik.

Ada ruang tamu, kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang santai, dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya. Anda boleh mengambil gambar di setiap ruangan dan mencetak hasilnya di layanan cetak foto. Nampak seru melihat diri kita berpose dengan posisi kepala di bawah kaki di atas. Cobain, deh!

Alamat :

Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-20.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp. 80.000 (weekday) Rp. 100.000 (Weekend)

9. Kebun Bunga Begonia

9. Tempat Piknik di Bandung: Kebun Bunga Begonia

Taman Begonia, tempat piknik di Bandung yang menjadi surga bagi para pencinta selfie.

Kebun Begonia yang berada di kawasan Lembang merupakan salah satu tempat piknik di Bandung yang tengah hits. Anda akan menyaksikan keanekaragaman tanaman hias di kebun wisata ini. Sejauh mata memandang, Anda dimanjakan oleh keindahan bunga-bunga yang penuh warna.

Kebun Begonia mempunyai banyak area berfoto yang keren dan instagenic. Suasananya, sangat cocok dikunjungi bersama orang-orang terkasih. Ketika memasuki kebun, Anda disambut dengan deretan bunga yang disusun sebagai pintu gerbang. Dari sini, Anda sudah bisa berfoto-foto cantik!

Melalui jalan setapak, Anda akan menyusuri hamparan bunga yang membentang luas. Tak ingin jalan kaki, Anda bisa menunggang kuda yang disewakan di Kebun Begonia. Wah, pasti seru berkuda dengan latar belakang padang bunga!

Tentu bukan cuma memandangi bunga saja, tempat piknik di Bandung yang satu ini juga menyajikan berbagai wahana lain yang pas buat healing. Penasaran kan?

Alamat :

Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp25.000

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com